Menjadi Kru Podcast dalam Magang MBKM

Kru Podcast

Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kembali dibuka di tahun 2023 untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman baru. Universitas Amikom Yogyakarta juga membuka kembali program inisiasi di tahun ini yang bekerjasama dengan berbagai mitra perusahaan. Kegiatan magang ditujukan untuk membentuk mental mahasiswa agar siap terjun di dunia kerja, magang juga dapat mengembangkan skill yang dimiliki, melatih teamwork dan tentunya menambah wawasan dan pengalaman.

Advertisement

Radio MQFM Jogja 92.3 merupakan salah satunya, radio dengan ciri khas konten dengan nuansa Islami ini kembali membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk merasakan dunia kerja di bidang broadcasting. 

Podcast telah menjadi salah satu media yang semakin populer dalam dunia penyiaran, begitu pula dengan berbagai stasiun radio yang tidak ketinggalan untuk memanfaatkannya. 92.3FM baru-baru ini memproduksi program podcast yang diproduksi oleh mahasiswa Magang MBKM Batch 3. Proses pembuatan program podcast ini merupakan suatu kegiatan yang kreatif dan menghasilkan konten yang bermanfaaat. Podcast ini bertemakan Sex Education yang dibawakan dengan format audio visual sehingga tidak membuat jenuh audiens dan dibawakan dengan pembawaan Islami 

Pembuatan program podcast dimulai dari tahap pra produksi dengan perencanaan yang matang. Mahasiswa Magang bekerjasama dengan narasumber untuk meracik konten yang menarik dan relevan.

Advertisement

Setelah tahap perencanaan selesai, proses produksi podcast kemudian dimulai. Dalam proses produksi membutuhkan peralatan yang mumpuni agar konten audio visual yang dihasilkan mempunyai kualitas yang memuaskan. Dibutuhkan juga teamwork yang bagus agar proses produksi dapat berjalan lancar dan sesuai harapan.

Salah satu aspek penting dalam pembuatan program podcast adalah narasi. Host dipilih dari penyiar yang berpengalaman membawa audiens dalam perjalanan cerita yang menarik. Dalam setiap episode, mereka memberikan perspektif yang unik dan menyampaikan informasi dengan cara yang menyentuh hati dan mampu menghadirkan suasana yang membuat audiens merasa dekat dan terhubung.

Advertisement

Selain itu, kehadiran narasumber dalam podcast juga memberikan warna yang menarik. Narasumber merupakan pakar, atau individu yang memiliki pengalaman menarik untuk berbagi cerita hidup mereka. Dalam diskusi yang santai dan menggugah, audiens dapat memperoleh wawasan baru.

Setelah proses produksi selesai, konten kemudian akan melalui proses editing dalam pasca produksi. Konten yang sudah jadi akan dirilis melalui kanal YouTube. Media sosial digunakan untuk mempromosikan program podcast ini. Dengan demikian, audiens dari seluruh penjuru dunia dapat menikmati koenten-konten yang telah diproduksi.

Dengan pembuatan konten podcast, mahasiswa magang mendapat pengalaman serta wawasan di dalam industri broadcasting. Dengan terlibat langsung selama produksi, mahasiswa dapat memperluas wawasan dan membangun keterampilan yang diperlukan untuk memulai karir di industri ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE