Walau Bosan di Rumah Aja, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Demi Masa Depan yang Lebih Baik

demi masa depan yang lebih baik

Karantina diri yang sudah lebih satu bulan ini membuat banyak orang semakin perlu menjaga kewarasan mentalnya. Tentu bukan perkara mudah untuk menyesuaikan diri. Dari yang berkegiatan di rumah lalu berubah menjadi mengurung diri di rumah saja.

Tidak ada seorang pun yang ingin pandemi ini terjadi. Dan semua orang ingin agar wabah ini cepat berakhir. Kamu juga pasti mengharap hal yang sama kan? Jenuh dirumah saja, merasa tidak produktif dan bosan silih datang berganti. Kondisi ini membuatmu harus melakukan beberapa penyesuaian dalam berkegiatan harian.

Daripada meratapi dan bosan dengan suasana saat ini, ada baiknya kamu melihat hal ini sebagai sebuah kesempatan. Waktu yang ada digunakan untuk melakukan hal baru agar masa depanmu bisa lebih baik lagi setelah ini. Jadi, ketika pandemi ini berakhir kamu akan memiliki beberapa hal baru dalam hidup. Kebiasaan baru, cara bekerja yang baru, skill baru dan beberapa hal lainnya yang akan dijelaskan di bawah ini.

Selamat menyimak, jangan lupa ambil kertas untuk dicatat ya 🙂

Advertisement

1. Mempelajari keterampilan baru. Bidang teknologi dan kreatif jadi favorit nih!

Photo by Bruce Mars

Photo by Bruce Mars via https://unsplash.com

Bosan dengan kondisi sekarang dan ingin memulai petualangan baru? Kamu bisa coba melatih dirimu dengan keterampilan baru. Banyak sekali keterampilan baru yang bisa dipelajari bahkan dijadikan titik belok untuk meraih masa depan yang lebih baik lagi.

Teknologi dan bidang kreatif saat ini punya tren industri yang bagus. Siapa sih saat ini yang tidak mengkonsumsi konten baik itu konten sosial media, tulisan seperti di Hipwee ini ataupun berbagai K-Drama yang saat ini lagi bagus-bagusnya? Siapa sih yang saat ini tidak punya aplikasi instalan di HPnya? Hampir tidak ada.  

Di level yang cukup, skill di bidang teknologi ataupun kreatif sangat bisa memberikan jalur karir yang cemerlang. Kamu bisa memilih bidang yang kamu sukai untuk ditekuni. Karena banyak sekali bidangnya, pilih yang paling sesuai dengan dirimu lalu mulai lah berlatih.

Ada programming, UI/UX desain, digital marketing, content creation dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa mulai menuliskan artikelmu sendiri di Hipwee. Ini peluang lho.

Tinggal buka internet kamu lalu cari sumber informasi seputar dimana kamu bisa belajar skill baru tersebut. Daripada dirumah bengong saja, ada baiknya kamu menghabiskan minimal 2-3 jam sehari untuk mempelajari hal baru ini. Kalau kamu konsisten beberapa bulan ke depan kamu akan memiliki satu skill baru yang oke. Dan tentunya, bisa jadi peluang untuk memulai karir yang baru.

Advertisement

2. Olahraga rutin minimal 15 – 20 menit agar badanmu tetap fit

Photo by Jonathan Borba

Photo by Jonathan Borba via https://unsplash.com

Olahraga seringkali disepelekan karena merasa belum benar-benar butuh. Badan yang terasa fit, aktivitas lancar dan tidak terhambat kadang membuat orang malas berolahraga. 

Padahal akan ada masa untukmu bekerja keras dan butuh tubuh yang paling fit. Apalagi kalau kamu ingin memulai mempelajari keterampilan baru seperti di poin 1 maka wajib buatmu untuk olahraga rutin.

Jangan sampai ketika kamu sedang onfire dan produktif-produktifnya, tubuhmu kelelahan untuk menyeimbangi aktifitasmu yang padat. Alhasil, jam produktifmu berkurang karena terhalang oleh tubuh yang sudah lelah.

Jadi, penting sekali untuk meningkatkan stamina dan menjaga agar badan tetap fit, apalagi disituasi pandemi seperti ini.

3. Jarang berhubungan sama orang tua? Manfaatkan momentum ini

Photo by Kelli McClintock

Photo by Kelli McClintock via https://unsplash.com

Dulu ketika masih kecil, kita sering menjadi kebanggan bapak ibu. Tapi saat mulai dewasa, kita jarang bangga terhadap mereka. Mungkin karena dunia kita dengan mereka berbeda. Kita lahir dengan pola komunikasi, pola bekerja bahkan pola pikir yang berbeda. Dan bisa jadi ini yang membuat kita sulit nyambung dengan kedua orang tua.

Tapi ingat jangan tunggu jarak itu makin melebar. Jangan tunggu waktu lagi. Ini momen yang tepat untuk perbaiki hubunganmu dengan mereka. Jangan sampai menunda dan akhirnya terlambat. Kamu bisa rutin menghubungi mereka dua hari sekali, ataupun tiap pagi hari.

Bagi kamu yang saat ini dir umah bersama orangtua karena masa karantina, tentu punya banyak waktu dengan mereka. Gunakan momen ini sebaik-baiknya ya.  Ingat, sukses banyak dimensinya dan bukan semata-mata karena kerja kerasmu. Bisa jadi kemudahan hidup datang karena doa ibu bapakmu.

4. Tetap jalin komunikasi dengan teman

Photo by Duy Pham

Photo by Duy Pham via https://unsplash.com

Masa depan yang baik tidak cukup dibangun seorang diri. Kamu butuh oranglain untuk mencapai mimpimu. Setidaknya untuk saling memberi semangat.  Dan mereka itu tentunya adalah teman-temanmu sendiri. Jangan sampai masa karantina ini membuatmu jadi putus hubungan dengan teman-temanmu.

Kamu bisa sekedar chatting, zoom bareng atau bermain game online bersama. Buat menarik dan menyenangkan aja. Dan ingat berteman dengan tulus akan mendatangkan orang-orang yang tulus juga kepadamu.

5. Stay authentic dan konsisten take action

Photo by Randy Fath

Photo by Randy Fath via https://unsplash.com

Yang terakhir adalah menjadi diri sendiri dan mulai mengambil langkah aksi nyata. Jangan sampai setelah membaca artikel ini kamu tidak melakukan langkah aksi yang nyata.

Butuh usaha nyata untuk mengubah masa depanmu agar menjadi lebih baik lagi. Jangan terlalu banyak berharap kejadian ajaib akan terjadi kalau kamu saja tidak melakukan upaya terbaik dalam membuat masa depanmu yang lebih baik lagi. Dan, tetap jadi diri sendiri. Ukur diri. Rasakan mana hal yang bisa kamu lakukan dengan optimal mana hal yang kamu tidak benar-benar sukai.

Di era sosial media saat ini sangat mudah sekali menemukan orang-orang hebat dengan kesuksesannya masing-masing. Kamu bisa menjadikan mereka inspirasi namu jangan sampai ikut persis apa yang mereka lakukan. Ingat kamu punya jalanmu sendiri loh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE