Awal Mula Kemunculan Internet dan Kiprahnya Sebagai Gerbang Dunia Digital

Keadaan saat ini membuat seluruh aktivitas yang dilakukan oleh seluruh dunia melalui sistem dalam jaringan atau biasa kita sebut daring seperti sekolah, kantor, kuliah, dan sebagainya. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh KompasTekno We Are Social, kira-kira waktu yang dibutuhkan oleh orang Indonesia dalam mengakses internet setiap harinya adalah 8 jam 52 menit per harinya. Pada jam-jam tersebut orang-orang tidak hanya melakukan aktivitas daring saja namun berselancar dalam media sosial.

Advertisement

Semua jaringan ini bisa dengan mudah kita akses dengan menggunakan internet (Interconnection Networking) yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya dengan mengirimkan TCP/IP yang di dalamnya memuat alamat dan id user pada setiap komputer yang tersebar di seluruh dunia. Internet dapat menyimpan data berupa file –file yang nantinya bisa kirimkan dari komputer satu ke komputer lainnya.

Ketika menjelajahi dunia internet kita juga akan menemukan sebuah istilah yaitu website yang domainnya diawali dengan www. Domain www ini sendiri berbeda dengan internet namun keduanya merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan.

Awal Mula Kemunculan Internet

Advertisement

Perjalanan awal dari internet bermula dari percobaan yang pernah dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bertujuan ingin menciptakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar dan terus menerus. Ketika ada satu komponen jaringan yang error atau rusak di dalamnya bagian lainnya masih dapat berfungsi dengan baik. Jaringan yang berhasil diciptakan ini kemudian di namakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

ARPANET berhasil menciptakan jaringan komputer pertama pada akhir tahun 1969 dan mengalami perkembangan yang sangat pesat pada tahun 1981 karena jaringan komputer host  yang terhubung pada ARPANET menjadi 213 host, terdapat penambahan 1 host dalam kurun waktu 20 hari. Pada tahun 1984 juga mulai diperkenalkan istilah DNS atau Domain Name system sebagai sistem yang mengelola komputer server yang terhubung untuk mengelola web. 

Advertisement

Pada tahun 1989 telah ditemukan juga sistem komputer yang merupakan cikal bakal web dengan teknik hyperlink (teks yang didalamnya terdapat sebuah link yang memungkinkan pengguna mengakses suatu file ketika membuka link tersebut). Penemuan ini ditemukan oleh Tim Berners Lee. Kemudian pada tahun 1991 seorang ilmuwan lain yang bernama Paul Linder dan Mark P. McCabill menemukan sebuah program Gopher yang membuat para pengguna internet bisa melakukan suatu pencarian dokumen di internet walau aksesnya masih terbatas teks saat itu. Pada tahun yang sama juga WWW (World Wibe Web) yang diluncurkan oleh CERN di daerah Jeneva,Swiss, bahasa internet yang masih digunakan saat itu berupa HTML (Hyper Text Markup Language).

Mesin penemuan seperti Google mulai muncul sekitar tahun 1998. Saat itu fungsi Google adalah memindai informasi yang pengguna internet inginkan dan saat itu mesin pencarian yang sangat populer pada masa itu adalah Yahoo dan awal kejayaan internet dimulai pada tahun 2000-an di mana fungsi internet menjadi easy to use software program yang akhirnya mulai munculah blog, situs sharing video, dan situs social networking. Pada tahun 2000-an ini juga mulai ditemukan berbagai media sosial yang sampai saat ini perkembangannya masih dibilang cepat.

Media sosial era konsumtif masyarakat

Penemuan media sosial pertama berada pada tahun 2002 yang ditandai dengan mulai adanya aplikasi Friendster. Aplikasi ini sendiri dapat membuat penggunanya untuk membuat relasi pertemanan dalam dunia maya di seluruh dunia.  Tidak lama setelah aplikasi ini muncul, penemuan dilanjutkan dengan meluncurnya sebuah situs yang memungkinkan pengguna untuk membagikan pengalamannya tentang dunia pekerjaan dan bisnis, situs ini bernama Linkendin dan ditemukan pada rentang tahun yang saman dengan Friendster.

Penemuan Friendster dan Linkendin sendiri ternyata membuka jalan untuk inovasi-inovasi media lainnya seperti pada tahun 2003 meluncurnya sebuah situs yang bernama MySpace yang dimana situs ini memfokuskan pada lagu. Lewat situs ini kita dapat melakukan pertukaran pesan, mengunggah sebuah lagu yang kita sukai dan situs ini juga menyediakan profil pribadi agar bisa terlihat oleh orang-orang.

Penemuan yang paling membawa pengaruh masyarakat dalam penggunaan smartphonenya diawali dengan diciptakannya sebuah aplikasi bernama Facebook yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg. Aplikasi ini membawa berbagai inovasi dari pada aplikasi-aplikasi sebelumnya, melalui aplikasi Facebook ini kita bisa mengikuti seorang teman yang kita sukai selain itu situs facebook ini juga memungkinkan kita untuk mengunggah sebuah gambar dan video kepada pengguna lain secara online.

Dari sanalah mulai tercipta berbagai media sosial seperti instagram, Whatssap, Snapchat, twitter dan sebagainya yang sampai saat ini menjadi era konsumtif masyarakat dalam melakukan komunikasi terutama di era pandemic seperti sekarang ini jumlah pengguna media-media sosial meningkat sangat drastis dari tahun-tahun sebelumnya. Orang-orang menggunakan internet rata-rata hampir 24 jam setiap harinya selama pandemi ini karena memang Internet telah menjadi komoditas utama pada era globalisasi ini

Semua situs dan aplikasi tersebut dapat kita akses melalui internet dengan menggunakan domain pencarian WWW tetapi sekarang google telah memudahkan kita untuk melakukan unduh aplikasi-aplikasi tersebut melalui google play sebuah platform untuk mendownload aplikasi-aplikasi seperti musik, game, dan lain-lain. Tanpa adanya internet semua penemuan aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan berarti karena pada dasarnya semua aplikasi-aplikasi atau situs yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari semuanya bermula dari Internet. Alasan tersebut yang menjadikan mengapa Internet menjadi gerbang untuk menuju dunia serba digital.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE