Serunya Pengalaman Magang MBKM Menjadi Desainer Grafis Media Sosial

Mendalami dunia desain grafis melalui program magang MBKM

Halo SoHip! Desainer grafis adalah salah satu profesi yang diminati anak muda di era digital saat ini, karena dengan kamu menjadi desainer grafis kamu dapat mengeksplor dan meluapkan ide kreatifitasmu melalui desain yang kamu buat. Nah, siapa nih yang tertarik magang menjadi desainer grafis? Yuk simak serunya pengalaman magangku menjadi desainer grafis media sosial dalam program MBKM.

Advertisement

Program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau yang biasa lebih dikenal dengan istilah MBKM adalah salah satu program yang diciptakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi para mahasiswa untuk memiliki tambahan bekal ilmu sehingga siap memasuki dunia kerja nantinya. Aku mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program MBKM Internal yang dikelola langsung oleh Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta. Aku memilih Radio MQFM Jogja sebagai tempat untuk melaksanakan magang MBKM ini, karena membuka divisi desainer grafis yang kebetulan aku tertarik dan menurutku cocok untuk mengembangkan ilmu skill desainku.

Selama proses kegiatan magang MBKM ini kita didampingi mentor-mentor yang akan membantu memberikan arahan dan masukan sesuai dengan tugas perusahaan yang diberikan. Peranku dalam tim desainer grafis ini secara garis besar mengerjakan berbagai tugas kebutuhan-kebutuhan desain grafis media sosial. Nah, setelah itu kita dibagi dan difokuskan lagi untuk mengembangkan beberapa program perusahaan desain media sosial dan aku berkesempatan untuk mengembangkan media sosial mulai dari konten Instagram, TikTok dan Youtube.

Pada program magang MBKM ini aku berkesempatan untuk mengembangkan program Dodolan MQFM, program ini memberikan tempat UMKM kuliner di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk dibantu dipromosikan produknya melalui berbagai platform media sosial secara gratis, loh. Nah, tim desainer grafis dalam program ini yang akan mendesain seluruh kebutuhan konten desain dalam media sosial, seperti konten desain thumbnail reels, feeds quotes, feeds quiz, feeds foto produk UMKM kuliner, feeds carousel yang di upload di Instagram, kemudian konten video hiburan dan informasi mengenai produk UMKM.

Advertisement

Bentuk dari konten desain Instagram program ini seperti informasi produk, tips –tips, rekomendasi, peringatan hari besar atau hari penting, quiz dan give away. Kemudian untuk konten videonya seperti informasi UMKM, games question and answer, tebak-tebakan kuliner khas Indonesia dan yang pasti tips dan manfaat seputar bisnis kuliner. Jadi, kita saling bekerja sama untuk meningkatkan engagement dan mengembangkan media sosial agar program ini dapat membantu para pelaku UMKM di Indonesia semakin maju sehingga lebih dikenal masyarakat luas.

Nah sobat Hipwee, yang menjadi keseruan dan challenge ketika aku magang menjadi desainer grafis adalah ketika kita mulai membuat konsep desain dari awal, mulai dari pemilihan logo dan pemilihan color palette. Pada saat awal magang aku sempat merasa takut tidak bisa menyesuaikan style desainku dengan style desain perusahaan, tetapi dengan didampingi mentor aku diajak untuk brainstorming dan mulai mencari referensi konsep desain yang cocok, bahkan diberikan referensi akun yang style desainnya cocok dijadikan referensi untuk memudahkan tim desain dalam membangun branding dan memprosmosikan program melalui konten-konten yang dibuat.

Advertisement

Pada saat kamu magang menjadi desainer grafis tentunya akan menggunakan berbagai macam software desain, mulai dari Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Canva dan software desain lainnya. Sehingga, ketika kamu magang menjadi desainer grafis skill desain yang sudah kamu punya dalam mendesain akan lebih diasah lagi dan pastinya kamu akan mendapatkan ilmu baru dalam mengoperasikan tools-tools dalam software desain. Aku nggak cuma jadi desainer grafis aja lho SoHip, aku juga belajar menjadi host live TikTok yang menjual berbagai produk UMKM. Ini menjadi tantangan tersendiri untuk aku karena baru pertama kalinya jadi host live TikTok.

Pada saat magang dalam divisi desainer grafis sudah pasti ada rasa capeknya, revisi dan dikejar deadline upload sudah menjadi makanan sehari-hari, ditambah lagi kita bekerja sama dengan divisi lain seperti social media officer, editor dan mentor yang sudah pasti memiliki perbedaan ide maupun pendapat. Tetapi dari rasa capek yang aku rasakan dan perbedaan-perbedaan ide tadi, aku merasa senang sekali mendapatkan kesempatan magang menjadi desainer grafis. Aku merasa mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman dalam dunia kerja sesungguhnya, bahwa menyatukan ide dan menjaga komunikasi dalam sebuah tim agar tidak ada miss communication itu penting, loh. Dari pembelajaran dan pengalaman yang aku dapatkan, aku jadi mempunyai gambaran mengenai kerja profesional dalam dunia kerja yang sebenarnya.

Dari pengalaman magangku yang aku ceritakan sudah kebayangkan betapa serunya magang dalam dunia desain grafis? Kamu akan belajar bagaimana caranya untuk membangun sebuah branding program perusahaan melalui desain yang kamu buat, kemudian belajar bagaimana pesan atau informasi yang kamu tuangkan dalam desain yang kamu buat agar bisa tersampaikan ke audience. Ketika magang menjadi desainer grafis kamu akan belajar bahwa komunikasi visual atau tampilan menjadi kesan utama yang penting untuk menarik perhatian audience.

Nah SoHip udah tertarik belum magang menjadi desainer grafis? Yuk, buruan daftar magang menjadi desainer grafis dijamin pasti seru deh!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE