Tidak Semua Kegagalan Harus Disesali, Kegagalan Adalah Bagian Kesuksesan

Jangan takut gagal, gagal tidak sesakit itu

Diantara banyak kata, kegagalan merupakan salah satu kata yang ditakuti. Kegagalan mengikuti siapapun, menghantui siapapun dan dapat terjadi pada siapapun. Setiap kesuksesan tidak akan terlepas dari kegagalan. Tulisan ini ditulis untuk kamu yang tengah merasakan kegagalan.

Advertisement

Dunia ini dipenuhi dengan kompetisi. Yang terbaik akan mendapatkan penghargaan dan yang buruk akan mendapatkan penghinaan. Dunia saat ini berfokus pada angka dan peringkat. Mereka sama sekali tidak akan melihat bagaimana prosesmu untuk meraih sesuatu. Mereka hanya ingin melihat hasilmu. Walapun seperti itu, jangan pernah berhenti berjuang.

Kamu tahu bukan, bahwa kamu dapat lebih hebat dari siapapun. Kamu adalah orang yang berjuang atas kehidupanmu. Seribu kali gagal maka kamu harus bangkit seribu kali lagi dan lebih dari itu. Memang melelahkan bahkan sangat melelahkan. Kamu akan berpikir pasti dirimu tidak ditakdirkan untuk hal itu. Jangan berhenti. Kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dimasa depan.

Semua orang takut dengan apa yang disebut kegagalan. Aku dan kamu pun begitu. Tapi sebenarnya kegagalan akan menjadi kekuatan bagimu. Memang benar kamu akan merasakan sakit luar biasa saat mengalami kegagalan namun saat itu semua berlalu, kamu akan berani mengatakan bahwa itu semua tidak sesakit yang dibayangkan. Ternyata aku dan kamu dapat melewati itu semua dengan baik.

Advertisement

Untuk kamu yang tengah merasakan kegagalan, apapun itu, jangan pernah berhenti berjuang. Kamu harus menunjukkan pada mereka bahwa usahamu akan membuahkan hasil. Jika ingin berhasil kamu harus bisa melewati kegagalan dan rasa sakit yang akan menghancurkanmu. Kamu harus kuat untuk dirimu sendiri.

Saat orang lain mengatakan untuk berhenti berjuang maka kamu harus dengan lantang mengatakan bahwa ini adalah jalanku. Kamu tidak perlu takut tersesat, tidak perlu takut salah mengambil jalan. Kamu akan menemukan jalanmu yang paling baik karena kamu telah berusaha.

Advertisement

Suatu hari jika kamu telah mencapai batas kemampuanmu, kamu dapat beristirahat sejenak. Kamu juga harus memikirkan dirimu sendiri. Saat kamu merasa berat untuk melangkah, kamu harus ingat bahwa kamu telah melakukan yang terbaik. Tidak masalah langkahmu terhenti, semua orang juga merasakannya. Tapi jangan lupa untuk melanjutkan langkahmu setelah kamu merasa baik-baik saja.

Banyak orang yang mengatakan bahwa kita harus menghabiskan jatah gagal kita untuk sebuah kesuksesan, lantas mengapa kita tidak menghabiskan jatah kegagalan kita mulai saat ini. Kegagalan bukan sebuah dosa atau aib. Kegagalan menandakan kamu sudah berjuang dengan sangat baik. Mari kita mendapatkan kekuatan dan pengalaman dari kegagalan kita. Jalan manapun yang akan kamu tempuh, mari kita lakukan bersama dan mari selalu bahagia atas apa yang telah kita raih.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa biasa yang mencari pengalaman

CLOSE