Gaya Hidup Di Era Globalisasi dan Ciri-Ciri Masyarakat Modern

Sikap Masyarakat Millenial Di Zaman Modern

Ada banyak gaya hidup dalam kehidupan kota, baik di kehidupan sekolah atau kampus, keluarga, maupun masyarakat. Namun yang paling mencolok adalah gaya hidup modern yang mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu, untuk lebih memahami tampilan gaya hidup modern, perlu dipahami terlebih dahulu arti dari “gaya hidup modern”. Gaya hidup modern adalah perilaku sehari-hari manusia terkini sesuai dengan kebutuhan zaman. Jadi, apa persyaratan dari era modern ini? Beberapa dari mereka menghargai waktu dan terbuka untuk perkembangan dan kemajuan, mereka terus belajar karena dunia terus berkembang.

Advertisement

Adapun bentuk gaya hidup modern yang perlu saya pahami adalah yaitu yang pertama menjadikan status itu penting. Salah satu bentuk gaya hidup modern di kota adalah bahwa identitas seseorang ditandai dengan kehadiran dan segala sesuatu yang dikenakannya, seperti mobil, telepon genggam (Hp), dll.

Yang kedua yaitu terjadinya mobilitas tinggi. Pagi di Makassar, siang di Palu, keesokan harinya di Gorontalo, lalu di Manado. Intinya mengegelingi Pulau Sulawesi. Bahkan juga mengelilingi se-Indonesia. Inilah contoh mobilitas masyarakat modern di kota.

Yang ketiga yaitu terkadang ngobrol di tempat tertentu. Contohnya kafe seperti kedai kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern.

Advertisement

Yang keempat yaitu terkadang jika seseorang punya pasangan, maka ia mau pernikahannya yang hebat. Masyarakat modern menganggap pernikahan ini sebagai salah satu momen dalam hidup mereka yang perlu dirayakan secara besarbesaran.

Yang kelima yaitu orang yang ingin sukses, pasti menginginkan gelar yang luar biasa. Yaitu wisuda. Jika dulunya hanya bagi mereka yang menyandang gelar sarjana, maka wisuda kini menjadi salah satu cara hidup untuk merayakan kelulusan dari jenjang pendidikan yang lebih rendah. Tidak hanya untuk pelepasan lulusan SMA, pelepasan lulusan taman kanak-kanak juga seolah menjadi acara wajib wisuda.

Advertisement

Yang keenam yaitu suatu keadaan yang tidak ingin merepotkan yaitu gaya hidup instan. Gaya hidup instan adalah gaya hidup yang berharap bisa bergerak cepat

Yang ketujuh yang menurut saya hal yang seseorang banyak lakukan ialah gaya hidup menggunakan teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi telah mengalami perkembangan yang luar biasa dan telah membantu membentuk cara hidup baru di dunia modern

Selain itu, ada karakteristik masyarakat modern. Yang dimana saya dapat memahami ciri-ciri masyarakat perkotaan yang mengalami perubahan gaya hidup akibat modernisasi. Yakni pertama, Adanya netralitas yang efektif. Jika mereka tidak ada hubungannya dengan kepentingan pribadi, harap abaikan bahwa mereka tidak peduli dengan lingkungan mereka.

Setelah itu yang kedua diarahkan dengan sendiri. Tekankan minat Anda sendiri. Jika mereka dianggap telah melanggar kepentingannya sendiri, mereka akan menentangnya tanpa ragu.

Selanjutnya yang ketiga yaitu universalisme. Berpikirlah secara objektif dan terima secara objektif. Masyarakat cenderung mengambil tindakan secara obyektif berdasarkan aturan atau kondisi yang ada

Yang keempat yaitu prestasi. Penduduk kota senang mengejar prestasi, karena dengan berprestasi, orang akan terpacu untuk maju.

Baru yang terakhir adalah kekhususan. Menunjukkan sikap yang jelas dan tegas dalam hubungan interpersonal, artinya maksud atau niat telah dinyatakan secara sederhana.

Kita tahu bahwa hampir semua anak muda saat ini, tepatnya di Indonesia, telah memulai gaya hidup yang tidak sesuai dengan daerah atau negara tempat mereka tinggal. Mereka hanya fokus pada trend fashion terkini dan fokus mencari pujian yang menyebut mereka gaya modern.

Oleh karena itu di era yang serba modern ini, kita sebagai remaja harus mampu memajukan negara Indonesia dengan cara mengenalkan budaya yang kita miliki ke negara lain. Intinya kita harus menunjukkan kepada negara lain bahwa Indonesia memiliki banyak budaya dan ada tempat-tempat bagus dan menarik yang tidak kalah dengan negara lain. Hindari juga penggunaan narkoba atau pergaulan bebas yang dapat merugikan Anda. Jangan lupa pilih teman yang tepat, yaitu teman yang bisa memberikan dampak positif bagi kita

Dari penjelasan ini, Anda mungkin memahami gaya hidup modern. Yang perlu Anda ketahui tentang aspek positif gaya hidup modern, termasuk rasa hormat terhadap waktu, kerja keras, kompetisi olahraga, penghargaan dan prestasi, peningkatan produktivitas, dan perubahan pesat untuk kemajuan, serta terus maju dan terbuka terhadap semua hal baru yang belum muncul. Anda tahu sebelumnya

Selalu ingatlah kepada yang Maha Pencipta, karena atas izin-Nya kita dapat merasakan kehidupan di dunia ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

SEORANG MAHASISWA YANG BELAJAR DIKAMPUS UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

CLOSE