Apa yang kamu harapkan setelah kamu dapat pekerjaan? Harapan-harapanmu sungguh besar. Tapi sayang kalau semisal harapanmu gugur cuma gara-gara suasana hati atau mental yang nggak siap. Persiapkan mental untuk memasuki dunia kerja, berlatih lah untuk bersosial dengan dunia luar mulai saat ini karena dunia kerja pasti akan memaksamu bertemu dengan orang banyak guna menjalani jejaring baru. Semua yang kamu butuhkan adalah persiapan mental dengan mengetahui segala hambatannya, tanpa tahu risikonya kamu malah bisa terperosok.

Risiko yang akan kamu hadapi saat dunia kerja bukanlah semacam risiko besar. Jangan bicara soal pemecatan atau PHK sebagai risikonya, tetapi hambatan-hambatan yang sifatnya lebih batiniah, kadang risiko seperti ini datang dari lingkungan kerja. Sebelum kamu dapatkan pekerjaan tentunya kamu akan diuji terlebih dahulu dengan kesibukan mencari pekerjaan. Kamu yang sekarang masih kuliah dan menyongsong dunia kerja perlu mengena risiko ini, biar kamu siap dan nggak kaget sewaktu menjalaninya nanti.

1. Susahnya cari kerjaan yang terasa melelahkan sekali, apalagi saat kamu yakin diterima tapi fakta berbicara lain

Percaya diri boleh, tapi juga jangan menggampangkan ya via unsplash.com

Advertisement

Kadang karena terlalu percaya diri di awal, kamu melupakan sainganmu di luar sana. Saat kamu yakin akan kemampuan diri harusnya diimbangi juga dengan pemetaan tentang seberapa kuatnya pesaing-pesaingmu. Hal ini penting lho, biar kamu siap jika gagal dan nggak menganggap semua bisa kamu kalahkan. Rendah hati dulu ya, Guys!

2. Lebih mengenaskan lagi saat lihat teman-teman diterima kerja tanpa hambatan

Jangan menyerah, mungkin kamu akan dapat kerjaan yang lebih keren daripada mereka via unsplash.com

Janan sampai kamu merasa patah semangat lihat teman sudah enak dapat keraan yang mereka sukai. Kamu mungkin sedang kurang beruntung, jangan berpikiran negatif, baiknya kamu lebih giat lagi cari pekerjaan. Nah, ika tiba masanya kamu merasakan hal ini, persiapkan mentalmu, jangan baper dan berprasangka buruk. Tetap semangat ya, ingat itu!

3. Saat sudah diterima kerja pun masih harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang kadang menguras batinmu

Adaptasi nggak gampang, berlatih bersosial dengan orang lain dari sekarang via unsplash.com

Kelak kamu akan dihadapkan dengan situasi seperti ini; teman kantor baru, lingkungan baru dengan suasana berbeda. Apa yang akan kamu lakukan? Beradaptasi dengan perlahan dan jangan mundur kalau belum mencoba dengan ikhtiar. Lingkungan baru memang bikin kikuk, tapi kamu harus tetap terlihat nyaman dan jadi dirimu sendiri.

4. Saat merasa sudah beradaptasi dengan baik, persaingan kerja antar rekan tetap saja perlahan-lahan terasa mencekik

Di luar kawan, tapi soal pekerjaan pasti ada persaingan via unsplash.com

Advertisement

Kamu nanti akan merasa nyaman dan harapanmu sedikit demi sediki mulai kelihatan terangnya. Tapi ada satu hal yang perlu kamu waspadai, walau bagaimanapun pasti ada persaingan di dalam sebuah pekerjaan. Jangan kamu respons dengan hal negatif, jangan ikuti alur persaingan mereka, jadilah diri sendiri dan waspadai apa yang disekitarmu.

5. Rutinitas kerja yang “itu-itu aja” memang memancing jenuh datang, karena itu kamu perlu siasat biar tetap semangat

Atur ritme istirahat dan kerja biar nyaman via unsplash.com

Keisibukan dalam dunia kerja akan kamu lalu nantinya tapi ada hal yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Siapkan mental untuk mengalahkan segala rutinitas yang akan kamu hadapi. Kamu harus betah, buatlah ritme kerja dan istirahat yang nyaman buat kamu. Jangan sampai nggak berimbang malah jadi berat di kepala dan batin.

6. Awas! Harus tetap disyukuri saat gaji benar-benar tak bisa mencukupi kebutuhan dan keinginan

Meski gaji kecil, tetap syukuri ya via unsplash.com

Nanti kamu akan menghadapi hal yang sangat membingungkan. Pada awal diterima kerja kamu mungkin merasa gaji yang akan kamu terima cukup untuk memenuhi kebutuhan. Tetapi kamu akan menjumpai perasaan di mana gaji yang kamu terima belum cukup, dan kamu merasa perlu ganti pekerjaan dengan gaji lebih tinggi, Tapi ingat, cari pekerjaan lain juga susah lho!

7. Ada rasa malas ketika lelah dengan pekerjaan datang bertubi. Padahal harusnya kamu bersyukur, sebab di luar sana masih banyak pengangguran

Capek sih… tapi tetap harus semangat demi orang-orang terkasih via unsplash.com

Nanti kamu akan dihadapkan pada rasa menyesal. Ketika perasaan itu datang, mulailah introspeksi diri dan bersyukur dengan apa yang kamu terima sekarang. Selalu melihat hal yang ada di sekitarmu, mereka yang menyayangimu selalu mendukungmu. Kamu yang menyesal malah akan melukai hati mereka yang masih jadi pengangguran dan kurang beruntung dalam pekerjaan.

Apapun pekerjaanmu nanti kamu harus siapkan mental, bangga dengan pekerjaan itu. Selama kamu dalam pekerjaan yang penuh kebaikan, maka sekecil-kecilnya hasil dari pekerjaan itu akan selalu berharga. Jangan kamu mengutuk dirimu sendiri karena gaji kecilmu, lihatlah mereka yang mendukungmu selalu sayang kepadamu apapun yang kamu kerjakan, selagi dalam kebaikan. Persiapkan mentalmu, apa yang akan teradi di depan pasti ada hambatan, jalan terjal itu bisa kamu lewati dengan rasa optimis jika kamu tahu setiap risikonya. Percaya diri ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya