Rasa kesemutan sering hilang dan muncul pada bagian tubuh, tanpa kita ambil pusing apa penyebabnya.

Kesemutan di bibir? Mungkin ada di antara kamu yang pernah mengalaminya, namun karena durasinyayang hanya berlangsung pada waktu singkat, banyak orang jadi mengabaikannya dan tidak melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Padahal, banyak hal dan penyakit yang bisa jadi ditandai oleh kondisi ini, lho!

Karena itu, ada baiknya Anda tidak mengabaikan rasa kesemutan di bibir, dan mengetahui apa saja penyebabnya melalui penjelasan lengkap berikut ini!

Advertisement

Apa itu sensasi kesemutan di bibir?

Seperti kaki atau tangan, bibir pun bisa mengalami kesemutan dengan perasaan sensasi yang serupa. sehingga relatif sangat mudah dikenali. Dalam jangka waktu pendek, umumnya bagian tubuh yang mengalami kesemutan tidak akan bisa digerakkan dan menjadi mati rasa.

Nah, untuk bibir, sensasi kesemutan dan mati rasa biasanya dimulai dari suatu titik kecil pada bibir, sebelum kemudian menyebar ke seluruh bagiannya.

Advertisement

Apa penyebab kesemutan di bibir?

Sejatinya, tidak semua penyebab kesemutan di bibir terkait dengan kondisi atau penyakit lain yang mengancam jiwa. Seringkali, kondisi ini hanya disebabkan kulit yang sensitif, kaku, atau cuaca yang dingin. Namun, akan lebih baik jika kamu memahami penyebab kesemutan di bibir.

1. Reaksi alergi

Kesemutan biasanya terjadi sebagai sebuah reaksi alergi, yang bisa disebabkan oleh alergi makanan (susu, kacang, kerang, dst), alergi obat, ataupun alergi terhadap substansi kimia lainnya. Meskipun beberapa reaksi alergi hanya menimbulkan ruam dan rasa gatal, namun reaksi lain yang lebih serius bisa memicu reaksi anafilaksis yang mengancam jiwa.

Karenanya, kamu harus segera mencari bantuan medis apabila sensasi kesemutan pada bibir diikuti gejala berupa gangguan pernapasan, kesulitan dalam menelan makanan, pembengkakan di mulut dan tenggorokan, serta pembengkakan pada wajah.

2. Raynaud’s Syndrome

Ciri utama dari Raynaud’s syndrome adalah tibulnya sensasi kesemutan pada bagian bibir. Sindrom ini memiliki dua tipe, di mana tipe pertama hanyalah disebabkan oleh cuaca dingin atau rasa stres pada tubuh kamu, sehingga tidak memerlukan perawatan medis.

Namun, tipe kedua merupakan kondisi yang bisa dikatakan lebih serius dan disebabkan oleh kondisi yang lebih kopleks. Dalam kasus ini, dapat mempengaruhi aliran darah ke kaki, tangan, dan wajah. Akibatnya, tubuh mengalami gangguan aliran darah dan bisa membuat bagian-bagian tubuh kamu membiru, sehingga memerlukan bantuan medis untuk segera melancarkan kembali peredaran darah.

3. Penyakit Lupus

Lupus merupakan sebuah penyakit terkait sistem imun yang bisa mempengaruhi beberapa bagian tubuh, termasuk sel-sel syaraf. Jika sensasi kesemutan di bibir dirasakan bersamaan dengan gejala seperti gangguan penglihatan, pusing, rasa sakit di wajah, atau terkulainya kelopak mata, maka kemungkinan besar kamu menderita penyakit Lupus. Periksakan kondisi tubuh pada dokter sesegera mungkin.

4. Stroke

Penyakit stroke juga bisa menjadi penyebab kesemutan di bibir. Penyakit ini disebabkan oleh terhambatnya aliran darah ke arah otak, sehingga menyebabkan kelumpuhan atau kelemahan secara tiba-tiba pada satu sisi tubuh.

Jika kesemutan pada bibir disertai dengan gejala lain, seperti kehilangan keseimbangan, pusing, kesulitan berbicara, sakit kepala parah, serta tidak berfungsinya sebelah wajah, mata, atau mulut, maka segeralah cari bantuan medis.

5. Cold sore (luka infeksi)

Luka infeksi, alias herpes labialis, merupakan suatu kondisi di mana timbul lepuhan-lepuhan kecil di area sekitar bibir, yang disebabkan oleh infeksi virus Herpes simplex. Infeksi ini biasanya sangat mudah ditularkan, terutama antar-pasangan melalui ciuman bibir.

Nah, salah satu gejala dari cold sore adalah munculnya sensasi kesemutan pada bibir. Biasanya, infeksi ini akan berlangsung selama 7 – 10 hari, dan memerlukan pengobatan medis.

6. Kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh

Jangan salah, penyebab kesemutan di bibir juga bisa berarti kamu tengah kekurangan kadar vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, lho!

Pasalnya, saat tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi, vitamin, dan mineral yang cukup, maka tubuh kamu bisa jadi kesulitan dalam memproduksi sel-sel darah merah yang cukup untuk mengalirinya. Karena darah juga membawa oksigen ke dalam tubuh, maka kekurangan darah otomatis berarti organ-organ kamu juga kekurangan oksigen, sehingga area tertentu seperti bibir akhirnya mengalami kesemutan.

Selain kesemutan di bibir, kamu juga akan merasa lelah, tidak nafsu makan, pusing, dan pegal-pegal. Segeralah pasok tubuh dengan vitamin, sayur, dan buah-buahan jika hal ini terjadi.

7. Bibir kering

Biasanya, penyebab kesemutan pada bibir juga bisa berarti bahwa bibir kamu tengah mengalami kekeringan. Ini merupakan gejala kesemutan di bibir yang paling umum ditemukan.

Hal ini umum terjadi saat udara di lingkungan kamu selalu kering, seperti di musim salju, musim panas, atau di dalam ruangan ber-AC. Jika bibir sudah kering hingga terasa kesemutan, sebaiknya segera mengoleskan pelembap bibir, seperti petroleum jelly, dan memperbanyak makan buah serta sayur.

Nah, itu dia 7 penyebab kesemutan di bibir yang harus kamu waspadai. Jangan lagi anggap sepele gangguan yang terjadi pada tubuh kamu ya, karena bisa jadi itu alarm kalau tubuh kamu sedang terancam bahaya. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya