Siapa mau ke UK? Saia. Ah ngimpii… Ya biarin, toh orang bijak berkata semua berawal dari mimpi. Dan memang ada benarnya, bahkan beberapa sudah terbukti di sini. Pernah mimpi punya DSLR, keturutan. Dulu mimp bisa jalan – jalan ke MY, SG dan ke US Singapore, eee terwujud juga kan.

Alhamdulillah :)

Advertisement

Kembali ke artikel. So. Apa saja yang perlu diketahui sebelum bepergian ke United Kingdom?

1. Paspor dan Visa.

Pastikan paspor anda masih berlaku, minimal 6 bulan sebelum masa berlaku paspor habis. Jadi kalau sekarang katakan bulan Januari 2018, anda mau ke UK bulan Juni 2018. Maka sebaiknya perpanjang dulu saja paspor anda, baru ajukan Visa.

Advertisement

Kemudian visa. Untuk bisa masuk ke UK anda harus terlebih dulu mengantongi Visa. Beda dengan ke MY, SG atau negara bebas visa lainnya. Nah kabar-kabarnya pengajuan visa ke UK ini tidak mudah. Persyaratannya banyak terutama bagi pelancong atau wisatawan. Untuk persyaratan pengajuan visa ke UK bisa di baca di situs remsi pemerintahan UK atau klik di sini.

Namun biasanya visa lebih mudah keluar jika anda bepergian ke UK karena mendapat undangan dari seseorang atau organisasi atau lembaga yang berada di UK. Seperti itu.

2. Cuaca.

Perhatikan cuaca. Inggris memiliki 4 musim yaitu musim semi, panas, gugur & musim dingin. Bulan Maret sampai Mei adalah waktunya musim semi di Inggris. Ini berarti anda akan merasakan siang yang lebih lama di banding malam. Kabar-kabarnya, terkadang matahari baru terbenam sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Musim panas. Juni sampai dengan Agustus. Ini adalah musim yang ideal untuk mengunjungi UK, khususnya bagi kita warga Indonesia. Karena di musim inilah Inggris memiliki suasana cuaca yang tidak berbeda jauh dengan di Indonesia.

Suhu berkisar antara 17 – 30 derajat celcius. Cocok untuk jalan-jalan menjelajah kota London dan kota-kota lain di Britania Raya. Meskipun demikian informasinya masih tetap lebih dingin dari pada di Indonesia. Maksudnya tetap lebih dingin di banding kota-kota pesisir di Indonesia kali ya.

Musim gugur. September sampai dengan November. Sudah mulai dingin dengan suhu di kisaran 11 – 15 derajat celcius. Beberapa berpendapat musim gugur di UK masih masuk lah buat jalan – jalan, meski sepertinya perlu bawa mantel ya secara suhu seperti itu.

Musim dingin. Desember – Februari. Di musim ini sudah jarang di temui wisatawan yang berkeliaran. Karena dingin, suhu bisa berkisar antara 1 – 7 derajat, bahkan bisa mencapai minus di malam hari.

Informasi mengenai cuaca ini penting, terlebih saat kita akan berkunjung ke negara yang memiliki empat musim yang berbeda dengan negara kita. Seperti di UK ini. Agar tidak saltum dan perjalanan tetap berkesan dan menyenangkan.

3. Destinasi Wisata.

Kalau bagi penulis, bisa menjejakkan kaki di Britania Raya saja sudah bersyukur sekali apalagi bisa masuk mengunjungi destinasi – destinasi wisata di London dan kota – kota lain di UK. Nah perlu diketahui beberapa destinasi favorit di London dan kota – kota lain di UK seperti London Eye, Warner Bros. Studio Tour London – The Making of Harry Potter, Big Ben, Tower Bridge. Dan lain-lain.

London Eye meski di dekat Indonesia juga ada destinasi sejenis, Sg Flyer. London Eye tetap menarik untuk di kunjungi, dan masih merupakan destinasi wisata favorit di London. Big Ben, meskipun ada yang lebih baru dan lebih besar, Royal Clock Tower. Big Ben masih menjadi tujuan favorit karena selain arsitekturnya yang ikonik, Big Ben juga memiliki nilai historis yang tak kalah menarik.

Tower Bridge, salah satu Landmark London. Destinasi wajib kunjung. Dan berbagi destinasi lainnya yang tidak akan habis dibahas dalam satu artikel. Untuk destinasi – destinasi menarik lainnya akan di bahas di artikel terpisah.

4. Sistem transportasi di UK.

London terkenal tertib, termasuk lalu lintas & sistem transportasinya. Kabarnya kita tidak akan melihat kemacetan di sana. Suatu hal yang unik, dan merupakan destinasi wisata tersendiri disana yaitu wisata bebas macet heheh….

Ok, untuk wisatawan yang berkunjung ke London bisa memanfaatkan jaringan transportasi sebagai berikut:

– Bis bertingkat warna merah. Ini ikonik. Mempunyai jaringan yang cukup luas bahkan kabarnya merupakan salah satu jaringan bus yang terbesar di dunia. Beroperasi 24 jam.

– Taksi hitam. Atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hackney. Hackney ini juga ikonik. Siap mengantar anda ke destinasi wisata di seluruh pelosok London.

– London Underground *hehe keren ya namanya… alias tube. Subway atau kereta bawah tanah. Ini transportasi sejuta umat, sudah banyak negara maju memilikinya dan rata – rata menjadi favorit penduduk & juga wisatawan karena bersih, cepat, tepat waktu, mudah di akses, dan murah.

– Perahu di Sungai Thames. Tentu rutenya terbatas di sepanjang sungai Thames. Tapi jangan kuatir Sungai Thames sendiri adalah satu destinasi wisata di kota London. Selain itu banyak Landmark yang terletak di tepian Sungai Thames ini. Seperti London Eye, London Bridge, London Tower dan masih banyak lagi. Manfaatkan tur yang akan mengantar anda ke sebagian besar destinasi ikonik di London dengan biaya sekitar 15 Euro.

5. Bahasa dan Mata Uang yang digunakan.

Untuk Bahasa jelas bahasa Inggris yang di gunakan. Inggris nya Inggris alus aksennya khas British. Mata Uangnya Poundsterling. Mata uang termahal di dunia. Terpantau di net per Februari 2018 kursnya adalah 1 British Pound (GBP) adalah setara dengan kira-kira 19.000 Rupiah (IDR). Ini mungkin yang menjadikan UK adalah destinasi mimpi bagi sebagian kita. Mehong cyin… hahah….

Demikian, semoga bermanfaat and….

Happy Travelling

ahstravelling.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya