#WisataFilipina-10 Keunikan yang Hanya Kamu Temukan di Filipina

Yuk mengenal Keunikan Negeri Filipina biar lebih akrab lagi nih!

Kebudayaan Filipina merupakan perpaduan antara tradisi asli penduduk setempat dengan tradisi yang diperkenalkan pada zaman kolonial. Namun baikyang asli keturunan Filipina atau yang dipengaruhi oleh asing, beberapa kebudayaan telah dianggap sebagai kebudayaan khas Filipina. Berikut kami sajikan kebudayaan-kebudayaan yang “sangat” Filipina.

Kebudayaan Filipina merupakan perpaduan antara tradisi asli penduduk setempat dengan tradisi yang diperkenalkan pada zaman kolonial. Namun baikyang asli keturunan Filipina atau yang dipengaruhi oleh asing, beberapa kebudayaan telah dianggap sebagai kebudayaan khas Filipina. Berikut kami sajikan kebudayaan-kebudayaan yang “sangat” Filipina.

Advertisement

1. Jeepney

photo by pinterest

photo by pinterest via http://pinterest.com

Kendaraan yang disebut “Raja Jalanan” ini adalah ikon populer pariwisata Filipina karena Jeepney hanya ada di Filipina! Dianggap sebagai kendaraan umum yang paling banyak dipakai di negara tersebut

Jeepney pada asalnya dibuat dari jip tentera AS yang tertinggal dari Perang Dunia II.Perkataan jeepney mungkin perkataan portmanteau – kombinasi “jip” dan “jitney”, kedua-dua perkataan slanga lazim dalam vernakular era yang popular: “jitney” menjadi istilah popular untuk kenderaan teksi Amerika, dan “jip” istilah yang baru diwujudkan untuk menggambarkan jenis kenderaan tentera (asal dari Tujuan Umum, atau GP, maka Jeep).

Advertisement

Sumber-sumber lain memihak kepada penjelasan yang jauh kurang mungkin bahawa ia merupakan portmanteau “jeep” dan “lutut”, kerana penumpang duduk sangat dekat dengan satu sama lain.Kebanyakan jeepney digunakan sebagai kenderaan utiliti awam. Ada yang digunakan sebagai kenderaan peribadi. Jeepney sering digunakan untuk penggunaan komersial atau institusi.

2. Tamaraw

Photo by pinterest

Photo by pinterest via http://pinterest.com

Tamaraw adalah kerbau kerdil Mindoro yang merupakan satu-satunya sapi endemic di Filipina. Pemerintah di sana mengatakan ada kurang lebih 10 ekor tamaraw yang hidup di Mindoro di awal tahun 1.900an.

Sayangnya, karena beberapa hal, spesies tersebut telah dinyatakan hampir punah sejak tahun 2000.

Advertisement

3. Ikan Sinarapan

photo by pinterest

photo by pinterest via http://printerest.com

Sinarapan, yang secara ilmiah disebut Mistichthys luzonensis, merupakan spesies ikan terkecil yang diperdagangkan di dunia. Spesies ini hanya ditemukan di wilayah Bicol, perairan Camarines Sur, termasuk Danau Buhi dan Bato. Usaha konservasi telah dilakukan, setelah ikan tersebut terancam punah karena terlalu banyak ditangkap.

4. Balut, Makanan Khas Filipina

photo by pixabay

photo by pixabay via http://pixabay.com

Jadi, balut adalah telur yang berisi embrio bebek/ayam berumur sekitar 18-21 hari. Makanan yang konon berasal dari China dan dikenal dengan sebutan maodan ini sering dijual sama pedagang kaki lima. Sebelum bisa dicemil santai layaknya kacang goreng di Indonesia, telur harus direbus terlebih dahulu selama 20 menit. Tentu aja embrio di dalemnya direbus dalam keadaan hidup-hidup!

Rupanya, orang Filipina sendiri benci-benci cinta sama balut. Ada yang suka banget, ada yang gak mau nyentuh. Makanan yang dipercaya jadi obat kuat karena mengandung protein tinggi ini biasanya udah diperkenalkan sejak kecil. Anak-anak sekolah di Filipina yang ngelakuin penelitian biologi biasanya menggunakan balut buat mengamati anatomi unggas.

Nanti, begitu jam pelajaran selesai, bapak/ibu guru bakal nyuruh murid buat makan balut supaya gak mubazir. Bahkan, kalau ada murid yang nolak, bisa-bisa nilai mereka bakal dikurangin. Hmmma nggak heran kalau semua orang Filipina pernah ngerasain makanan ini!

Cara makan balut pun bisa macem-macem sesuai selera. Bingung gimana mulai makannya? Simple banget, kok! Pertama-tama, pecahin bagian atas telur, terus seruput deh cairan yang ada di dalemnya. Kalau udah, lanjut kupas hingga setengah bagian, terus gigit, deh, bagian kuning telurnya. Agak keras, ya, gigitnya. Soalnya ada tulang, paruh, dan bola mata yang harus kamu kunyah! Nah, selain bisa dimakan gitu aja, kamu juga bisa juga tambahin cuka, cabe, atau garam sedikit supaya makin asem-asem pedes gurih.

Lalu, kapan balut dimakan? Jawabannya: bebas, suka-suka kamu! Orang Filipina pasti ngemil berbutir-butir (atau berekor-ekor?) balut pas lagi ngumpul bareng keluarga besar. Para pasangan yang lagi kencan juga suka duduk di tepi jalan sambil makan malem romantis menu balut. Bahkan, ada juga orang-orang yang makan ini dalem bioskop sebagai pengganti popcorn! Kata mereka, sih, lebih enak makan balut pas gelap-gelap gitu. Soalnya, mereka gak harus ngeliat bentuknya, cukup nikmatin rasanya.

5. Makanan Penutup Halo-halo

photo by pinterest

photo by pinterest via http://pinterest.com

Halo-halo atau halu-halo (dari bahasa Tagalog halo yang berarti campur) adalah es campur dari Filipina. Setelah diserut, es dihidangkan di dalam mangkuk atau gelas tinggi dengan tambahan isi yang beraneka ragam, di antaranya: kolang-kaling (kaong), pisang, nata de coco, kelapa kopyor (makapuno), pacar cina, dan kacang-kacangan dan umbi yang dimasak manis. Di atasnya dituangkan susu kental manis atau susu evaporasi, dan kadang-kadang diberi es krim.

Sebelum ditutupi dengan es serut, kacang-kacangan diletakkan di dasar gelas atau mangkuk. Kacang-kacangan yang biasa dipakai adalah kacang hijau, kacang jogo, kacang arab, atau kacang tanah. Buah-buahan segar atau dimasak dengan gula yang biasa dipakai adalah nangka, mangga, sawo duren, pepaya, apokat, buah kiwi, melon, atau ceri.

Umbi yang dipakai terdiri dari dua jenis: ubi jalar (kamote) dan uwi (ube). Halo-halo juga sering diberi jagung manis dari kaleng, pinipig, puding karamel, serta jeli dari gelatin atau agar-agar yang diberi warna merah, hijau, atau kuning.

6. Dinuguan

photo by pixabay

photo by pixabay via http://pixabay.com

Dinuguan menggunakan daging babi, tapi kadang-kadang juga menggunakan usus babi dan hati babi.

Dinuguan merupakan darah dan daging babi yang direbus dan dimasak pedas, dengan perpaduan bumbu bawang putih, cabai, dan cuka. Dinuguan biasa disajikan dengan nasi putih atau kue beras. Kamu bisa menambahkan santan dalam darah dan buat yang doyan pedas bisa menambahkan cabai. Dinuguan menggunakan daging babi, tapi kadang-kadang juga menggunakan usus babi dan hati.

Makanan ini hanya untuk non-muslim ya!

7. Sisig

photo by pinterest

photo by pinterest via http://pinterest.com

Salah satu kuliner unik yang memikat perhatian pengunjung WSF Jamboree adalah sisig. Sajian pembuka khas Filipina yang rasanya segar, gurih dan asam. Disajikan cantik dalam kulit pangsit goreng.

Sisig atau kapampangan artinya sajian pembuka yang asam segar. Bisa dinikmati juga sebagai camilan. Hidangan ini awalnya dibuat dari kuping babi yang direbus kemudian dipanggang, dicampur dengan bumbu cuka yang asam segar.

Meskipun sudah dikenal sejak tahun 1970, namun sisig baru populer pada tahun 1980 saat Tayag bersaudara membuka Trellis Restaurant di Quezon City. Sejak itu menu sisig dikenal banyak orang termasuk versi seafood-nya.

Pasangan Claude and Mary Ann Tayag yang sukses mengelola Bale Dutung, restoran yang terletak di Pampanga, Filipina ikut hadir di WSF Jamboree. Restoran Bale Dutung ternama karena sajian lezatnya ini menjadi populer di kalangan wisatawan yang singgah ke Filipina.

‘Awalnya sisig merupakan makanan yang diracik untuk ibu hamil. Irisan kuping babi yang direbus kemudian dipanggang dengan bumbu rempah dan cuka menjadi penambah stamina,’ demikian tutur chef Claude saat mendemonstrasikan pembuatan sisig.

Konon menurut sejarah sisig awalnya diolah karena penduduk hanya mampu membeli kepala babi yang murah. Kepala babi ini kemudian direbus, diambil telinga dan bagian lainnya, dibumbui, dipanggang dan disajikan sebagai camilan.

Kini banyak orang Filipina membuat sisig dari seafood atau daging dan jeroan ayam dan disajikan dengan cara lebih sehat. Seperti di stand Filipina sisig disajikan dalam potongan kulit pangsit goreng sehingga mudah dinikmati. Juga tampilannya lebih menarik.

8. Black Nazarane

photo by pinterest

photo by pinterest via http://pinterest.com

Black Nazarene adalah patung Yesus seukuran manusia yang sedang berlutut dan berkulit gelap sedang memikul Salib di Minor Basilica of the Black Nazarene di distrik Quiapo, Kota Manila, Filipina. Yesus berkulit hitam itu memanggul salib, mengenakan jubah merah marun bersulam emas.

Dikenal dengan istilah Spanyolnya, “Translacion”, prosesi tahunan di Manila dianggap sebagai salah satu pertunjukan devosi Katolik terbesar di dunia, menarik lebih dari satu juta orang. Tetapi semua itu telah berubah tahun ini karena COVID-19, yang sejauh ini telah menginfeksi lebih dari 500.000 orang Filipina dan merenggut nyawa hampir 10.000 lainnya.

Umat beriman, yang sebagian besar mengenakan kemeja merah dan merah marun, berkumpul sebelum fajar pada Sabtu untuk melihat sekilas patung itu saat digerakkan di atas pelampung logam di sekitar Manila.

9. Psst

photo by pinterest

photo by pinterest via http://pinterest.com

Katanya, salah satu cara termudah untuk membedakan orang Filipina di dalam sebuah kerumunan adalah dengan memanggil mereka via “sit-sit.” Ya, cara aneh yang digunakan untuk menarik perhatian seseorang dengan menggunakan desisan dibandingkan kata-kata dipercaya menjadi keunikan tersendiri bagi orang Filipina. Beberapa ahli mengartikan ini sebagai kebutuhan untuk dapat menyampaikan pesan kepada orang lain secara diam-diam.

10. Menunjuk Bibir

photo by pinterest

photo by pinterest via http://pinterest.com

Selain “sit-sit,” menunjuk menggunakan bibir juga dipercaya merupakan keunikan yang ditemukan oleh orang Filipina untuk menyampaikan pesan-pesan rahasia. Orang tua juga melarang anak muda Filipina menunjuk menggunakan jarinya, karena dipercaya dapat menyinggung makhluk-makhluk gaib.

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Nah! Buat kalian yang mau liburan ke Filipina, pelajari juga ya poin poin di atas,selain bersenang senang juga mengedukasi

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE