Kegagalan Itu Indah, Dia Ada Untuk Menaikkan Levelmu

Tak Mengapa! Semua Orang Pasti Pernah Gagal, Jangan Sedih Apalagi Mengutuk Diri Sendiri

Tak banyak orang yang mampu menerima kegagalan. Sebagian mengutuk diri mereka sendiri karena tak mampu memenuhi ekspektasi pribadi. Padahal kegagalan adalah hal yang lumrah. Kehadirannya dalam hidup manusia bertujuan untuk memberikan pelajaran berharga. Bukan untuk membuat kita merasa diri kita tidak layak.

Advertisement

Saya, kamu bahkan orang-orang hebat di luar sana juga pernah kok mengalami kegagalan. Namun ada satu hal yang membedakan antara orang hebat dengan orang yang biasa-biasa saja, yaitu caranya menyikapi kegagalan.

Apakah dia akan merasa dunia ini berakhir akibat kegagalannya ataukah dia akan berusaha mencari cara lain yang lebih baik untuk dapat membuatnya berhasil? Hidup ini adalah serangkaian permainan, dimana kita punya banyak pilihan.

Jika satu hal tak bisa kita capai, ada hal lain atau bahkan cara lain agar kita bisa memperolehnya. "Banyak jalan menuju Roma" ​​​​​, kita bisa lewat jalur udara untuk pergi ke kota Roma, namun jika bandara tutup, kita tetap bisa berangkat lewat jalur laut. Analoginya seperti itu.

Advertisement

Terkadang kegagalan adalah suatu petunjuk dari Tuhan bahwa apa yang kita lakukan bukanlah jalan kita. Sebagai manusia yang tidak bisa melarikan diri dari takdir, kita hanya bisa menjalani apa yang sudah digariskan oleh-Nya untuk beberapa hal. Karena semua manusia telah diberi jalan hidup masing-masing.

Kita tidak bisa menjadi sama dengan orang lain. Barangkali kamu ditakdirkan untuk jadi orang hebat di bidang yang lain, yang berbeda dengan teman-temanmu. Kita hanya bisa berusaha sekuat yang kita bisa. Tapi tetap saja, jalan takdir yang akan mengarahkan kita akan dibawa kemana. 

Advertisement

Ketimbang meratapi kegagalan, lebih baik kita mengeksplorasi hal lain yang barangkali jauh lebih cocok dengan kita. Percayalah bahwa usaha kita tidak akan sia-sia. Sedih dan menangis sah – sah saja, asal kita tidak berhenti di sana. Dunia terus beputar, waktu terus berjalan, ada hal yang lebih penting dari meratap dan menangisi keadaan.

Gagal adalah sebuah cara Tuhan menggodok mental dan mindsetmu untuk menjadi lebih tegar dan matang dalam berpikir. Kegagalan juga merupakan masa training sebelum kamu menginjakkan kakimu di gerbang kesuksesan. Hentikan tangismu, pergilah yang jauh dari rasa sedih itu!

Ayo bangkit! Cari apa passion kamu, kembangkan dan konsistenlah dalam hal itu. Saya yakin 5 hingga 10 tahun lagi kamu akan jadi orang sukses. Dan tentu saja kesuksesanmu itu akan berbeda dengan suksesnya orang lain, karena kamu telah melewati tahapan yang tidak dilewati mereka, yaitu gagal. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

I'm a badass INFP squad.

CLOSE