Belajar Memaklumi Perubahan Pada Diri Seseorang. Kita Tak Pernah Tahu Apa Isi Hati Seseorang~

Sejatinya, yang abadi adalah perubahan

Kalian pernah nggak sih ngalamin orang terdekat kalian atau orang di sekitar kalian berubah. Misal temen kalian yang dulunya deket banget tapi sekarang nggak sedeket itu lagi. Pasti rasanya sedih dan sering kali bikin kita ngerasa nggak enak hati. Sering mikir kita ini aslinya salah apa sih? Kenapa dia berubah?

Advertisement



Mulai sekarang berhenti deh mikir kayak gitu. Kenapa? Jadi gini, manusia itu pasti berubah seiring berjalannya waktu. Bukan berubah jadi buah-buahan loh yaa, tapi pasti semua orang akan berubah. Entah itu sikapnya, pola pikirnya dan lain sebagainya.



Aku pernah denger perkataan salah satu dosenku di kampus, beliau mengatakan Yang abadi adalah perubahan. Iya, aku setuju dengan kata-kata itu. Semua yang ada di dunia ini pasti mengalami proses perubahan.

Contoh kecilnya aja deh, dulu kita dilahirkan sebagai seorang bayi yang belum mengerti apa-apa. Seiring berjalannya waktu kita perlahan-lahan berubah menjadi balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan tua nantinya. Kita yang dulunya nggak tau apa-apa, sekarang bisa tau banyak hal mungkin dari sekolah, dari cerita orang, atau mungkin dari media sosial. Dan masih banyak lagi contoh perubahan yang terjadi di diri kita.

Advertisement

Jadi, ketika kita ngerasa bahwa temen kita atau orang terdekat kita berubah sikapnya yang harus kita lakuin pertama adalah tidak terburu-buru mengambil kesimpulan penyebab mereka jadi kayak gitu atau bahkan sampai merasa bersalah. Kalian bisa coba tanya ke mereka, kenapa? Ada masalah apa? Kalau mereka nggak mau ngasih jawaban, ya hargai keputusan mereka dan jangan memaksa.

Kedua, refleksi diri, kira-kira kalian ada salah nggak sama mereka? Kalau ada jangan sungkan untuk meminta maaf tetapi kalau nggak yaa sudahlah biarkan saja. Ketiga, jika dirasa kita nggak ada bikin salah ke mereka dan intinya mereka memang berubah, ya just let it be.

Advertisement



Ketika mereka memang memilih untuk berubah dan menjadi versinya yang terbaru, mungkin itu adalah pilihan terbaiknya. We never know dibalik itu semua mereka ngalamin apa aja di hidupnya? Jadi sebagai temen yang baik, kita harus menghargai keputusan dia.



Simplenya, kalau kita emang masih pengen temenan sama mereka ya cukup terima dengan versi mereka yang sekarang, dan kalo kita udah nggak mau temenan yaa silakan juga. Intinya jangan pernah berpikiran negatif terhadap perubahan seseorang, karena ya we never know apa yang udah dia lalui. Jangan lupa juga menyayangi diri sendiri, ketika kita ngerasa ada sesuatu yang sampai bikin kita terluka, sakit hati, lebih baik tinggalkan yaa. Self love first!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE