MOVE ON. 2 Kata. 6 Huruf. Mudah diucapkan. Sulit diterapkan.

Mungkin kalimat di atas udah gak asing lagi yah? 6 huruf yang gampang diucapin ke orang lain, gampang disaranin ke orang lain namun sulit untuk dipraktekkan dalam kehidupan.

Disini aku bakal bagiin ke kalian gimana sih caranya untuk move on dari broken heart?

Aku yakin pasti kalian sudah pernah merasakan apa yang namanya jatuh cinta. Sebenarnya jatuh cinta itu bisa membuat seseorang menjadi sangaatt bahagia. Kayak ada butterflies in your belly gitu deh.

Tapi tak jarang juga kebahagiaan itu tidak bertahan lama. Tak sedikit pasangan yang harus berpisah ditengah jalan. Hal itulah yang menimbulkan rasa sakit hati pada orang yang pernah merasakan jatuh cinta. Entah itu karena ditinggalkan, diputusin, diselingkuhin, dan semacamnya. Nah, kalian yang sedang membaca postingan aku ini mungkin merupakan salah satu dari mereka.

Sekarang aku tanya ke kalian, Apa kalian mau hidup kalian terus - terusan galau memikirkan kejadian yang menyakitkan itu?Β Atau kalian ingin belajar untuk move on dan bangkit untuk melanjutkan hidup yang baru? Coba pikirkan dan renungkan 2 pertanyaan itu..

Jika sudah kalian pikirkan, ini beberapa tips yang bisa aku kasi untuk membantu kalian move on dari broken heart.

1. Let your heart feels the pain

Rasakan kesedihan itu mengalir dalam diri kalian via https://www.google.co.id

It hurts to let go. But sometimes it hurts more to hold on.

Biarkanlah hati kalian merasakan sakit yang sedang kalian rasakan, Terimalah rasa sakit itu. Jangan dilawan. Biarkan rasa sakit itu mengalir dalam pikiran dan diri kalian. Jika kalian ingin menangis, menangis lah sampai kalian merasa kalian tak bisa menangis lagi. Keluarkan semua yang kalian rasakan. Itu akan membuat kalian merasa lebih baik.

2. Share it with your besties

Sahabat adalah yang selalu ada saat suka maupun duka via https://www.google.co.id

Advertisement

Bestfriends are the one who will always there for you. No matter what

Sahabat adalah orang yang akan selalu ada disaat kalian sedang suka maupun berduka. Disaat kalian sedang bersedih dengan broken heart, ceritakanlah pada sahabat kalian. Mereka pasti mempunyai cara untuk menghibur dan menenangkan kalian. Ingat, hidup kita tidak harus selalu tentang pacar kok. Terkadang melewati waktu dengan sahabat bahkan bisa lebih menyenangkan. Pacar itu, ada kata putus trus jadi mantan. Sedangkan sahabat? gak ada kata putus dan jadi mantan sahabat kan?

Percayalah, Kalian bakal merasa lebih baik daripada kalian terus bersedih dirumah dan memendam sendiri rasa sedih kalian tanpa menceritakannya ke siapapun.

3. Take your β€œme” time

Kembali melakukan hobi via https://www.google.co.id

Sometimes you need to step outside, get some air, and remind yourself of who you are and who you want to be

Setelah kalian merasa lebih baik, ambillan waktu untuk kalian sendiri. Bisa diisi dengan melakukan hal yang membuat kalian senang, misalnya hobi. Sadar atau tidak sepertinya saat kalian pacaran, waktu untuk melakukan hobi kalian mulai tersita kan? Sekaranglah waktunya untuk kembali melakukan hobi kalian. Percaya atau tidak 'me' time dapat membuat kalian lebih mengenal siapa diri kalian, dan kalian sendiri akan bisa lebih mengerti diri kalian sendiri, 'Me' time could make you love yourself even more πŸ™‚

4. Music Heals. Time Heals.

Musik membantu menyembuhkan luka batin via https://www.google.co.id

Time heals almost everything. Give time, time.

Words Hurt. Music Heals.

Percayalah kawan. Mendengarkan musik juga merupakan salah satu cara untuk mengobati luka yang ada dihati. Putarlah lagu – lagu yang membuat kalian menjadi lebih semangat lagi untuk menjalani hidup. Jika kalian pernah mendengar orang lain mengatakan kalau semua hal itu akan indah pada waktunya, maka kalian boleh meyakini bahwa kalimat tersebut benar. Luka yang ada di hati kalian perlahan akan tertutup. Suatu hari nanti kalian pasti akan siap untuk mencintai lagi.

5. Forgive but not foget

Memaafkan namun tidak melupakan via https://www.google.co.id

Maksudnya disini adalah, maafkanlah orang yang telah melukai hati kalian. Entah sekejam apapun hal yang pernah mereka lakukan ke kalian, maafkanlah. Ingat. Memaafkan itu bukan kita lakukan untuk mereka tapi untuk diri kalian sendiri. Memaafkan itu tidak rugi kok. Bisa dipastikan hidup kalian akan lebih tenang setelah kalian memaafkan orang – orang yang pernah menyakiti kalian πŸ™‚ memaafkan juga memberi suatu kedamaian yang luar biasa dalam hati kalian. Tapi inget. Jangan lupakan apa yang pengalaman itu ajarkan ke kalian. Jangan ulangi kesalahan yang sama. Jangan menjatuhkan diri ke lubang yang sama. Cause if you re-read the books, it will give you the same ending right?

Be a good enough person to forgive. But not stupid enough to forget.

Percayalah , Tuhan sudah merencanakan hal yang lebih baik kedepannya. Ada quotes bilang "Storms wont last forever". Seperti halnya badai kehidupan yang pasti akan berlalu. Terkadang Tuhan mematahkan hati kita, karena menyelamatkan kita dari orang yang salah dan ingin memberitahu kita kalau yang lebih baik sudah menanti πŸ™‚

Move on memang terasa sulit dilangkah pertama, tapi 1 kali kalian memutuskan untuk melakukannya, itu akan menjadi salah satu keputusan terbaik yang pernah kalian buat dalam hidup kalian.

Gimana ? Sudah siap menyambut hidup yang lebih baik ? πŸ™‚