#WisataFilipina-Menjelajah Alternatif Wisata Menawan di Bohol Filipina

Bohol merupakan sebuah provinsi di Filipina. Ibukotanya adalah Tagbilaran City terletak di Region Wisayas Tengah, Provinsi ini memiliki luas wilayah 4.117,26 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.275.214 jiwa (2009) memiliki angka kepadatan penduduk 310 jiwa/km². Provinsi ini menjadi menjadi rumah bagi banyak pulau karena memang Filipina merupakan negara kepulauan.

Karena merupakan negara kepulauan, maka Filipina juga memiliki banyak suguhan tempat wisata kepulauan yang nggak kalah indah. Di Bohol sangat banyak ditemui wisata pantai, laut, dan kegiatan air lainnya. 

Namun diantara itu semua, ternyata Filipina tidak hanya menyediakan tempat wisata pantai saja. Masih banyak pesona keindahan tempat wisata yang dimiliki oleh Filipina. Sebelum memutuskan liburan seru bareng keluarga, teman atau pasangan,  Kita intip satu persatu dulu yuk beragam pilihannya

Advertisement

1. Chocolate Hills Bohol

Chocolate Hills Bohol

Chocolate Hills Bohol via https://travel.kompas.com

Bukit coklat ini terbentuk karena pelapukan batuan kapur laut yang terjadi selama ribuan tahun dan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti curah hujan dan erosi subaerial. 

Ada juga yang mengatakan bukit ini merupakan hasil erosi batu kapur yang terangkat dari dasar laut ke permukaan yang kemudian retak karena proses tektonik.

Advertisement

Agar wisatawan dapat menikmati suasana liburan di bukit ini, kunjungan ke Chocolate Hills Bohol paling pas disarankan dilakukan saat musim kemarau di Filipina. Biasanya musim itu berlangsung selama Bulan November hingga Mei saat matahari berada di belahan bumi selatan.

Bagi SoHip yang pertama kali berwisata ke Filipina, disana ada juga Chocolate Hills lain di Carmen, dimana terdapat Chocolate Hills yang terkenal. Ada beberapa tempat yang diyakini menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan Chocolate Hills Bohol. Salah satu tempat terbaik adalah dek pengamatan yang memang dikhususkan untuk menyaksikan keindahan bukit-bukit kapur ini.

Advertisement

Sumber: 

https://travel.kompas.com/read/2019/04/13/110400427/bukit-cokelat-bohol-wisata-selain-pantai-di-filipina

Bohol

2. Loboc and Bilar Man-Made Forest

Loboc and Bilar Man-Made Forest

Loboc and Bilar Man-Made Forest via https://visit-bohol.blogspot.com

Tempat wisata ini berada di jalan yang biasa dilewati wisatawan ketika mereka akan menuju Bohol Chocolate HIlls. Loboc and Bilar Man-Made Forest ini mudah untuk dijangkau jalurnya. Tempat wisata merupakan hutan buatan manusia, namun mampu memberikan kesan alami yang tidak bisa SoHip tolak.

Hutan buatan ini terletak di antara kota Loboc dan Bilar yang terdapat di provisi Bohol. Luasnya sekitar 2 kilometer yang didalamnya terdapat pohon-pohon kayu keras seperti pohon mahoni.

Jika ingin menjadikan hutan buatan ini sebagai salah satu destinasi menikmati liburanmu, cukup dengan berkendara atau berjalan kaki di sepanjang jalan aspal yang dibangun. SoHip akan merasakan hawa sejuk dan segar serta pemandangan hijau yang jelas memanjakan mata dan pikiran sehingga terasa lebih tenang

Sumber: https://alowisata.com/tempat-wisata-di-bohol

3. Pamilacan Island Paradise

Pulau Pamilacan Filipina

Pulau Pamilacan Filipina via https://www.traveloka.com

Pulau ini ada di daerah Bohol,  terkenal karena biota laut yang begitu indah dan memukau. Dulu, tempat ini digunakan sebagai praktek penangkapan ikan. Kebanyakan orang datang ke tempat wisata Pamilacan untuk menyaksikan atraksi lumba-lumba dan paus. Selain itu, pulau ini juga memiliki pantai-pantai berpasir putih, lokasi menyelam yang indah, dan benteng Spanyol berumur ratusan tahun.

Untuk bisa sampai ke pulau Pamilacan, Jika melalui jalur Laut, bisa menuju Pelabuhan Wisata Tagbilaran City kemudian dari  Pelabuhan Wisata Tagbilaran City dilanjutkan dengan menggunakan bus, mobil, atau menyewa perahu.

Waktu terbaik untuk menikmati liburan di Pulau Pamilacan ini banyak disarankan sekitar Musim hujan dan musim panas yang berlangsung dari bulan Juni hingga Oktober. Namun, harga selama periode ini jauh lebih rendah, badai hujan terjadi terutama pada malam hari, dan pada siang hari Anda juga dapat bersantai di tempat teduh.

Sumber: https://1001beach.com/id/southeast_asia/philippines/bohol/pamilacan_island

4. Gereja Baclayon

Gereja Baclayon

Gereja Baclayon via https://alowisata.com

Tidak lengkap rasanya jika SoHip berlibur ke tempat wisata di Bohol namun tidak mampir ke gereja Baclayon. Gereja Baclayon menjadi salah satu bangunan terkenal di Filipina yang tetap layak untuk dikunjungi walaupun sempat mengalami kerusakan. 

Gereja ini selain memiliki arsitektur yang cantik juga memiliki sejarah yang penting sebagai salah satu gereja tertua di Filipina. Terdapat ruangan khusus dari gereja ini yang digunakan sebagai museum. Di museum, SoHip bisa menemukan banyak ratusan benda keagamaan kuno. Untuk dapat menikmati wisata sejarah tersebut, SoHip akan dikenakan biaya yang dialokasikan untuk perawatan dan rehabilitasi gereja. 

SoHip juga bisa berfoto sebagai kenang-kenangan disekitar lokasi. Dekorasi antik yang dipanjang di Museum Gereja berasal dari abad XVI. Jalan raya Baclayon juga merupakan lokasi lebih dari 65 bangunan rumah leluhur Spanyol-Filipina — beberapa di antaranya sudah berdiri sejak 1853. Hebat, ya!

Sumber:

https://alowisata.com/tempat-wisata-di-bohol

Bohol

5. Danao Adventure Park

Danao Adventure Park

Danao Adventure Park via https://www.bohol-philippines.com

Danao adventure adalah salah satu destinasi wisata yang juga berada di Provinsi Bohol, Filipina. Atraksi yang bisa dinikmati di Danao Adventure Park ini salah satunya adalah beragam wahana adrenalinnya. 

Hanya berjarak dua jam perjalanan dengan mobil dari Tagbilaran, Danao Adventure Park menjadi salah satu objek ekoturisme yang terbaik. Destinasi alaminya dikelola dengan sangat peduli lingkungan dan didukung oleh masyarakat. 

Berlokasi di pegunungan di Bohol, kegiatan yang bisa SoHip lakukan mencakup aneka kegiatan ruang terbuka seperti trekking, panjat tebing, ATV, jelajah gua dan berkayak sepanjang Sungai Wahig, dan beberapa kegiatan seru lainnya.

Ada tiga wahana yang wajib SoHip coba saat keberkunjung kesini ketiganya bertempat di ketinggian 200 meter di atas tanah. Sky Ride, kereta gantung terbuka tidak terlalu mendebarkan. The Plunge, ayunan di tengah jurang yang menjatuhkan para petualang sejauh 45 meter dan mengayunkan mereka sangat memacu adrenalin. Lalu ada Suislide, zipline yang meluncur melewati celah di antara dua gunung sejauh setengah kilometer. Wahana penguji adrenalin lainnya yang harus SoHip coba di Danao ini adalah The Plunge.

Sumber : http://wisatafilipina.com/2018/11/01/danao/

Nah, gimmana nih SoHip, menarik kan referensinya? Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku juga jadi semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines! Selamat berlibur SoHip.. Jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan supaya aman ya..

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE