Mengeluh Memang Manusiawi, tapi Jika Dilakukan Berulang-ulang Apa Nggak Bosan?

mengeluh wajar tapi jangan berulang


Mengeluh itu wajar banget teman-teman. Tapi kalau mengeluhkan hal yang sama terus menerus apa tidak bosan?


Advertisement

Di periode pandemi ini mungkin mengeluh menjadi hal yang biasa didengar, bosan di rumah, bosan WFH, keuangan seret, bosan kuliah online, finansial sulit sampai terpaksa menggunakan dana darurat, sampai pada kehilangan pekerjaan. Pun orang-orang yang bekerja pun load-nya menjadi bertambah karena dengan WFH itu berarti 24 jam adalah bekerja, lama-lama juga pasti keteteran. Bosan melanda tapi tidak bisa berjalan-jalan keluar, terus harus bagaimana?

Mengerti memang, tapi semua orang melalui hal yang sama, keluhan adalah hal terakhir yang ingin dilihat oleh orang lain, mungkin kamu perlu menumpahkan keluhanmu entah itu via sosial media ataupun dengan orang yang terpercaya, tapi lambat laun juga jengah jika dicecari dengan hal yang sama setiap hari. Hanya bisa bilang semangat dan menyemangati yang saya tahu itu hanyalah ungkapan kosong karena jujur saja tidak tahu harus berkata apa lagi. I mean semua mengalaminya, bahkan mungkin banyak yang lebih sulit dengan himpitan ekonomi atau PHK di tengah masa pandemi ini.

Coba deh kamu melihat sekitar kamu dan bersyukur bahwa kamu masih baik-baik saja hingga kini. Kamu bisa belajar berbagi apa yang kamu bisa daripada sekedar mengeluh ke sekitar kamu. Kamu bisa mencoba banyak hal baru juga kok, semisal merajut, mungkin bisa menjadi cara untuk melepas stress, atau bisa mencoba menulis atau belajar hal yang produktif lain tanpa perlu keluar rumah. Internet sekarang sudah menawarkan banyak sekali kemudahan untk belajar kok, asal ada niatan dan motivasi saja ya!

Advertisement

Selain itu kamu juga bisa mengasah skill yang udah kamu punya melalui kelas-kelas online yang bertebaran di dunia maya, misal kamu hobi menggambar, kamu bisa ikut kelas menggambar online atau kamu suka menulis kamu juga bisa ikut kelas menulis online. Sekarang semua bisa kamu lakukan dari rumah. Kamu bisa juga mencoba memiliki hewan peliharaan, semisal ikan atau tanaman hias untuk sedikit melepas stress. Mendekatkan diri dengan yang maha kuasa juga bisa kamu lakukan. Banyak hal kok yang bisa kamu lakukan, mungkin kamu malah akan lebih produktif dengan berada di rumah!

Tetap sehat-sehat saja dan menjauhi keramaian ya, jangan pergi-pergi jika tidak ada urusan yang mendesak, dan jika iya jangan lupa pakai masker dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku! Jangan lupa cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak! Kalau kamu merasa sudah benar-benar penat, pergi ke profesional juga bisa menjadi jalan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE