Yuk Kenalan dengan Mata Kuliah Pilihan yang Ada di Fisika

Seperti namanya mata kuliah pilihan, berarti kita bebas memilih mana yang kita suka.

Menjadi mahasiswa Fisika tidak hanya berhadapan dengan mata kuliah wajib yang mengasyikkan, tetapi kita juga akan diberi kesempatan mengikuti mata kuliah pilihan sesua kelompok bidang yang ada. Seperti namanya mata kuliah pilihan, berarti kita bebas memilih mana yang kita suka. Mata kuliah pilihan ini nantinya menjadi bekal kalian menulis skripsi dengan tidak melupakan mata kuliah wajib tentunya. Nah, langsung aja kita bahas beberapa bidang mata kuliah pilihan yang ada di Fisika.

Advertisement

Yang pertama, bidang Fisika Material dan Koloid. Bagi kalian yang suka dengan Kimia mata kuliah ini cocok untuk kalian. Secara umum bidang ini mempelajari tentang Fisika Kimia, Kristal Cair, Fisika Nano, Semikonduktor, dan masih banyak lagi.

Yang kedua, bidang Fisika Nuklir. Bagi kalian yang tertarik dengan teknologi nuklir kalian bisa mengambil mata kuliah pada kelompok bidang ini. Bidang Fisika Nuklir memiliki beberapa mata kuliah pilihan misalnya Fisika Reaktor, Instrumentasi Nuklir, Metode Deteksi Radiasi, dan masih banyak lagi.

Selanjutnya, bidang Fisika Bumi. Kelompok bidang ini tidak kalah menarik dari kelompok bidang yang lain. Tertarik untuk meneliti perubahan iklim di Indonesia? Atau bencana alam (misalnya gempa bumi) di Indonesia? Nah, kalian bisa ambil bidang Fisika Bumi ini. Bidang Fisika Bumi memiliki beberapa mata kuliah pilihan misalnya Geofisika, Geologi, Geodinamika, Metode Seismik, dan lain-lain.

Advertisement

Terakhir, bidang Instrumentasi dan Sinyal. Bagi kalian yang ingin membuat alat misalnya lampu otomatis, pemanas air atau yang lainnya kalian bisa ambil kelompok Instrumentasi. Sedangkan untuk kalian yang suka otak-atik coding, bermain-main dengan fisika komputasi kalian bisa ambil kelompok Sinyal. Mata kuliah pilihan yang ditawarkan bidang ini diantaranya Sistem Kendali, Analisis Getara, Pengolahan Sinyal Digital, Pengolahan Citra, Penguat dan Filter Elektronik dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi gambaran singkat kelompok bidang dan mata kuliah pilihan yang ada di Fisika. Uraian di atas ditulis berdasarkan pengalaman penulis selama menjadi mahasiswa Fisika. Jadi, mungkin ada sedikit perbedaan dengan prodi Fisika di universitas yang lain. Tapi, pada intinya tetap sama kok Fisika itu menyenangkan dan menarik untuk dipelajari. Untuk teman-teman yang sedang kuliah di prodi Fisika tetap semangat ya! dan untuk teman-teman yang mau kuliah di Fisika jangan ragu jangan bimbang kalian pasti mampu!


“Teruslah melangkah sampai apa yang kamu inginkan dapat kamu nikmati”


Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE