Pentingnya Kuliah Sebelum Kerja

Kuliah penting untuk mempersiapan SDM sebelum memasuki dunia kerja

Setelah lulus SMA banyak mahasiswa yang bingung ketika dihadapkan pilihan antara kuliah atau langsung bekerja. Beberapa orang berpendapat bahwa kuliah itu tidak penting dan hanya membuang-buang waktu saja. Lantas apakah benar kuliah itu tidak penting?

Advertisement

Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa kita dapatkan ketika berkuliah. Berkuliah akan melatih mahasiswa terbiasa untuk berpikir secara kritis analitis, sehingga mampu memahami atau menganalisis berbagai masalah secara lebih efektif. Selain itu, kuliah juga akan membuka wawasan yang lebih luas dan menjadikan mahasiswa lebih toleran terhadap perbedaan yang ada.

Kuliah akan memberikan banyak pengalaman hidup yang berharga. Dengan Pendidikan yang tinggi akan membuka wawasan yang lebih luas dan menjadikan mahasiswa lebih toleran terhadap perbedaan yang ada. Kuliah akan mendorong mahasiswa dalam pengembangan keterampilan, manajemen waktu, bekerja sama dengan tim, dan belajar bertanggung jawab atas pilihan yang sudah dipilih.

Menurut saya pribadi kuliah itu tetap penting untuk dijadikan sebagai wadah mengexplore diri. Walaupun pekerjaannya nanti tidak sesuai dengan jurusan ketika berkuliah, ilmu yang didapatkan ketika kuliah akan tetap berguna. Kuliah memang tidak akan menjamin pekerjaan seseorang, akan tetapi dengan berkuliah akan membuka peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Advertisement

Kuliah memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Biaya kuliah baik di PTN maupun PTS di Indonesia terus meningkat di setiap tahunnya. Banyak sekali mahasiswa yang mengurungkan niatnya untuk kuliah karena masalah ekonomi. Bagi mahasiswa yang kurang mampu sebenarnya dapat terus melanjutkan kuliah dengan mengejar beasiswa.

Beasiswa merupakan suatu bantuan keuangan yang diberikan kepada mahasiswa dengan tujuan untuk meringkankan biaya pendidikannya.  Ada banyak sekali beasiswa yang terbuka baik dari pemerintah maupun swasta. Beasiswa dapat memberikan kesempatan untuk seseorang memperoleh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Beasiswa ada banyak jenisnya, mulai dari biaya aplikasi gratis, pengurangan biaya hingga beasiswa penuh.

Advertisement

Kuliah bukan satu-satunya jalur untuk sukses. Ada individu yang bisa sukses tanpa mengenyam pendidikan formal, ada juga profesi yang lebih mementingkan pengalaman dan keterampilan dibandingkan dengan gelar. Keputusan untuk melanjutkan kuliah atau tidak perlu dipikirkan dengan cermat. Keputusan untuk kuliah atau tidak ada pada diri sendiri. Pertimbangkan dengan baik keputusan tersebut sesuai dengan situasi yang dimiliki.

Jika Anda memiliki kesempatan untuk melanjutkan kuliah, maka gunakan sebaik mungkin kesempatan tersebut untuk mengembangkan segala potensi yang ada dalam diri kita. Hal yang paling dari kuliah bukan saat wisuda dan mendapatkan gelar sarjana dari universitas, akan tetapi perjalanan Anda dalam berproses untuk meningkatkan value diri yang menjadi poin utama. Perlu diingat bahwa pendidikan dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Kuliah memang tidak akan menjamin pekerjaan seseorang, akan tetapi dengan berkuliah akan membuka peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE