1. Hitung Berapa Hari Anda akan Bepergian

Lamanya bepergian harus anda perhatikan, karena akan berpengaruh terhadap banyaknya barang bawaan dan biaya yang akan dikeluarkan. Apalagi dalam beberapa hari itu, anda akan melakukan banyak aktifitas misalnya acara bersama teman, pergi ke suatu tempat, berkunjung ke tempat wisata dll. Semua itu sangat mempengaruhi barang bawaan anda karena tidak mungkin anda bisa menghemat penggunaan pakaian.

Advertisement

2. Pilih Backpack yang Medium Saja atau Bawa 1 Backpack dan 1 Tas untuk Barang yang Sering Digunakan

Berhubungan dengan berapa lama anda akan bepergian, maka backpack yang akan anda gunakan juga sangat berpengaruh. Tentukan backpack apa yang akan dipakai untuk bepergian misalnya hanya 3 hari, pasti sangat berbeda jika bepergian selama 1 minggu. Perkirakan apakah backpack itu cukup untuk menampung segala barang bawaan anda dan bisa meminimalisir barang bawaan juga. Misal jika ingin bepergian selama 3 hari, jangan gunakan backpack yang terlalu besar karena akan mempengaruhi anda membawa semakin banyak barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Dan untuk para wanita terutama, biasanya menggunakan shoulder bag untuk membawa barang yang sering digunakan misal hp, dompet, kosmetik, parfum, dll. Hal ini juga harus dipikirkan, bawa shoulder bag atau sling bag yang tidak terlalu besar pula, sesuaikan kebutuhan anda.

3. Buat List Bawaan Anda

Advertisement

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah list bawaan anda. Catat semua barang yang akan dibawa pada sebuah note kecil atau note pada smartphone anda. List ini juga berpengaruh terhadap barang bawaan, catat barang yang utama terlebih dahulu, misalnya pakaian dan alat mandi. Kemudian mulailah dengan barang sekunder yang biasa anda gunakan, misalnya alat elektronik seperti kamera, charge smartphone dll. Jangan lupa pula untuk membawa barang yang bisa saja diperlukan disaat yang tidak terduga, misalnya obat-obatan. List bawaan ini dapat bertambah maupun berkurang, sesuai dengan kebutuhan anda dalam perjalanan dan melakukan hal-hal saat travelling.

4. Kumpulkan Barang dan Benda yang Akan Anda Bawa

Setelah mencatat semua barang yang akan dibawa, segera kumpulkan semua barang yang sudah ada di dalam list barang bawaan. Cek lagi apakah sudah terkumpul semua barang dalam list tersebut. Kendalikan pikiran anda, jangan menambah barang bawaan diluar list yang sudah dibuat, apalagi barang yang hanya akan dipakai sesekali, lebih baik tidak perlu dibawa. Coba untuk masukkan semua barang tersebut kedalam backpack anda, dengan cara itu anda akan mengetahui apakah semua barang tersebut muat didalam backpack anda atau malah berlebihan.

5. Minimalisir Semua Barang Bawaan Anda, misalnya Membawa Pasta Gigi yang Ukuran Kecil dan Handuk Kecil

Barang yang akan dibawa, pilihlah barang-barang yang sangat meminimalisir tempat, misalnya pasta gigi dan sikat gigi lipat dalam 1 kotak kecil, handuk kecil, shampoo sesuai kebutuhan (bawalah yang berbentuk sachet) dan letakkan itu semua dalam wadah mini yang sesuai dengan beberapa hari pemakaian. Letakkan dalam satu tempat yang fleksibel untuk dibawa dan diletakkan di dalam backpack. Tidak hanya barang kecil, namun pakaian pun bisa kita minimalisir, misalnya celana jeans akan dapat digunakan 2 hari dan jaket hanya perlu membawa 1.

6. Bawa Barang yang Dapat Mempermudah Anda Melakukan 2 Hal Sekaligus

Barang yang dimaksud adalah Terminal Charge dengan 2/4 lubang yang dapat mempermudah dan mempercepat anda dalam melakukan pengisian baterai smartphone, power bank, baterai kamera, dan barang elektronik lainnya. Tidak perlu menunggu untuk bergantian menggunakannya, karena biasanya hanya akan ada 1 lubang listrik di tempat- tempat umum penyedia sedangkan anda tidak akan mungkin menghabiskan waktu dengan percuma hanya untuk menunggu baterai-baterai alat elektronik anda terisi penuh. Barang selanjutnya adalah Smartphone, kenapa? karena anda sebenarnya hanya memerlukan smartphone tanpa perlu membawa kamera yang notabene akan menambah list bawaan anda dengan membawa baterai kamera, charge kamera, lensa dll. Atau pilihkan kamera pocket yang tidak akan menghabiskan banyak ruang didalam backpack anda.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya