Kalian para mahasiswa pasti memiliki waktu senggang, apalagi jika kalian tidak mengikuti berbagai kegiatan di kampus. Kalian hanya akan membuang waktu untuk bersantai ria. Daripada waktumu terbuang percuma mending belajar berbagai hal berikut ini:

Belajar Fotografi

Dah ngaku aja yang namanya selfie pasti nggak lepas dari hidup setiap orang. Sah-sah aja kok, karena setiap orang memiliki kebebasan mengekspesikan dirinya. Tapi alangkah baiknya daripada hpnya buat selfie-selfie aja. Sisain waktunya yuk buat buka paduan-paduan dasar fotografi di internet yang udah bertebaran kayak burung. Mulai dari tutorial berupa tulisan maupun video. Instagram, Hipwee juga bisa kok dijadiin referensi buat mengambil sudut-sudut pemotretan fotomu.

Dari belajar fotografi nih kita bisa dapat banyak untung deh, bisa bikin sosial mediamu makin sedap dipandang, yang jualan online juga bisa tau cara-caranya fotoin produknya, ya minimalnya kamu bisa bikin foto-foto anak kamu nanti bisa tambah lucu saat diupload di sosial mediamu nanti.

Belajar Nulis

Advertisement

Masih ragu-ragu buat mulai belajar menulis? Hilangin aja perasaan itu. Belajar menulis dari usia muda membuat kamu skill menulismu lebih terasah dimasa depan. Daripada masa mudamu habis buat mikirin pacar orang kenapa nggak dimanfaatin aja perasaanmu itu dalam tuangan tulisan yang barangkali bisa menginspirasi orang lain. Sekarang banyak kok wadah buat tulisannmu biar dibaca orang salah satunya adalah di Hipwee. Ikuti juga event yang diadain Hipwee yang dijamin bikin wawasanmu tentang dunia tulis menulis bertambah.

Belajar Masak

Ajaran yang satu ini pastinya wajib banget buat masuk ke kantong bekal calon ibu-ibu muda. Mulai dari masak sayur, kue, biskuit sampai masak air semua tutorialnya pasti ada di internet. Nggak mau kan dimasa depanmu nanti jajan keluar mulu, boros. Ayo ambil peralatan masak mamamu dan mulai masak. Masa depan bikin kue bareng anak kayak sarwedah bukan hanya di angan-anganmu saja pastinya.

Belajar Jahit

Mungkin anak muda sekarang berpikir bahwa keahlian menjahit sudah kuno padahal di balik jahit menjahit kita bisa dapetin banyak manfaat di masa depan. Mulai dari jahitin baju pacar kesayangan yang sobek, pingin bikin baju buat si kecil, bikin tempat tisu, tas, tempat jarum tusuk dan lain-lain. Semua itu pasti bisa dilakukan kalau punya keahlian menjahit. Tinggal siapkan alat jahit-menjahitmu masalah terselesaikan.kalau mau hasil karya dari keahlian jahit menjahitmu jadi duit bisa juga dijual online loh. Nambah deh duit buat belanja bulanan kamu.

Belajar melipat kertas (Origami)

Salah satu kebudayaan jepang ini sangat baik untuk perkembangan kognitif anak. Calon ibu-ibu muda pelajari yuk bikin origami yang simpel-simpel aja dulu. Klik-klik aja di internet semua cara membuat origami dari yang simpel sampai yang rumit ada kok. Anak TK aja diajari sama gurunya membuat origami, masak mamanya kalah sama gurunya. Pastinya si anak bakal lebih senang belajar langsung sama mamanya.

Nah daripada sekarang mikirin hal yang buang-buang energi kamu. Dimulai dari sekarang saja yuk belajarnya daripada nyesel pas tua loh. Punya banyak keahlian yang bermanfaat pastinya bikin kamu layak dapat cap stempel pasangan idaman.