Usia 20-an jadi usia paling krusial kalau sudah menyangkut tentang jodoh atau pasangan. Dan kalau saja di usia itu belum juga punya pacar, pasti kebanyakan dari kamu sudah galau nggak ketulungan. Apalagi kalau bercermin ke teman-teman yang sudah menjalin hubungan cukup lama, atau sudah jelas arah hubungannya akan dibawa ke jenjang pernikahan.

Padahal berstatus single di usia 20an itu bukan sebuah malapetaka. Kamu tak perlu galau, karena yang terpenting di usia 20-an ini kamu tetap punya banyak hal lain yang nggak kalah berarti dari seorang pendaping alias pacar. Hal-hal yang kalau kamu lewatkan, justru buatmu jadi orang yang merugi. Lalu, kira-kira hal itu apa saja sih?! Dibacanya jangan sambil baper ya.

1. Tak apa belum punya pacar, asalkan kamu punya sahabat yang benar-benar ada untuk berbagi cerita

sahabat yang selalu ada~ via www.unsplash.com

Punya teman banyak sah-sah saja. Tapi tetap saja kamu butuh satu atau dua orang sahabat yang benar-benar mau bertahan di sampingmu dalam segala keadaan. Kalau saja di usia 20-an ini kamu punya seseorang yang memang bisa dipercaya sebagai sahabat sudah sepantasnya dirimu bersyukur. Karena setidaknya peran sahabat bisa saja melebihi pacar, saling mengisi, memperhatikan, berbagi sampai belajar membenahi diri.

2. Pengalaman di dunia kerja. Sekecil apapun itu, bisa kamu jadikan bekal untuk hidupmu ke depannya

pengalaman kerja, apapun posisinya via www.unsplash.com

Advertisement

Usia 20-an itu masa-masa paling produktif untuk siapa saja. Karena di usia ini bukan cuma tenagamu yang sedang maksimal, tapi juga rasa penasaran yang tak kalah dengan balita atau anak-anak. Jadi kamu memang harus coba merasakan dunia kerja. Tak perlu pekerjaan yang muluk-muluk dengan penghasilan tinggi. Kamu bisa mencoba menjadi asisten dosen atau part time di restoran pun sah-sah saja. Sebab pengalaman yang akan kamu dapat itu tak akan bisa terbeli dengan apapun di dunia ini.

3. Hobi yang sejalan dengan passion-mu, siapa tahu bisa menambah uang saku

Hobi yang mendatangkan uang jajan via www.unsplash.com

Melakukan hobi memang salah satu kegiatan yang bisa menyelamatkanmu dari kebosanan. Apalagi di usiamu yang sekarang di mana fluktuasi kebosan sangat labil sekali, dan kalau sudah meninggi bosan bisa jadi senjata paling ampun untuk buatmu galau seketika. Jadi nggak ada salahnya kalau kamu memilih membunuh bosan dengan melakukan hobimu. Siapa tahu hobimu ini salah satu renjanan yang bisa kamu jadikan ladang penghasilan. Ya meskipun hasilnya tak seberapa tetap saja akan ada kebanggaan yang bisa kamu rasa.

4. Keberanian melakukan hal-hal baru yang nantinya akan menambah pengalaman dalam hidupmu

berani mencoba via www.logancoleblog.com

Usia 20-an memang penuh rasa ingin tahu. Untuk itu kamu perlu memiliki keberanian untuk memuaskan rasa ingin tahumu itu, supaya tak jadi orang-orang yang tak merugi. Tapi yang jelas, apapun keberanian untuk mencoba hal-hal baru itu, pasti akan menambah pengetahuan dalam hidupmu.

5. Gagal di usia 20-an sebenarnya prestasi tersendiri. Karena dari sana kamu bisa untuk belajar lebih baik lagi

Kegagalan itu prestasi lho via www.tumblr.com

Masih terlalu muda untuk takut gagal. Kamu harus ingat masih banyak kesempatan yang terbuka lebar untuk kamu yang usianya masih berkepala dua. Toh kegagalan sendiri adalah sebaik-baiknya guru yang bisa membentuk pribadi jadi lebih tangguh, berhati-hati, tegas, dan yang pasti siap dalam menghadapi berbagai masalah. Tak perlu malu juga untuk mengakui bahwa kamu pernah gagal di usia 20-an. Karena memang gagal bukan aib, dan tak semua orang bisa mengambil pelajaran dari kegagalan seperti dirimu.

6. Waktu untuk pergi jalan-jalan, entah sendirian atau bareng teman-teman yang penting kamu bisa senang-senang

Jalan-jalan dan senang-senang via www.pexels.com

Mumpung masih muda, jangan habiskan momen usia 20-anmu dengan hanya pacaran atau memikirkan tentang jodoh saja. Sesekali pergilah jalan-jalan ke tempat-tempat favoritmu atau bahkan tempat yang asing bagimu. Kamu bisa mengajak teman-teman atau menikmati travelling itu sendirian. Tak perlu ke tempat yang mahal, yang penting kamu bisa bersenang-senang.

7. Kehidupan di usia 20-anmu terlalu berharga jika tak dilewati dengan penuh canda tawa

Biar nggak stress~ via www.unsplash.com

Meskipun hidup di usia 20-an sudah banyak cobaan dan masalah yang sering membuatmu resah, namun jangan lupa selalu menyempatkan diri untuk tertawa. Kamu akan termasuk orang-orang yang merugi apabila selama usia 20-anmu jika tak memiliki hal ini. Banyak hal yang bisa membuatmu tertawa atau menertawakan kehidupan. Guys, hidupmu terlalu berharga jika hanya dilewatkan secara monoton dan tanpa canda tawa.

8. Quality time bersama keluarga. Mumpung masih muda kamu bisa sering-sering menghabiskan waktu bersama mereka

sama mama via huffingtonpost.com

Memang sih di usia 20-an kamu lagi sibuk-sibuknya, namun jangan melupakan quality time untuk keluarga ya? Selagi kamu masih sendiri kamu harus banyak-banyak untuk menciptakan quality time bersama keluarga tercinta. Kalau kamu menundanya, belum tentu ‘kan besok-besok kamu masih diberi kesempatan untuk menikmati waktu berkumpul bersama mereka?

Nggak perlu galau apalagi malu jika kamu masih single di usia 20-an. Selagi kamu telah memiliki hal-hal ini, hidupmu akan lebih berarti.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya