Words Are Our Most Inexhaustable Source of Magic

Kata - kata sudah kita gunakan setiap hari untuk berbicara dengan orang lain. Tapi terkadang tak semua orang menyadari kalo kata - kata yang diucapkan itu hanya bisa dimaafkan bila melukai, namun tak bisa dilupakan.

Tak jarang juga kata - kata adalah alat utama untuk bisa menyakiti perasaan orang lain.

Kata - kata juga seperti suatu hal yang ajaib. Hal yang bisa mengubah hari sesorang menjadi lebih baik, atau malah sebaliknya.

Nah, perhatikan 4 kata ajaib berikut ini. Sudahkah kalian mengucapkan kata - kata ini dalam hidup kalian sehari-hari?

1. Learn to say “Please” when you need a help

Please is a magic word via https://www.google.co.id

Nah. Apakah kalian selalu ingat untuk mengucapkan kata tolong saat kalian membutuhkan pertolongan orang lain ?

Kalau tidak, cobalah untuk membiasakannya. Karena 1 kata tolong itu bisa membuat orang lain menjadi lebih merespon permintaan tolong kalian.

Advertisement

Selain itu, tentunya terdengar lebih sopan ditelinga orang lain dibandingkan langsung meminta dan dikira seperti memerintah orang lain untuk melakukan sesuatu bukan ?

2. Learn to say “Thank You”

Saying Thankyou creates love via https://www.google.co.id

Saying Thank You is more than a good manners. It's good spirituality

Apakah kalian selalu ingat untuk mengucapkan terimakasih kalau diberi bantuan ? atau kalau diberi sesuatu ?

Advertisement

Atau pernahkah kalian mengucapkan terimakasih pada kedua orang tua kalian yang selama ini sudah merawat kalian dengan susah payah ?

Mulai sekarang, cobalah untuk dibiasakan mengucapkan terimakasih setelah kalian menerima sesuatu apapun itu. Baik terimakasih kepada orang lain ataupun kepada Tuhan atas anugrah-Nya.

Percaya gak kalo ucapan terimakasih dari kalian setelah kalian diberi bantuan itu bisa mengubah hari bahkan mood seseorang ? Hal itu terjadi karena saat ini semakin sedikit orang yang ingat untuk mengucapkan terimakasih.

3. Learn to say “Sorry” when you really mean it

Please forgive me via https://www.google.co.id

Sometimes saying sorry is the most difficult things on earth.. But it's the cheapest thing to save the most expensive gift called Relationship.

Biasanya orang tidak mau mengucapkan kata maaf karena rasa gengsi. Atau biasanya mereka merasa mereka tidak bersalah. Padahal sebenarnya mengucapkan kata maaf itu tidak berarti kalian mengakui kalau kalian itu salah sedangkan orang lain pasti benar. Tapi itu membuktikan kalian lebih mementingkan hubungan kalian dengan orang tersebut daripada ego kalian sendiri. It really takes a strong person to say the word sorry.

Jadi, mulailah untuk mencoba menyampingkan ego dan belajar untuk meminta maaf. Tapi ingat, ucapkan saja kalo kalian benar – benar bermaksud untuk meminta maaf. Dengan arti lain kalian harus bisa membuktikan ucapan maaf kalian benar – benar tulus dari hati dengan kalian tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama. Kalo maaf sudah diucapkan berulang kali pun tetapi kesalahan yang sama tetap dilakukan, kata maaf jadi tidak berarti apa – apa kan ?

4. Learn to say “No”

You have the right to say no via https://www.google.co.id

When you say "Yes" to others. Make sure you are not saying "No" to yourself

Ketika kita bisa bilang "Ya" ke orang lain, ternyata itu saja tidak cukup. Kita harus juga belajar untuk berani berkata "Tidak" pada orang lain.

Biasanya pada hal – hal yang tidak kita inginkan, yang tidak membuat kita senang, yang membuat kita tidak nyaman, dan semua hal yang intinya kita tidak suka.

Because you should learn to say no to people or things which stress you out, without explaining yourself.
Izinkanlah diri kalian untuk berkata tidak pada hal yang tidak kalian senangi kawan. Jangan memaksakan diri untuk selalu berkata "Ya" pada hal apapun walaupun itu untuk menyenangkan orang lain. Saat kalian berkata "Ya" pada orang lain, pastikan kalian tidak mengatakan "Tidak" pada diri kalian sendiri.

Learn to say "No" to the good so you can say "Yes" to the best. Selain untuk hal yang tidak kita senangi pun, kita juga harus belajar untuk berkata tidak pada sesuatu yang padahal kelihatannya sudah baik. Karena saat kita berani untuk berkata tidak, kita akan siap untuk mengatakan "Ya" pada yang terbaik. Artinya kesempatan yang lebih baik telah menanti didepan mata. Tapi yang ini harus diperhatikan dengan penuh hati – hati yah 🙂

5. Learn to say “Excuse Me”

Say excuse me to anybody via https://www.google.co.id

Kind words are worth more and cost little

Kata ajaib yang satu ini mengajarkan kita untuk tidak berlaku seenaknya pada orang lain. Misalnya saat kalian sedang berjalan dan ada orang yang menghalangi jalan kalian, jangan langsung menyerobot begitu saja. Ucapkanlah kata "permisi" disaat itu, tentu orang lain akan segera memberi jalan untuk kalian. Begitu lebih baik bukan ?

Selain digunakan dalam keadaan itu, kata "permisi" juga bisa digunakan dalam kesempatan lain. Misalnya saat kalian ingin bertanya pada orang lain. Perhatikan 2 contoh kalimat berikut :

1. "Permisi, saya mau tanya, toko ini disebelah mana ya?"

2. "Saya mau tanya, toko ini disebelah mana ya ?"

Nah. Bandingkan 2 kalimat itu. Tentu yang pertama terdengar lebih sopan bukan ? Tak jarang orang lain pun akan lebih senang hati menjawab pertanyaan kalian bila diawali dengan kata "permisi".

.

.

.

Nah,

Biasakanlah mengucapkan 5 kata "ajaib" diatas dalam kehidupan kalian. Percayalah, 5 kata "ajaib" itu akan memberikan efek yang ajaib juga dalam hidup kalian, bahkan saat pertama kali kalian mengucapkannya.

Kata – kata itu suatu hal yang ajaib. Mengapa ? Karena kamu bisa mengucapkan 1 kata dan itu bisa membangkitkan rasa senang, ekspresi, sensasi kedamaian, dan masih banyak lagi. Benar – benar sesuatu yang hebat bukan bila ternyata kata – kata yang kita gunakan begitu memiliki kekuatan ?

Jadi, jangan pernah melukai orang lain dengan ucapanmu. Make sure you think it first before you spit em out. Karena kata – kata yang sudah dilontarkan, hanya bisa dimaafkan namun tidak bisa dilupakan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya