Kamu punya hobi traveling? Atau pekerjaanmu menuntut untuk sering berpergian dari satu kota ke kota lain? Pasti sangat menyenangkan bukan? Tapi, jadwal yang padat dan ketat karena sering berpergian, membuat kita sering menghadapai kesulitan dalam beribadah. Bukan hanya faktor lupa, tapi juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya, seperti lokasi terpencil, tak tersedianya tempat peribadahan dan masih banyak lainnya.

Nah, kira-kira apa saja hal yang sering membuat kita bingung saat ingin beribadah ketika sedang dalam sebuah perjalanan? Ini dia jawabannya.

Advertisement

1. Pengingat waktu sholat

Berbeda tempat, tentu berbeda pula waktu salatnya, apalagi bila daerah yang kita kunjungi memiliki perbedaan waktu yang sangat jauh anatara satu dengan yang lain. Tak perlu repot bertanya pada penduduk sekitar, bila kita tidak memiliki akses dekat dengan masjid ,sehingga tidak bisa mendengarkan adzan sebagai pengingat waktu salat. Fitur pengingat sholat pada aplikasi panduan muslim, bisa memberikan informasi salat wajib 5 waktu (subuh, dzuhur, ashar, magrib, isya) dengan nada ringtone azan yang bisa disesuaikan dengan suara muazin dari berbagai negara. Keren kan?

Advertisement

2. Petunjuk arah kiblat

Sering berpergian ke tempat-tempat baru untuk bekerja ataupun traveling, memang sangat menyenangkan dan bisa menambah khasanah kita dalam menjalani kehidupan. Tetapi, bila sudah berpergian terlalu jauh dan sepi, kita akan selalu menemui kesulitan dalam menentukan arah kiblat ketika waktu salat tiba. Tapi, tidak untuk saat ini dan seterusnya, aplikasi panduan muslim memiliki fitur petunjuk arah kiblat yang bisa memberikan informasi akurat saat akan melaksanakan sholat di manapun kita berada. Jadi, walaupun kita pergi ke belahan dunia mana pun, sensor kompas dan GPS yang terintegrasi dalam aplikasi itu bisa membantu kita dalam memecahkan masalah ini.

3. Petunjuk lokasi makan atau beribadah terdekat

Mendadak lapar di sebuah tempat yang baru dan mayoritas penduduknya non muslim? Tak usah khawatir, manfaatkanlah fitur petunjuk lokasi pada aplikasi panduan muslim, karena aplikasi ini terintegrasi dengan system pemetaan google maps yang mampu menyuguhkan informasi tempat makan halal terdekat, sehingga kita tidak perlu khawatir dengan menu-menu yang sebaiknya tidak kita makan demi alasan keagamaan. Tak hanya sampai di situ, aplikasi ini pun mampu menunjukkan letak masjid terdekat lengkap dengan navigasinya.

4. Membunuh waktu dalam keadaan menunggu

Ketika berpergian dengan menggunakan transportasi umum, waktu kita akan banyak dihabisan untuk menunggu, karena kita harus menunggu jadwal keberangkatan yang sudah ditentukan. Walaupun jadwal sudah ditentukan, tak jarang kita juga menghadapi halangan lain, sehingga diharuskan menunggu untuk beberapa waktu. Misalnya keberangkatan yang ditunda atau delay ketika berpergian menggunakan pesawat terbang. Nah, dalam waktu-waktu menunggu ini selain salat ketika waktunya tiba, kita bisa gunakan untuk membaca Al Quran. Tak perlu repot membawa alquran setiap berpergian, aplikasi panduan muslim memiliki fitur andalan yaitu Al Quran digital. Dengan aplikasi in,i kita bisa membaca, mendengar dan memahami makna setiap ayat di manapun kita berada. Tak hanya itu, fitur Al Quran digital ini juga terdapat tuntunan membaca dalam huruf latin, terjemahan, serta murotal Quran oleh ulama-ulama terkemuka. Bahkan ada petunjuk tuntunan Tajwid sehingga kita bisa terus mengasah kemampuan kita dalam membaca Al Quran.

Konten Al Quran pada aplikasi panduan muslim sudah berpedoman dengan regulasi yang di anjurkan oleh Lajnah Tashih Quran Kementrian Agama, serta sudah dilengkapi dengan hukum tajwidnya.

Aplikasi panduan muslim ini semakin lengkap dengan adanya fitur Kalender Hijriah, Asma Al-Husna: 99 nama Allah dan terjemahannya, Kisah lengkap para 25 Nabi, Tasbih Digital, Panduan lengkap doa, dan tata cara berwudhu hingga Kalkulator Zakat yang bisa membantu kita dalam menghitung zakat profesi, perdagangan, emas dan tabungan. Nah, mulai sekarang manfaatkanlah berbagai kebaikan aplikasi panduan muslim sehingga kita bisa terus beribadah walaupun sedang dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya