Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah namun juga tidak sesulit yang banyak orang katakan. Pilihlah pekerjaan sesuai dengan kemampuanmu atau sesuai dengan minatmu dan yang paling penting adalah bisa menguasai tugas kerja yang akan dilakukan.

Mengenai pekerjaan jaman sekarang yang menuntut akan melek teknologi, kita sebagai pengguna juga harus pintar-pintar dalam memilih informasi mengenai pekerjaan yang ditawarkan apalagi melalui media sosial atau internet yang notabene kita tidak bisa memastikan dengan jelas sumber informasinya. Bagaimanapun media sosial menjadi penyalur nomor 1 saat ini untuk media informasi bagi masyarakat.

Advertisement


Sesuaikan dengan keahlian anda, pastikan pekerjaan tersebut tidak akan menjadi beban tersendiri saat menjalani nantinya, karena sebuah pekerjaan akan lebih cepat selesai jika kita selalu menikmati apa yang sedang kita kerjakan.


Memang bukan hal yang mudah mencari sebuah pekerjaan sesuai minat atau hobi kita, setidaknya dengan mengambil pekerjaan itu, kita bisa bertanggung jawab. Bertanggung jawab dengan hasil kerja, bertanggung jawab terhadap perusahaan atau instansi tempat kerja, dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri karena memilih pekerjaan yang dipilih.

Untuk para pencari kerja, jangan juga terlalu memilih kesempatan yang datang, apalagi jika sesuai dengan kemampuan dan kita juga dirasa sanggup untuk menjalaninya, coba saja. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita berani mencoba.

Advertisement

Niat dan keyakinan memang perlu banyak membantu dalam mencari pekerjaan, jika niat hanya setengah hati, keinginan untuk memulai juga tidak bisa sepenuh hati. Jangan terlalu menyesali keputusan yang sudah dipilih setelah menolak atau tidak berniat mencoba melamar pekerjaan, karena jika suatu hari kita mendapat pekerjaan yang lain, kita pasti akan menyesal, tidak semangat menjalani pekerjaan, sehingga mempengaruhi hasil.

Mintalah pendapat kepada orang terdekat tentang pekerjaan yang akan diambil. Orang disekitar anda juga pasti akan memberikan pendapat, siapa tau orang disekitar kita lebih mengetahui perihal pekerjaan itu. Informasi yang sangat penting adalah pengalaman, jika kita fresh graduate, tentu saja belum ada pengalaman.


Bertanyalah kepada teman atau orang terdekat anda mengenai pengalaman mereka saat bekerja, bagaimana suasana kerja, bagaimana teman kerjanya, atau bahkan menanyakan gaji jika anda berani.


Bagi yang sedang mencari pekerjaan, tetap bersabar dan berusahalah, jangan lupa berdoa atas segala pencapaian yang anda dapat selama ini. Suatu hari anda akan bersyukur atas segala apa yang telah anda lakukan dengan kerja keras saat ini.

Semua butuh proses, semua butuh pengorbanan, istirahatlah sejenak jika anda merasa tidak bersemangat, tetapi bangkitlah kembali dengan tenaga yang lebih besar. Selamat mencari pekerjaan!! Fighting !!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya