Papua terkenal dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah, termasuk di dalamnya adalah kekayaan flora dan fauna. Bagaimana tidak, Papua sebagaian besar merupakan hutan hijau yang masih alami. Beberapa tanaman khas Papua dikenal oleh masyarakat mampu meningkatkan vitalitas dan kesuburan. Sehingga banyak orang dari berbagai penjuru negeri mencari tanaman-tanaman khas Papua tersebut.

 

Advertisement

Berikut tanaman khas Papua yang berkhasiat meningkatkan vitalitas dan Kesuburan.

 

  1. Buah Merah
Advertisement

Buah merah disebut oleh masyarakat Papua sebagai Buah keajaiban. Dikarenakan buah ini kaya akan manfaat untuk kesehatan. Buah merah memang kaya akan antioksidan dan asam lemak (omega-3 dan omega-9). kedua senyawa tersebut mampu membantu tubuh menangkal radikal bebas yang sering menyebabkan kerusakan sel.

 

Beberapa khasiat buah merah yang sudah terbukti adalah untuk meningkatkan stamina tubuh. Penelitian yang dilakukan Drs. I made Budi ,M.Sc, seorang dosen di Universitas Cendrawasih menunjukan bahwa penduduk Wamena yang rutin mengkonsumsi buah merah memiliki tubuh yang sehat, bugar dan kekar.

 

Buah merah juga dipercaya dapat meningkatkan fertilitas dan hasrat untuk melakukan hubungan seksual di pria. Khasiatnya bahkan bisa dirasakan dalam 15 menit setelah mengkonsumsi buah merah. Kandungan vitamin E didalam buah merah akan membantu meningkatkan produksi sperma.

 

Buah merah dikonsumsi dengan merebus buahnya kemudian air rebusannya diminum. Atau sekarang sudah banyak dijual sari buah merah sehingga lebih praktis dan mudah  dalam mengkonsumsinya.

 

  1. Kayu Akway

Kayu Akway yang mempunyai nama latin Drymis sp dikenal sebagai obat herbal yang menurut masyarakat Papua sangat bermanfat untuk laki-laki. Kayu Akway mempunyai kandungan tannin, flavonoid, saoponin,sterol,alkaloid dan tanian. Salah satu khasiat yang terkenal adalah mampu meningkatkan kejantanan pria, selain itu juga meningkatkan kesuburan pria.

 

Kayu Akway memiliki sifat afrodisiak sehingga mampu meningkatkan produksi hormon laki-laki. Manfaat lain dari kayu akway adalah bisa mengurangi rasa nyeri saat haid dan mengatur kehamilan. Cara konsusmsi Kayu akway adalah dengan cara diseduh. Jadi kayu akway sudah dikeringkan kemudian dikerik supaya diperoleh serbuk halus. Serbuk inilah yang kemudian diseduh untuk diminum.

 

  1. Rumput Keybar

Rumput kebar mempunyai nama latin Biophytum petersianum Klotzsch . Tumbuhan ini banyak ditemukan di Distrik Kebar Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat. Mama-mama Papua di daerah tersebut biasa merebus rumput kebar kemudian dikminum air rebusannya

 

 Kandungan Vit E dan senyawa golongan flavonoid didalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang bisa memacu pertumbuhan dan kesuburan kandungan Vit-B12, asam folat, Vit-C , Vit-E dan B6 mampu membantu meingkatkan kualitas sperma dan kesuburan pada wanita. Vit-E di dalamnya menjaga kesehatan dinding rahim dan plasenta. Sehingga dapat mencegah keguguran. Untuk mendapatkan khasiat rumput kebar dengan cara merebus dan meminum airnya secara teratur.

 

Nah itulah 3 tumbuhan khas Papua yang dikenal  mempunyai khasiat untuk mengingkatkan vitalitas dan kesuburan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya