Artikel ini adalah milik salah satu peserta kompetisi menulis #ManusiaBolehBerncana. Kamu mau ikutan juga? Silahkan klik bit.ly/manusiabolehberencana dan menangkan hadiahnya!

Mewujudkan mimpi merupakan impian semua orang, namun tidak semua mimpi mudah direalisasikan. Butuh perjuangan dan pengorbanan selain memunculkan benih-benih harapan. Tidak semua target yang sudah dirancang berhasil, tatkala muncul kegagalan. Gagal bukan alasan tidak mengejarnya di tahun depan.

Advertisement

Kata-kata berikut ini akan menguatkanmu untuk mendapatkan target tahun depan, kalau kemarin pernah gagal dan ingin mewujudkannya kembali!

  1. Tanpa kegagalan, tidak mungkin bisa meraih puncak kesuksesan. Sebenarnya ketika engkau gagal itu menandakan engkau sudah mengupayakan yang terbaik. Lebih sering belajar dari kegagalan, akan lebih banyak pengalaman bernilai yang dicapai. Pencapaian-pencapaian nilai baru dari kegagalan akan menjadi bekal untuk mencoba pada kesempatan berikutnya. Tahun ini mungkin belum berhasil, yakinlah tahun mendatang semua target yang belum tercapai akan menjadi kenyataan.
  2. Belum meraih harapan besar, bukan berarti sudah tertutup kesempatan. Sudah mati-matian mengusahakan yang terbaik, tak mendapatkan apa-apa. Manusia hanya berusaha, Tuhan yang menentukan, bukan berarti tidak ada kesempatan lagi. Sudah pacaran bertahun-tahun, ternyata hubungan menjadi retak dan gagal menuju jenjang serius. Barangkali dengan gagal mewujudkan mimpi besarmu, engkau punya mimpi lainnya yang harus diprioritaskan. Sehingga bisa menyokong mimpi utamamu, setelah mendapatkan impian-impian sederhana.
  3. Berhasil menyelesaikan tantangan kesulitan hidup, bukan berarti selesai target impianmu. Mungkin kita bangga dengan beberapa pencapaian yang dicapai dengan jeri payah dan keringat yang bercucuran. Namun, ingatlah mimpi-mimpi lainnya sudah menanti untuk digenggam. Karena hidup merupakan ajang perlombaan, siapa yang terus berupaya mengejar maka semakin banyak peluang tercapainya cita-cita lainnya.
  4. Ada banyak jalan menuju sukses, jalan pintas untuk menggapainya ialah menguatkan relasi dengan banyak orang. Mencapai sendiri mungkin membutuhkan waktu yang lebih panjang. Namun, saat merangkul banyak orang. Impianmu hanya berjarak antara doa dan usaha.
  5. Masih belum juga mendapatkan impianmu, perbaiki lagi rencanamu. Buat bahagia dirimu dengan berbagi keceriaan kepada orang yang belum beruntung. Di luar sana, ada banyak orang yang kurang beruntung, dengan membantu mereka setidaknya engkau membantu satu kesulitan mereka. Ingatlah, saat engkau membantu banyak orang, Allah akan membantumu pula. Mewujudkan mimp-mimpimu.

 

Advertisement

Saat target tahun ini belum tercapai, koreksi kembali rencanamu. Upayakan dengan baik saat ini, terus berjuang. Karena sukses di masa mendatang tercermin dari usahamu saat ini. Semakin bersemangat meraihnya, semakin mendekatkan dengan impian. Semoga kata-kata di atas akan menguatkanmu mencapai impian tahun 2019.

 

 

Penulis: Baiq Cynthia/www.Baiqcynthia.com

#ManusiaBolehBerencana

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya