Sudah bukan rahasia lagi skripsi menjadi cerita tersendiri bagi para mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjuang untuk lulus. Khususnya yang sudah melebihi batas waktu normal untuk menyelesaikan kuliah yaitu 4 tahun. Banyak faktor yang membuat seseorang bisa telat lulus, beberapa diantaranya berasal dari diri kalian sendiri, seberapa besar niat yang kalian punya, dan tentu saja faktor luck.Tak jarang banyak orang bertanya "kok belum lulus? padahal anaknya Pak X sudah lulus. kalian kan satu angkatan"

Bagi kalian yang berada di posisi tersebut, pasti pertanyaan semacam itu bikin kuping kalian panas. Kalian pasti merasa dibanding-bandingkan dengan orang lain yang jelas-jelas nasibnya beda,atau mungkin sempat terbesit rasa minder pada diri kalian karena mereka berpikir kalian tidak berkualitas secara akademik.

Advertisement

Tunggu dulu! Lulus kuliah telat bukan berarti kalian orang yang tidak berkualitas lho. Percayalah bahwa setiap orang berjalan di zona waktunya masing-masing. Mungkin menurut kebanyakan orang tepat waktu untuk lulus kuliah S1 adalah 4 tahun, namun belum tentu menurut Tuhan seperti itu. Logika Tuhan tidak pernah sama dengan logika manusia. Jika kalian sudah mengusahakan yang terbaik, namun kelulusan belum juga kalian dapatkan, itu artinya Yang Maha Kuasa belum berkendak sekarang. Yang terpenting kalian tetap gigih berjuang, dan berhenti berpikir untuk menyerah serta buang jauh – jauh rasa malas dari dalam benakmu.

Lulus telat bukan berarti nasib kalian di masa depan akan suram. Karena sudah pasti kalian mendapatkan banyak pelajaran berharga dari proses penggodokan selama kalian mengerjakan skripsi, seperti belajar sabar, belajar ikhlas, terlatih menunggu, dan pelajaran-pelajaran hidup yang lain. Hal tersebut dapat menjadi modal bagimu saat masuk ke dunia luar, atau kata orang-orang 'the real world' untuk menjadi orang yang lebih kuat dari segi mental.

Kualitas diri seseorang tidak ditentukan oleh seberapa lama orang itu menempuh gelar pendidikan, tapi dinilai dari banyak aspek, seperti soft skillmu dalam berkomunikasi dengan orang lain, kemampuanmu dalam bekerja, etos kerjamu yang baik, pribadimu yang mengagumkan dan kelebihan-kelebihanmu yang lainnya.

Advertisement

Mungkin pada suatu waktu kamu berpikir, dunia kerja yang keras itu tidak akan menerima kalian karena banyak lulusan yang lebih hebat dibanding kamu. KAMU SALAH! Dunia tidak sesempit itu kawan! Banyak hal yang akan dinilai saat kamu masuk ke dunia kerja, bukan hanya IPK dan tahun lulus kalian semata.

Jadi, tetap berpikir positif dan tak perlu berkecil hati bila kamu telat lulus kuliah. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya