Buat kalian yang sedang melakukan diet, sebaiknya baca dulu penjelasan terkait mitos yang sudah terlanjur dikenal masyarakat, sebagai sesuatu yang di percaya dapat menjadikan tubuh kalian makin gendut. Apa saja sih mitos itu?

Air es bikin gendut

Salah kaprah ini sudah terlanjur melekat di masyarakat. Banyak yang mengatakan jika terlalu banyak minum air es malah bikin gendut atau membuat perut semakin membuncit. Benarkah begitu?

Beberapa sumber menyebutkan baik air es atau air panas yang diminum maka suhunya akan menyesuaikan dengan suhu tubuh. Tidak ada yang mengatakan jika air es dapat membekukan lemak dalam tubuh, begitu juga kebalikannya. Banyak orang yang mengatakan minum air hangat akan membuat tubuh menjadi awet langsing, padahal tidak ada air panas yang dapat mencairkan atau mengurai lemak dalam tubuh.

Fakta yang harus kalian tau sebenarnya tentang salah satu yang bikin gendut adalah jika kalian mengkonsumsi air es yang mengandung gula ataupun soda. Pemanis dalam minuman dingin inilah yang di tengarai penyebab perutmu semakin menjadi-jadi.

Advertisement

Agar tubuh awet langsing atau tidak cepat gendut, penting sekali buat konsumsi air secukupnya, idealnya sih 8 gelas per hari, tentu harus diimbangi juga dengan pola hidup sehat lain seperti olahraga, dan konsumsi makanan sehat.

So, buat kalian yang selama ini masih terjebak dalam mitos ini, nggak perlu khawatir lagi kalau pengen mengkonsumsi air es.

Makan malam bisa bikin gendut

Anggapan ini sudah dikenal banyak orang, mungkin kamu juga salah satunya. Banyak orang yang menghindari makan malam demi suksesnya sebuah upaya diet, padahal faktanya bukan terletak pada jam berapa makan malamnya namun berapa banyak kalori yang dikonsumsi saat makan malam tersebut.

Saat kita mengkonsumsi makanan, tubuh akan menyimpan kelebihan kalori dalam bentuk lemak. Untuk itu penting sekali menjaga keseimbangan antara kalori yang masuk dan keluar.

Stop berasumsi jika malan malam akan membuat perut semakin membuncit, karena selama asupan kalori tidak melebihi kebutuhan kalori harian semua masih bisa diatasi. Dan yang harus selalu diingat yaitu jangan melupakan olahraga secara teratur.

Tidur setelah makan bisa bikin gendut

Kalian pasti sering mendengar jika tidur setelah makan akan membuat tubuh menjadi gendut. Faktanya istirahat adalah saat bagi tubuh untuk melakukan metabolisme yang dapat membantu kerja organ tubuh lainnya.

Proses bertambahnya berat tubuh juga tidak terjadi secara instan, bukan berarti setelah makan kemudian langsung tidur lantas keesokan harinya jadi gendut. So, jangan khawatir berat badan semakin bertambah ya selama aktivitas makan selalu diimbangi dengan aktivitas gerak yang seimbang.

Pengen kurus, kurangi makan!

Ini adalah mitos yang sangat keliru, namun tetap banyak dilakukan. Kalian tentu juga akan berpikir, mengurangi makan bahkan tidak makan sama sekali akan membuat berat badan berkurang. Dengan kata kalin diet selalu identik dengan mengurangi porsi makan.

Padahal faktanya tidaklah demikian, diet bukan semata-mata mengurangi seberapa banyak porsi yang kita makan tapi lebih pada mengurangi asupan kalori yang dikonsumsi. Satu hal yang harus diingat, jangan sampai kalian mengurangi asupan kalori secara ekstrem karena hal ini akan membuat tubuh kehilangan tenaga. Alhasil, kalian akan merasa lemas dan tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Percayalah, mengurangi porsi makan hanya akan membuatmu makan dua kali lebih banyak setelahnya. So, makanlah selama masih wajar, dan pilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

Terjebak dengan label

Kita percaya jika makanan yang berlabel rendah lemak, rendah kalori, low sugar, low fat, low carb adalah makanan yang sehat. Sehingga kita tergiur buat mengkonsumsinya. Padahal faktanya tidak selalu makanan yang berlabel seperti ini adalah makanan sehat. Biasanya makanan ini mengandung bahan lain, seperti gula, kalori, ataupun zat aditif lain yang lebih tinggi.

Karena merasa jika makanan ini layak dikonsumsi, maka kalian akan cenderung mengkonsumsinya dalam jumlah yang lebih banyak tanpa perasaan bersalah. So, mulai sekarang thing smart ya gays dalam milih makanan.