Aneka Seafood Perairan Pacitan

Seafood Segar Dijamin Bikin Ketagihan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi lautan dengan segala sumber daya alamnya menjadikan negara tropis ini sebagai negara maritim yang kuat. Berbagai macam biota laut baik yang bisa dikonsumsi maupun sebagai hiasan bawah laut tidak terhitung jumlahnya. Dengan fakta tersebut menjadikan kita tidak kesulitan dalam mengkonsumsi protein hewani dari laut. Indonesia yang juga dikenal dengan cita rasa masakan yang berempah semakin membuat kita kaya masakan khas daerahnya.

Advertisement

Salah satu kota di selatan jawa, dengan perbatasan laut lepas tepatnya Kota Pacitan. Kota dengan segala keindahan yang menyajikan wisata alam utamanya pantai tentu tidak lepas dari kuliner lautnya. Beragam seafood segar tiap harinya tersedia dan siap untuk diolah. Wisatawan yang berkunjung juga akan disuguhkan restoran maupun rumah makan sederhana dengan keistimewaan pemandangan laut yang membuat mata terpana. Hidangan laut yang beragam dengan cita rasa nikmat disandingkan dengan pemandangan alam yang eksotis semakin memanjakan para wisatawan.

Pacitan sendiri memiliki banyak spot favorit dalam berburu seafood baik mentah maupun sudah diolah matang. Pantai Teleng Ria merupakan salah satu destinasi untuk berburu seafood olahan, mulai dari ikan goreng dengan berbagai pilihan, udang goreng, cumi goreng, kerang, lobster dan masih banyak olahan lain yang disajikan. Tetapi Pacitan juga memiliki menu khas yang sangat cocok disandingkan dengan seafood goreng yaitu nasi thiwul sambal bawang. Disajikan hangat dengan es kelapa muda yang segar semakin menambah cita rasa kenikmatan.

Advertisement

Olahan lain yang sering dijumpai adalah sayur ikan kelong, dimasak dengan santan dan bercita rasa pedas semakin menambah sensasi lezatnya. Untuk teman-teman yang masih asing dengan ikan kelong jadi nama lain dari ikan ini adalah ikan hiu. Dengan tekstur daging yang lembut dan kulit ikan yang sedikit kenyal membuat ikan ini menjadi salah favorit wisatawan maupun warga setempat. Ikan kelong ini tidak hanya diolah dengan kuah santan, tetapi juga digoreng dengan tepung singkong. Di pinggir jalan menuju pantai banyak dijumpai pedagang ikan kelong goreng ini, dijual dengan sambal kecap khas Pacitan membuat ikan ini sering menjadi primadona untuk dijadikan oleh-oleh.

Destinasi untuk berburu seafood mentah dan segar juga tidak kalah banyak. Salah satunya adalah Pelabuhan Pacitan, setiap harinya nelayan menurunkan ikan hasil tangkapan. Dengan harga yang miring bahkan bisa dikatakan murah kitab isa mendapatkan seafood yang kita inginkan. Buat temen-temen daripada penasaran yuk langsung cobain aja ke Pacitan. Liburan sekaligus kulineran santai membuat kita akan serasa dimanjakan. Jangan khawatir tentang cita rasanya, semua dijamin lezat dan fresh. Jangan lupa cobain ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE