Dalam sebuah hubungan, pertengkaran adalah sesuatu yang wajar sekali terjadi. Karena bagaimanapun menyatukan dua pribadi bukanlah perkara yang mudah. Ada begitu banyak konflik yang pasti menghadang. Jika kamu dan pasangan bisa menghadapi bersama, sudah dipastikan hubungan kalian akan semakin kuat. Banyak hubungan yang berakhir atau mengalami kegagalan karena mereka tidak bisa menghadapi setiap konflik atau pertengkaran yang terjadi.

Buat kamu dan pasangan ada baiknya simak beberapa tips yang dapat dilakukan ketika kamu dan pasanganmu sedang bertengkar. Cara ini cukup ampuh lho guys meminimalisir konflik atau pertengkaran yang berkepanjangan. Di jamin hubunganmu dan pasangan akan langgeng.

Berikanlah Telingamu untuk Lebih Banyak Mendengar

Pernah nggak kamu berpikir kenapa manusia hanya diberikan satu mulut dan dua telinga? Hal ini supaya kita lebih banyak mendengar dari pada berbicara. Pada umumnya saat terjadi pertengkaran kamu akan lebih banyak berbicara. Emosi yang menguasai diri akan membuat orang menjadi gelap mata, tidak mau melihat dan berpikir menggunakan logika. Itulah mengapa pertengkaran selalu menjadi sebab berakhirnya hubungan. Tidak ada yang mau mengalah, memberikan telinganya untuk mendengar.

So, buat kamu yang sering bertengkar dengan pasangan cobalah singkirkan sejenak egomu, bukalah telingamu untuk mendengarkan satu alasan dari pasangan. Untuk kali ini berpikirlah menggunakan logika, jangan merasa seolah-olah kitalah korban yang tersakiti. Hanya mereka yang berjiwa besar yang mau memberikan dirinya untuk lebih banyak mendengar dari pada berbicara.

Advertisement

Posisikanlah Dirimu ada di Posisi Pasangan

Ada berbagai macam sumber pertengkaran, baik itu yang berasal dari masalah-masalah yang sepele maupun masalah yang kita anggap besar. Percayalah, ada alasan dibalik sebuah permasalahan. Belajarlah memposisikan dirimu pada posisi pasangan jika memang pasanganmu benar melakukan kesalahan yang memicu sebuah pertengkaran. Jika pada faktanya pasanganmu terbukti melakukan kesalahan yang membuatmu marah, marahlah secara elegan. Jangan sampai kemarahanmu menghakiminya secara sepihak.

Pernahkah kamu mencoba memposisikan sebagai pasanganmu yang sedang melakukan kesalahan dan memicu menjadi sebuah pertengkaran. Berpikir positif dan belajarlah memandang sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Mungkin ada alasan lain kenapa pasanganmu melakukan hal itu.

So, berpikirlah dengan kepala dingin, nggak selalu kemarahan membawa dampak buruk bagi pertengkaran.

Tidak selalu Silent Is Gold

Ada orang yang mengatakan diam adalah emas, tapi ini tidak berlaku bagi kalian yang yang sedang bertengkar dengan pasangan. Diam saat adanya pertengkaran atau konflik tidak akan menyelesaikan masalah, yang ada hanya akan menimbulkan sumber permasalahan baru.

Ini adalah salah satu jurus andalan yang kerap di pakai cewek ketika marah dengan pasangan. Membiarkan pertengkaran dan konflik secara berlarut-larut juga tidak akan membawa perubahan apapun dalam hubungan. Buanglah gengsi dan egomu, bangunlah komunikasi dengan pasangan.

Saya percaya tidak ada permasalahan yang tidak ada jalan keluarnya, yang jadi pertanyaan maukah kita sedikit menyingkirkan gengsi untuk duduk bersama mencari solusi dari sebuah permasalahan?

So, ngambek dan ngediemin pasangan bukanlah suatu solusi yang guys kalo sedang bertengkar.

Keep Calm and Be Positive

Pikiran negatif ditengarahi menjadi sumber dari pertengkaran. Dari pada sibuk berasumsi dan membayangkan hal-hal negatif, alangkah lebih baik jika kamu berikan kesempatan pada pasanganmu buat menjelaskan duduk permasalahannya. Jangan sampai kamu mendengar penjelasan malah dari orang lain, hal ini akan memperburuk keadaan.

Hubungan yang sukses terjadi jika kedua individu mampu bersikap dewasa dan objektif dalam memandang sebuah permasalahan. Ketika kamu dan pasangan sepakat untuk berkomitmen sudah sepatutnya kalianlah yang harus menjaga hubungan secara bersama-sama.