Merasa menjadi orang paling bahagia di dunia, akan ada saatnya kamu akan merasakan hal ini. Saat ini juga, besok, atau bisa jadi beberapa tahun kemudian. Pun menjadi orang yang paling nggak beruntung karena kegagalan, sekali pasti pernah kamu alami. Karena kedua fase itu ada dalam siklus kehidupan, ibarat seperti roda.

Jika kamu jatuh dan merasakan kegagalan yang dalam, ada hal yang perlu kamu tahu. Belum saatnya kamu mengeluh dengan tersungkur beberapa kali. Bangun, baca mantra baik, obati, dan tetap melangkah untuk menggapai hal yang kamu inginkan. Karena ada hal-hal yang bisa kamu jadikan mantra sekaligus obat, untuk nggak patah arang di tengah perjalanan juangmu. Coba ingat sebentar, semoga bisa mengingatkan dan buatmu tetap tegar dan tegak.

1. ‘Tuhan ingin kamu mendekat lagi pada-Nya. Saatnya kamu makin mengeraskan usaha dan doa.’

Tuhan sedang ingin memelukmu via unsplash.com

Memang, kamu perlu melakukan usaha yang gigih untuk meraih cita yang diingin sejak lama. Menyiapkan rencana A hingga Z sudah kamu lakoni, tapi kamu merasa tak ada rencana yang dibuat berhasil oleh Tuhan. Tunggu, mungkin saja kegagalan ini adalah salah satu cara-Nya untuk mengingatkanmu. Ya, agar tetap ingat dan berdoa padanya.

Ia ingin kamu kembali mendekatkan diri dengannya, beriringan dengan usaha dan doa yang tak henti. Tenang, bukan berarti Tuhan tidak adil padamu. Justru Ia sedang menata kembali dan mendatangkan kabar baik untukmu nantinya.

2. ‘Ayah dan Ibu tak henti untuk memanjatkan doa terbaiknya. Kamu, tetaplah berjalan dan nikmati prosesnya.’

orangtuamu setia mendoakan via www.huffingtonpost.com

Disadari atau tidak, orangtua tak akan akan berhenti untuk mendoakanmu. Untuk kesehatan, kesuksesan dan kebahagiaanmu, Ayah dan Ibumu selalu memanjatkan doa-doa baiknya. Sempatkan untuk mengingat mereka. Senyuman tulus mereka yang tersemat di antara keriput di dahi dan ujung matanya, apakah kamu masih mau beralasan untuk menyerah?

Jika doa-doamu masih belum didengar oleh Tuhan, mungkin tak lama lagi doa dari Ayah dan Ibumulah yang akan dikabulkan. Mereka adalah pendukungmu paling setia di segala hal. Ingatlah mereka, tak ada alasan untuk gundah demi membahagiakan mereka.

3. Tawa renyah saat bercengkerama di rumah bersama keluarga adalah penguat terbaik untuk tetap gigih berusaha

Terbaik! via postmarq.tumblr.com

Bisa berkumpul sambil bercengkerama di halaman rumah bersama keluarga, sebuah kebahagiaan yang tiada bandingan. Saling menceritakan tentang keluh kesah setelah beraktivitas seharian, mendengar gelak tawa mereka, betapa rindunya bisa kembali pulang. Hal menyenangkan ini, jangan dihapuskan dari pikiran. Karena hal ini bisa memberimu kekuatan untuk bangkit dari kegagalan. Karena ini adalah pertanda bahwa kesuksesan sudah semakin dekat dan bisa kamu raih.

4. Bayangkan senyuman termanis dari dia yang siap kamu jadikan pasangan masa depan. Masih mau menunda untuk bangun pelaminan dan kebahagiaan?

Senangnya~ via unsplash.com

Tak bisa dipungkiri, punya seorang spesial yang setia menanti bikin kamu makin semangat untuk meniti karir. Bahkan, kamu yang sedang ada di tanah rantau, rela untuk menahan rindu demi bisa bertemu dengan dia. Membayangkan bisa berdiri di pelaminan bersama pasangan di masa depan. Jadikan bayangan yang berisi kebahagiaan kecil ini sebagai cambukan untuk bangkit dan berusaha kembali.

Apa kamu masih mau menunda merajut bahagia dengan dia? Hehehe…

5. Kadang, yang kamu harap beda dengan yang diimpikan. Jalani dan asah, kamu tak akan menyesal nantinya

Tak selamanya mimpi sejalan dengan kenyataan via unsplash.com

Meninggikan harapan dan angan setinggi dan seluas langit tak ada yang bisa mencegahmu. Cita-cita yang sudah kamu impikan sejak duduk di bangku sekolah, bisa jadi yang sedang kamu usahakan mati-matian hingga saat ini. Memilih jurusan yang sejalan di bangku kuliah, sudah kamu bela-belain. Perlu kamu ingat, nggak selamanya harapan berjalan beriringan dengan cita-cita. Kamu yang dulunya bermimpi jadi dokter, bisa jadi banting setir menjadi ahli IT di sebuah konsultan kenamaan.

Leonard Theosabrata via www.maxmanroe.com

Perjalanan yang dialami oleh Leonard Theosabrata, bisa jadi sedang kamu alami pada saat ini. Desainer produk yang berprestasi di kancah internasional ini, pun pernah mengalami yang namanya banting stir cita-cita. Dari yang awalnya ingin jadi rockstar, sekarang telah jadi desainer handal yang mewakili prestasi anak bangsa. Karya terbaru dari alumni Art Center College of Design di Pasadena, California ini yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah dikolaborasi dari Go Ahead Challenge x Leonard Theosabrata. Wajib kamu tahu, guys!

6. Akan ada pelangi setelah hujan mereda. Yakinlah, tak lama lagi kamu akan bisa melihat pelangi dari perjuangan yang kamu usahakan segera

Go Ahead Challenge x Leonard Theosabrata via GoAheadPeople.com

Roda itu berputar. Akan ada saatnya kamu akan merasakan berada di atas dan di bawah. Hal ini sudah menjadi proses yang kamu alami dalam kehidupan. Berada di usia produktifmu ini, kegagalan akan menjadi sebuah hal yang biasa. Perumpamaan pelangi akan muncul setelah hujan reda, memiliki arti yang sama. Yang perlu kamu lakukan adalah meyakinkan dirimu bahwa pelangi dari hasil perjuanganmu akan kamu dapatkan dengan tetap menjadi dirimu sendiri. Tak lama lagi, segera.

Karyanya di project Go Ahead Challenge x Leonard Theosabrata ini bisa kamu jadikan inspirasi, guys. Desain yang menyerupai sidik jari di karya ini, mengajak kamu untuk tetap konsisten menjadi diri sendiri dalam segala situasi. Tak hanya tentang mengikuti arus tren yang kekinian, tapi individu yang mengedepankan originalitas di tiap langkahnya.

Individuality, for me personally, is very important. Bukan individuality yang selfish, tapi individuality dalam hal: menjadi original. You should always think about originality when approaching work, life, anything.”

–Leonard Theosabrata

Kutipan yang bisa kamu jadikan pegangan untuk tetap jadi diri sendiri dan tak memutuskan usaha saat kegagalan menusukmu dari belakang. Itu hanya sekilas dari karya Go Ahead Challenge x Leonard Theosabrata ini. Untuk hujan inspirasi, kamu bisa cari tahu project ini di website Go Ahead People, guys! jadilah saksi bahwa anak muda Indonesia tak henti-hentinya membuat dan mengukir prestasi yang membanggakan dan bermanfaat.

Duakalilipatkan perjuanganmu lebih dari sebelumnya. Yakinkan bahwa kamu bisa meraih kesuksesan itu segera, guys. Semoga dari sekilas hal pengingat di atas, bisa bikin kamu tetap bangkit dan mengenyahkan keluh kesah secepatnya.