Hai hai.. Apa kabar nih puasanya? Lancar jaya? Alhamdulilah..

Biarpun selama puasa badan kita lemes dan bawaanya mager, tapi jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan manja ya, kita kan tau kalau bulan Ramadan ini adalah bulan penuh berkah dan ampunan, bulan di mana segala amal ibadah kita dilipat gandakan sayang banget kan kalau dilewatkan begitu saja.

Advertisement

Oke berikut ini adalah kiat-kiat melaksanakan puasa Ramadan dengan optimal tapi tetap seru. Cekidot!

1. Sahur On The Road

Wah seru banget nih pasti, selain kita bisa makan sahur sambil jalan-jalan, kita juga bisa berbagi pada orang-orang yang membutuhkan, double win. Kita bisa melakukan kegiatan keren ini dengan cara mengumpulkan dana atau menggalang dana, bisa juga menyisihkan sebagian tabungan kita dan mengajak teman-teman komunitas kita untuk patungan membeli konsumsi atau makanan yang akan kita bagikan pada orang-orang tuna karya, orang yang sedang mengembara, anak-anak kecil atau orang tua yang suka kita lihat tidur di pinggir jalan, di depan sebuah toko.

Advertisement

2. Tarling (Tarawih keliling)

Sholat terawih yang dilakukan setelah sholat isya ini, bisa kita lakukan di masjid atau di mushola manapun yang kita mau. Selain bisa menemukan suasana atau lingkungan baru, terawih keliling juga bisa membuat kita mengetahui orang-orang di lingkungan lain, memperluas silaturahmi, menemukan teman baru, bahkan menemukan jodoh guys hehe eh inget tujuan utama sholat terawih itu harus karena Allah, kalau dapet jodoh pas terawih keliling itu cuma bonus.

3. Bergabung menjadi volunteer

Betapa bermanfaatnya kegiatan ini guys, gabung menjadi seorang relawan di bulan puasa ah sungguh pahala yang berlipat ganda. Sekarang ini sudah banyak tempat yang mewadahi siapapun untuk bisa manjadi volunteer, sebuah forum pemuda kreatif, lembaga zakat, lembaga kemanusiaan dan komunitas mengajar bagi anak-anak kurang mampu. Kegiatan ini bener-bener seru, karena selain mendapat pengalaman baru, kita juga mendapat sebuah ilmu kehidupan yang nggak kita dapat meski kita menempuh ilmu di perguruan tinggi manapun. Ingat pesan nabi “tuntutlah ilmu sampai ke negri Cina” betul itu kita harus menimba ilmu dari ayunan sampai liang lahat kemudian mengamalkannya. Menjadi relawan adalah sesuatu yang kece, serap semua ilmunya, termasuk ilmu kehidupan di dalamnya lalu wartakanlah ke setiap penjuru negeri.

4. Perbanyak Doa, Dzikir, dan Istighfar

Kabar gembira nih untuk yang punya banyak hajat/keinginan, siapa tahu di bulan puasa yang mulia ini semua doa segera terkabul, makanya banyak-banyakin berdoa. Jangan lupa juga untuk mendoakan saudara-saudara kita di Palestina, coba bayangin gimana rasanya makan sahur dan buka puasa di sana pasti was-was dengan bom-bom molotov, kita disini patut bersyukur masih bisa ngabuburit nyari takjil, beli gorengan, atau beli es buah. Doain juga bangsa kita agar diberi perlindungan, bebas dari berbagai macam terror dan segala bentuk penjajahan tersembunyi, agar aman, tentram, damai, dan semua rakyatnya sejahtera. Perbanyak juga dzikir dan istigfar daripada kita bergosip atau ngobrolin sesuatu yang nggak berfaedah. Jadi siapa yang sudah berdoa, berdzikir, dan meminta pengampunan hari ini?

5. Sambil tadarus Al Quran kita juga bisa membaca buku

Hayo siapa di sini yang sudah menerapkan system one day one juz, wah keren banget! Kegiatan tadarus, mengikuti kajian, melaksanakan target khatam Al Quran selama bulan Ramadan. Coba deh satu hari 10 lembar mengaji Al Quran, biar bisa cepat khatam ngajinya. Bisa diselingi baca buku juga, buku-buku hiburan kaya novel, atau buku kesusastraan maupun buku yang berifat knowledge. Sambil ngaji sambil melakukan gerakan literasi, bisa juga sambil nulis kaya nulis blog, nulis artikel, membuat content di Hipwee

6. Ngabuburit sambil bagi-bagi takjil

Biar ngabuburitnya makin seru, membagikan takjil pada orang-orang yang berpuasa amatlah berpahala, bermafaat, dan bermartabat haha. Seperti menyediakan minum, teh anget, es teh manis, 3 butir kurma, atau apa saja untuk membatalkan puasa, kasian lho orang-orang yang berbuka puasanya dalam perjalanan, biasanya kalau sore, atau jam pulang kerja kan sering macet tuh alangkah baiknya kita sebagai penduduk bumi yang budiman menyediakan takjil di pinggir-pinggir jalan untuk orang-orang yang berkendara, nggak perlu yang mewah-mewah kalau nggak ada budget, alakadarnya juga nggak apa-apa.

7. Buka puasa bersama alias bukber

Bukber adalah kegiatan yang sangat populer di bulan puasa. Biasanya banyak dapat undangan bukber dari teman-teman lama, teman-teman sekolah, dan teman lainnya. Selain kita bisa silaturahmi, kita juga jadi bisa quality time bareng mereka, melepas kangen, dan bernostalgia.

Nah gimana makin semangat menjalani puasa Ramadan? Harus dong.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya