Sepanjang tahun 2018, industri musik dunia diramaikan oleh musik-musik dari Boygroup dan Girlgroup asal Korea. Mulai dari BTS, Blackpink, Twice, NCT, EXO, hingga Red Velvet meraih popularitas global dan silih berganti masuk ke dalam berbagai tangga lagu Billboard Amerika—yang notabenenya adalah barometer musik dunia. 

Hallyu Wave atau penyebaran budaya Korea sendiri sudah terasa di Indonesia sejak 2010 silam, di kala masa kejayaan Girls’ Generation, Super Junior, Big Bang, SHINee, hingga 2PM. Namun, pada 2018 hallyu wave semakin berkembang pesat, terutama sejak fenomena ‘Mukbang’ dan Mie Pedas ‘Samyang’ merajalela. Di Indonesia pun sangat terasa bagaimana budaya Korea berhasil menarik perhatian para kaum milenial, baik itu dari segi musik, drama, maupun kulinernya.

Advertisement

Namun di tengah hiruk pikuk K-Pop, pada akhir 2018 boyband asal Irlandia, Westlife, yang sempat menyatakan 'bubar' pada 2012 silam, mengumumkan bahwa mereka akan melakukan ‘reuni’ dengan merilis album baru dan melaksanakan tur dalam rangka merayakan tahun ke-20 Westlife.

Westlife sendiri merupakan sebuah boyband asal Irlandia yang sempat mencuri banyak hati remaja pada akhir era 90-an sampai awal 2000-an, bersama dengan boyband legendaris lainnya seperti Backstreet Boys, NSYNC, dan Boyzone pada masa itu. Pada awalnya, boyband yang terbentuk pada 3 Juli 1998 silam ini beranggotakan 5 orang yaitu Shane Filan, Mark Feehily, Nicky Byrne, Kian Egan, dan Brian McFadden, namun pada 2004 Brian memutuskan untuk hengkang dari boyband yang membesarkan namanya ini hingga pada akhirnya pada reuni kali ini Brian tidak berpartisipasi bersama 4 koleganya.

Seperti yang kita ketahui, beberapa tahun terakhir tren-tren era 90an mulai dari musik, makanan, hingga fashion-nya mulai muncul kembali ke permukaan dan digemari oleh berbagai kalangan. Bagi para generasi 90-an, hal ini dianggap sebagai alat nostalgia. Dan bagi sebagian millenial, tren pada era 90an dianggap ‘keren’ dan ‘iconic’, sehingga mereka merasa bangga dan suka dengan tren era 90-an.

Advertisement

Melihat betapa kuatnya pengaruh K-Pop di dunia, tidak mustahil jika pada tahun 2019 ini K-Pop akan tetap menjadi sesuatu yang 'hype' dan merajai tangga lagu di berbagai belahan dunia. Namun, sebagai sebuah boyband legendaris dengan lagu sejuta umat yang selama ini selalu ditunggu comeback-nya, Westlife memiliki kans yang cukup besar untuk bersaing dengan boyband-boyband K-Pop yang notabenenya adalah junior dalam industri boyband ini. Buktinya, tiket konser ‘Twenty Tour’ yang sudah mulai dijual sejak November 2018 lalu ludes diburu oleh para penggemar Westlife hingga membuat adanya tambahan show di beberapa venue favorit karena banyaknya permintaan.

Westlife telah dijadwalkan untuk comeback di layar kaca pertama kali setelah 7 tahun ‘rehat’ di acara tv Inggris ‘The Graham Norton’ pada Jumat, 11 Januari 2019 mendatang dan akan membawakan single terbaru yang ditulis oleh Ed Sheeran berjudul ‘Hello My Love’.

Mari kita tunggu karya baru Shane, Mark, Kian, dan Nicky!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya