Artikel Hipwee ini dipersembahkan oleh Friso. Biar #KenaliLebihDalam jadi gaya hidupmu sehari-hari.

Jadi Ibu bukanlah pekerjaan mudah yang bisa dilakukan hanya dengan naluri. Jika mau diakui, jadi wanita yang bertanggung jawab soal nyawa baru di dunia ini adalah kerja keras yang tak kenal henti. Namun bukan berarti kita harus gentar karena ini ‘kan?

Sebenarnya mempersiapkan diri untuk jadi Ibu itu tidak serumit yang kita bayangkan selama ini. Yang perlu diberikan perhatian utama tentu adalah soal kesehatannya nanti. Ibu yang baik tentu wajib memiliki pengetahuan lebih dalam soal apa-apa yang bisa membuat si Kecil lebih sehat. Ini bisa dimulai lewat hal-hal sederhana yang kita lakoni sehari-hari. Yang paling dasar adalah menjaga kualitas makanan yang bernutrisi untuk diri sendiri dan si Kecil nantinya. Because you are what you eat, right? Hipwee dan Friso akan paparkan 5 caranya di sini.

1. Mulai sekarang biasakan makan makanan yang “nyata”. Kamu gak mau ‘kan tubuh anakmu dijajah oleh makanan yang banyak pengawetnya?

Yakin rela tubuhmu dijajah makanan yang tidak nyata? via eatdrinkbetter.com

Cara paling gampang untuk mulai hidup sehat adalah dengan lebih peduli dan mengenali apa yang kita makan. Coba deh lihat lagi apa saja yang kamu konsumsi setiap hari. Apakah makanan itu sudah cukup sehat dan berdampak positif pada tubuh, atau kita malah sibuk menjejali tubuh dengan panganan yang sebenarnya kurang bersahabat bagi kesehatan?

Mulai menjaga pasokan makanan pribadi memberi kita disiplin yang sama saat sudah punya anak nanti. Jika sekarang terbiasa masak sendiri dan mengurangi makan di luar kita tak akan kagok lagi. Memperbanyak sayuran, olahan whole grain, dan buah — tubuh akan diajak memulai metabolisme yang lebih baik. Mulai dari diri sendiri saat ini untuk kebaikan anak nanti tak ada salahnya ‘kan? Dengan mengetahui mana makanan yang baik dan tidak, kamu akan terbiasa juga menjaga asupan nutrisi untuk si Kecil nanti.

2. Jangan gampang mampir ke gerai cepat saji saat rasa lapar melanda. Ada alpukat yang selalu bisa jadi penawarnya

Lapar? Ambil alpukat saja via garden-of-vegan.tumblr.com

Setiap rasa lapar melanda, jangan buru-buru gatal ingin ke minimarket, lalu beli chips. Hindari juga mampir ke gerai fast food untuk take away makanan cepat saji. Menu instan yang sekilas kelihatan yummy itu sebenarnya dibuat dengan proses yang jauh dari kata sehat.

Bayangkan saja, french fries yang renyah itu digoreng dengan menggunakan minyak yang sama berulang kali. Patty burger yang tebal dan menggiurkan itu juga dibuat dengan melibatkan bahan pengawet yang membuat kita bergidik jika melihatnya lagi. Yakin mau menjejali anak kesayangan kelak dengan olahan macam ini?

Daripada menjejali tubuh dengan makanan yang tidak sehat, kenapa tidak menjajal ngemil alpukat? Banyak khasiat dari buah ini yang membuatnya layak dikonsumsi. Alpukat mengandung potasium yang tinggi yang ampuh menurunkan tekanan darah dan mencegah infeksi pada jantung dan ginjal. Sebagai buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh, alpukat juga membantumu menyerap nutrisi lain yang masuk ke tubuh. Catatan penting dari Ibu untuk si Kecil adalah segala sesuatu yang instan dan cepat saji, belum tentu sehat. Bahan-bahan yang alami tentu lebih baik baik untuk sang anak nanti.

3. Brokoli yang dikukus bisa jadi pengganti camilan. Rutin menyantap brokoli kukus ampuh jadi bekal vitamin K dan D bagi calon anakmu

Brokoli yang dkukus kaya vitamin K dan Vitamin D via www.wherethecookiesare.com

Brokoli memiliki kandungan asam yang akan terikat dengan lebih baik jika dimasak dengan dikukus. Dampak baiknya terhadap tubuh pun tak main-main. Mulai dari menurunkan kolesterol dalam tubuh, membantu mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh, sampai memberikan pasokan vitamin K dan vitamin D bagi tubuh.

Setelah tahu fakta ini, tentu ada opsi lain untuk camilan yang lebih sehat setiap hari? Meski tak segurih french fries atau semanis caramel popcorn, kebaikan brokoli layak membuatnya menjadi kudapan yang menemanimu dan calon keluarga kecil setiap hari.

4. Lebih jeli soal “dapur belakang” jajanan yang sering dibeli mulai harus dilakoni. Amankah kerupuk, gorengan, sampai gado-gado yang kita makan selama ini?

Yakin ini sehat? via eatfoodlivefood

Ada apa di balik makanan favoritmu? Mulai dari ngemil krupuk yang mengandung banyak minyak, makan gorengan yang digoreng menggunakan minyak yang sama berulang kali, sampai gado-gado yang sering dibeli ternyata tidak menggunakan sayur segar.

Dengan bersedia mengenali lebih dalam jajanan yang sering dibeli, kamu akan mengerti jajanan mana yang harus dihindari, atau memberi kita informasi di mana kita sebaiknya mencari jajanan yang lebih berkualitas.

Kelihaian #KenaliLebihDalam macam ini akan sangat berguna saat sudah punya anak nanti. Kalau tidak jeli dengan apa yang dikonsumsi, gimana mau jeli dengan camilan yang anak kita nikmati?

5. #KenaliLebihDalam apa saja yang kamu konsumsi. Salah memilih atau mengolah, susu yang baik pun bisa jadi kurang bernutrisi

Kenali lebih dalam ap ayang kamu konsumsi via eatdrinkbetter.com

Hidup sehat bukan cuma perkara mengubah kebiasaan. Agar bisa menjalani hidup yang lebih sehat, kamu pun perlu lebih kritis soal apa yang kamu konsumsi. Apakah proses pembuatan makanan tersebut menjamin kualitas yang membawa kebaikan bagi kesehatan dan tubuhmu?

Susu, contohnya. Ternyata kita mesti pintar-pintar memilih dan memastikan apa yang terjadi dalam proses pembuatan susu, sumber nutrisi yang diyakini membawa kebaikan ini. Susu yang baik diciptakan dari sapi yang terawat, diekstrak menggunakan teknologi terbaik, dan dikemas dengan cara yang tepat.

Teknologi single process tanpa pemanasan berlebih dalam produksi susu seperti yang dilakukan oleh Friso, ternyata dapat menjaga nutrisi susu tetap terjaga, sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh dan dapat memberikan asupan yang optimal.

Demi si Kecil, segalanya harus disiapkan mulai saat ini.

Ayo #KenaliLebihDalam apa yang kita konsumsi untuk memberikan kebaikan berkali-kali lipat dari apa yang diharapkan selama ini.

Kalau ternyata gampang begini, yakin gak mau mempersiapkan diri mulai hari ini? Simpel, bisa dilakukan tanpa kerepotan, menyehatkan lagi!