Kesan pertama bertemu dengan calon mertua harusnya berdampak positif karena hal ini bisa mempengaruhi jenjang hubungan antara kamu dengan kekasih. Alasannnya, karena jika calon mertua sangat menyukai kamu perjalanan hubungan cinta yang di jalani akan direstui. Namun sebaliknya jika kesan pertama saja mereka tidak respek, pasti hubungan kalian akan banyak rintangan dan hambatan untuk mencoba ke dalam jenjang berikutnya.

Nah pas banget nih buat kalian yang ingin serius menjalin hubungan dengan kekasih. Saat pertama kali diajak kekasih untuk bertemu keluarga besarnya. Khususnya untuk calon mertua perlihatkan kesan positif agar mendapatakan restu. Kali ini papasemar akan memberikan tips untuk mendapatkan hati calon mertua saat pertama kali bertemu.

1. Sebelum Berkunjung, Jangan Lupa Bertanya Kepada Keluarga Kekasih Mengenai Calon Mertua dan Keluarganya

Tanyakan kepada kekasih kesukaan calon mertua agar hubungan kalian mendapat lampu hijau.

Advertisement

Sebelum berkunjung ke rumah kekasih, lebih baik tanyakan terlebih dahulu bagimana sifat keluarganya. Terlebih lagi kesukaan orangtua kekasih, bahkan hal-hal yang tidak disukainya. Apabila mereka memiliki sifat serius, maka saat pertema kali bertemu jangan sampai kamu bersikap terlalu sering bercanda, atau jika mereka sangat disipilin terhadap apapun. Saat mengunjunginya lebih baik datang tepat waktu dan jangan sampai terlambat. Hal ini akan membuat kamu mendapat nilai plus di mata mereka

2. Kenakan Kostum yang Rapi Jika Bertemu Dengan Calon Mertua

Calon mertua akan sangat senang jika kamu menggunakan pakaian yang rapi ketika mengunjungi mereka.

Advertisement

Saat pertama kali bertemu dengan keluarganya, sebisa mungkin kenakan pakain yang rapi. Namun jangan terlalu formal juga. Jangan sampai mengenakan pakain yang terlalu terbuka atau berantakan. Perhatikan juga tema acaranya apa. Intinya jangan sampai kamu salah kostum saat bertemu dengan orangtua kekasih. Seperti halnya jika kamu ingin membeli buku, pasti hal yang pertama dilihat adalah cover-nya dahulu. Jika calon mertua melihat kamu sopan, rapi dan elegan. Mereka akan terkesan lalu merasa bahwa anaknya cocok dengan dirimu.

3. Jangan Lupa Membawakan Buah Tangan untuk Calon Mertua

Calon mertua akan merasa sangat diperhatikan saat pertama kali bertemu kamu membawa buah tangan untuk mereka

Jika akan bertemu dengan orangtua kekasih, apalagi ini yang pertama kali. Usahakan jangan membawa tangan kosong saat pertama kali bertemu. Belilah sesuatu yang disukai orangtua kekasih, khususnya ibu. Alasannya, agar kita terkesan memperhatikan mereka dan juga menambah nilaI positif di mata mereka. Misalnya belikanlah kue atau buah-buahan. Calon mertua juga akan senang menerima buah tangan yang dibelikan oleh calon menantunya, karena akan membuat mereka menganggap bahwa kita tidak pelit atau perhitungan kepada keluarga seseorang yang akan menjadi bagian hidup kamu.

4. Bersikaplah Sopan Terhadap Calon Mertua

Berbuatlah sesopan mungkin di hadapan calon mertua agar mereka respect

Cobalah untuk bersikap sopan kepada keluarga kekasih. Misalnya jangan melakukan gerakan tubuh yang bisa menyinggung perasaan mereka, atau jika ditanya sesuatu oleh orangtua kekasih usahakan jawab dengan intonasi yang jelas. Jika topik pembicaraan sedang serius kamu juga harus menjawa dengan serius, jangan sampai tertawa tidak jelas. Contoh lainnya jika ingin menjawab “ya” usahakan menjawab dengan pas dan sopan. Jangan sampai menjawab “he-eh” atau hanya mengangguk saja. Lalu jangan sungkan untuk mengatakan “terima kasih” dan juga “silahkan” kepada keluarganya.

Jika ada perjamuan makan, saat acara makan bersama sudah selesai. Namun, tak ada pembantu rumah tangga di rumahnya. Cobalah membantu ibu mertua dengan membawakan perlengkapan makan yang kotor atau membantunya mencuci piring. Percayalah, hal-hal kecil seperti ini akan membekas dalam ingatan mereka dan tak akan banyak pikir lagi untuk merestui hubungan kalian.

5. Jaga Hubungan Komunikasi Dengan Calon Mertua dan Keluarganya

Jika hubungan antara kamu dan calon mertua lancar, komunikasi pun akan ikut terjalin

Mencoba untuk mengenal keluarga kekasih merupakan suatu keharusan agar hubungan yang kalian jalani tidak berhenti ditengah jalan. Cobalah saat pertama bertemu dengan orangtua kekasih ketika sedang mengobrol. Jaga hubungan komunikasi yang baik terhadap mereka. Misalnya, saat sedang asyik berbicara dengan mereka,jangan sampai bersendawa, terlalu sering melihat jam tangan, atau duduk dengan kaki yang terlalu terbuka.

Usahakan untuk menatap matanya jika sedang berbincang dengan orangtua kekasih. Jangan sampai mata kamu jelalatan menatap ruangan di rumahnya. Lalu usahakan untuk jangan berdiskusi hal-hal aneh. Misalnya politik, agama atau hal lainnya. Kecuali jika kamu dites tentang pengetahuan tersebut. Apalagi jika membicarakan soal pornografi. Dijamin deh, orangtuanya akan melarang anaknya untuk berhubungan dengan dirimu.

6. Jujurlah Tehadap Identitas Diri Pada Calon Mertua

Jangan menjadi orang lain untuk mendapat kesan yang positif dari calon mertua

Jika bertemu pertama kali dengan calon mertua, pastinya mereka ingin tahu asal-usul seseorang yang akan menjadi calon pendamping anaknya. Jujurlah terhadap identitas kamu yang sebenarnya. Misalnya pekerjaan orang tua, dari daerah mana kamu berasal, tinggal di mana, pendidikan, memiliki berapa saudara berapa serta apa pekerjaan kamu adalah hal yang pasti ditanyakan. Jangan sampai membuat scenario untuk membohongi mereka. Walaupun sangat hak itu sangat tidak menyenangkan. Jika kita berbohong suatu saat akan ketahuan. Malah akan sulit mendapat restu dari mereka.

7. Jangan Terlalu Sok Akrab dengan Calon Mertua

Calon mertua akan memandang dirimu aneh, jika terlalu akrab terhadap mereka

Jangan karena pikiranmu ingin mendapatkan hati orangtua kekasih lantas kamu melupakan pacarmu begitu saja. Kamu juga harus berbicara dan memperhatikan kekasihmu keluarganya memperhatikan bagaimana ia bisa jatuh cinta dengan kamu. Ingat, ini pertama kalinya kamu bertemu dengan mereka, jangan kerena kamu terlalu ingin mencairkan suasana malah membuat dirimu membuka aib sendiri.Nantinya akan dipandang buruk oleh calon mertua serta keluarga kekasih.

8. Jangan Bersifat Angkuh, Lebih Baik Cobalah untuk Meminta Saran Kepada Calon Mertua

Calon mertua menjadi tak simpati jika kamu bersikap sombong

Jangan sampai terjadi suatu persaingan antara kamu dengan orangtua kekasih, ibu mertua. Misalnya memberitahukan kelebihan dirimu dengan nada angkuh dan sombong. Hal ini akan membuat ibu mertua merasa tak dihargai. Jangan mentang-mentang kamu kekasih anaknya, lantas bisa berbuat seperti itu. Cobalah untuk meminta saran kepada ibu mertua tentang makanan kesukaan si anak, atau kesukaan kekasih yang diketahui oleh ibunya. Calon mertua kekasih sama halnya dengan orang tua kalian sendiri yang sudah memiliki banyak pengalaman tentang getirnya kehidupan.

9. Santai Saja Saat Berbicara dengan Calon Mertua

Calon mertua juga manusia, jadi jangan terlalu grogi dihadapan mereka

Memang sih saat bertemu dengan orangtua kekasih untuk pertama kali akan ada rasa gugup atau nervous yang berlebihan. Tapi santai saja guys, jangan terlalu memperlihatkan grogi yang dirasakan. Malah akan membuat kamu tidak fokus pada pembicaraan. Jangan sampai membuat kamu menjadi orang lain. Misalnya, hal-hal yang memperburuk suasana seperti menjawab pertanyaan dari mereka dengan kata-kata yang belibet, menjatuhkan barang-barang sekitar. Santai saja sob, tarik nafas dalam-dalam. Anggap saja kamu sedang berbicara dengan orangtua sendiri.

Mendapatkankan kesan yang bagus bagi calon mertua akan memperlancar hubungan ke jenjang yang lebih serius lagi nih guys, karena jika sudah menikah nanti mereka akan menjadi orangtua kalian juga. Jadi jangan sampai bersikap buruk dihadapan mereka yah!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya