Mencintai Diri Sendiri Adalah Seni Terdalam Dalam Hidup Untuk Menjemput Kebahagiaan

Ada pepatah yang mengatakan cintai diri sendiri dulu baru orang lain. Dari pepatah itu kita bisa menyimpulkan bahwa mencintai diri sendiri merupakan suatu keharusan dalam hidup. Diri sendiri begitu berharga dan patut untuk selalu diberi apresiasi. Tidak peduli apapun kondisinya, mencintai diri sendiri adalah sebuah seni untuk bisa selalu bahagia dalam menikmati hidup.

Advertisement

Kadang kala kita memang sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Entah itu dari segi fisik, pendidikan, pekerjaan maupun financial. Ketika kita melihat orang lain hidupnya terlihat nyaman dengan segala ketercukupannya sedangkan kita masih biasa-biasa saja, pasti akan ada perasaan menyalahkan diri sendiri karena tidak memiliki pencapaian seperti orang lain.

Padahal ketika kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain maka akan semakin membuat diri kita tidak berguna. Di saat terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain maka kita akan semakin sulit untuk menunjukkan semua potensi yang dimiliki. Setiap orang pasti sudah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang sudah sepantasnya disyukuri.

Manusia memang tidak pernah diciptakan sempurna. Pasti dibalik kekurangan yang kita miliki tuhan telah memberikan kelebihan yang bisa jadi diri kita sendiri yang memilikinya. Jadi, salah satu cara supaya bisa lebih mencintai diri sendiri adalah berhenti membandingkan diri sendiri orang lain. Setiap orang pasti memiliki versi terbaik dalam hidupnya dan tidak mungkin sama dengan orang lainnya.

Advertisement

Renungkan dan syukuri atas semua nikmat yang telah tuhan berikan dalam diri kita. Manfaatkan semua potensi yang kita miliki dan jangan terpaku pada pencapaian orang lain. Tetap fokus dengan diri sendiri tanpa ragu untuk melangkah dalam mencapai tujuan yang telah kita inginkan. Dengan begitu pasti kita akan lebih mencintai diri sendiri tanpa menghakimi dengan sesuatu yang belum kita miliki.

Percayalah hanya diri sendiri yang mampu menguatkan disaat kita terjatuh. Diri sendiri sangat berarti dan tidak pantas disakiti. Tetaplah mencintai diri sendiri apapun itu keadaannya. Sehingga ketika kita sudah mencintai diri sendiri pasti akan lebih mudah mendapatkan sebuah kebahagiaan, karena kita tahu diri sendiri adalah kekuatan terbesar dalam menghadapi masalah apapun.

Mencintai diri sendiri adalah sesuatu hal yang harus dilakukan. Kita bisa terus melangkah menghadapi berbagai cobaan hidup berkat diri sendiri yang selalu kuat menghadapi semua cobaan itu. Cintailah diri sendiri karena disaat dalam keadaan terpuruk sekalipun hanya diri sendiri yang mampu membantu bangkit dari segala ujian.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Menulis tanpa batas

CLOSE