Stres adalah sebuah gangguan psikis yang di tandai dengan ketegangan fisik akibat dari tekanan yang berlebih. Ada berbagai macam faktor yang di tengarai menjadi peyebab stres, mulai dari permasalahan keluarga, pekerjaan yang menumpuk, aktifitas yang begitu padat, sampai permasalahan cinta yang mampu menguras energi berlebih.

Meski bukan penyakit yang mematikan, stres tidak bisa dianggap remeh. Sebab membiarkan seseorang dalam keadaan stres berkepanjangan bukan hanya mengganggu psikis tapi juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

Ada beragam cara untuk release stress, cukup mudah dilakukan dan nggak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Simak yuk guys 5 cara efektif untuk menghilangkan stres berikut, dijamin stres hilang, pikiran tenang hidup jadi lebih sehat untuk menjalankan kembali rutinitas.

Mendengarkan musik

Mendegarkan musik adalah sebuah kebiasaan yang mungkin sering kita lakukan sehari-hari. Terlihat tidak ada manfaatnya, tapi tahukah kamu jika alunan musik yang lembut diyakini bisa memberikan suasana relaksasi yang akan menimbulkan perasaan nyaman. Makanya nggak heran jika di beberapa lembaga belajar, musik klasik selalu mengiringi proses kegiatan belajar siswa.

Advertisement

Luangkanlah waktu untuk sekedar menikmati musik sebagai sarana untuk memejamkan mata maupun bermeditasi, buat tubuh merasa relax dan nyaman, percaya deh pikiranmu akan menjadi lebih fresh dan kamu akan lebih bersemangat.

Menulis

Bagi sebagian orang menulis bukan hanya sebuah hobi atau passion, namun juga sebagai salah satu ekspresi untuk mengungkapkan kegelisahan di hati. Tidak selalu patah hati membuat stres. Mereka yang selalu berpikiran positif akan membuang seluruh energi negatif dan kesakit hatiannya dalam bentuk tulisan.

So, mungkin kamu perlu mencoba cara jitu ini. Tuangkan semua keluh kesahmu dalam bentuk tulisan. Dengan terbiasa menulis bukan tidak mungkin kemampuan menulismu perlahan-lahan akan terasah. Tapi harus selalu diingat, menuliskan perasaan di media sosial bukan pilihan yang bijak yang guys. Jadilah orang yang smart dengan tidak asal curhat di media sosial, ada banyak kok platform buat menyalurkan keinginanmu untuk menulis, salah satunya Hipwee.

Menonton Film Komedi

Kalo kamu mengalami stres yang membuatmu mengalami ketegangan baik fisik maupun pikiran cobalah untuk menonton film. Genre film komedi menjadi salah satu alternatif.

Dengan menonton film komedi kamu akan dibuat tertawa, dimana dengan tertawa otot-otot kamu yang tegang bisa mengendur dan menjadi lebih relax. Tertawa itu efektif untuk membuang seluruh energi negatif yang ada pada diri kita. Setelah pikiranmu merasa lebih tenang, kamu juga akan ceria lagi tentunya.

Olahraga

Bagi pria olahraga bisa menjadi sebuah sarana meditasi. Stres akan memicu perilaku seseorang untuk lebih labil dan tidak bisa mengontrol emosi. Ketimbang meluapkan emosi pada orang lain yang akan merugikan diri sendiri , lebih baik lakukanlah olahraga, apapun itu.

Beberapa orang melakukan boxing sebagai bentuk untuk meluapkan emosi, tapi jika kamu tidak menyukai olahraga ini cobalah untuk melakukan joging di pagi hari. Selain dapat menghirup udara yang masih belum tercemar polusi, berjalan-jalan keliling komplek di pagi hari akan membuat kondisi otakmu lebih rileks karena dalam darah senyawa kimia yang di sebut endorphin berhasil dilepaskan.

Piknik

Kurang piknik, kurang jalan-jalan akan menimbulkan seseorang rentan mengalami stres. Ternyata piknik itu penting lho guys. Cobalah buat jadwal rutin untuk melakukan piknik bersama seseorang yang spesial. Nggak perlu ke tempat yang mahal dan mengeluarkan banyak uang. Carilah tempat yang bersahabat buat kantongmu. Dengan melihat sawah, pohon yang hijau, maupun laut yang biru pikiranmu menjadi lebih fresh. Pikiran yang tadinya penuh dengan unek-unek perlahan-lahan akan menjadi lebih plong dan terbuka.

Apalagi jika kamu melakukan perjalanan ini dengan seseorang yang special tentu perasaanmu akan menjadi lebih bahagia. Hati yang gembira adalah salah satu obat untuk dari segala penyakitmu. Jangan lupa piknik ya guys.

Ketika stres berlebihan akan berujung pada depresi yang tentunya akan memakan biaya yang tidak murah untuk penyembuhannya. So bukan cuma sehat jasmani saja yang mahal, sehat mental juga mahal. Yuk bahagia!