Membaca adalah kegiatan yang bagi sebagian orang membosankan. Tapi bagi sebagian yang lain membaca adalah kegiatan yang begitu mengasyikkan, bahkan tak jarang membuat lupa akan waktu.

Bagi kamu, yang suka baca novel, pengalaman apa yang seringkali kalian rasakan saat membaca? Coba simak satu persatu ya, barangkali hal-hal di bawah ini pernah kamu rasakan.

Advertisement

Imajinasi tingkat dewa

Novel apa yang biasa kamu baca? Jika kamu suka banget sama novel bergenre fantasi, science fiction, dan novel-novel lain berbau petualangan, kalian pasti "seru" sendiri saat membacanya. Ikut deg-degan, atau bahkan bisa sampe keringetan pas baca.

Jatuh cinta sama tokoh

Advertisement

Kalian yang suka baca novel roman, pasti membayangkan tokoh yang tampan, cool, tinggi, pemain basket, dan seabrek tambahan fisik lainnya. belum lagi karakter tokoh yang dibuat se-apik mungkin. Tokoh yang ramah, cowok ala ala bad-boy tapi baik, dermawan, pinter, dan sifat-sifat lainnya yang pasti bikin baper. Tapi Novel jenis ini biasanya banyak dibaca sama cewek ya, jadi jarang sepertinya ada cowok yang sampe "naksir" sama tokoh cewek di novel.

Nambah pengetahuan baru

Nah, kalo novel yang satu ini, sangat-sangat menarik menurut saya. Selain menyajikan jalan cerita yang asyik, juga menambah pengetahuan baru. contohnya tipe novel bergenre science fiction. Fiksi dengan penyajian ilmiah sedetil mungkin. Kebayang nggak, kamu bisa belajar, tapi nggak bikin bosen. Jadi, pemaparan ilmiah disampaikan dengan bahasa seringan mungkin, ala novel, dimasukkan ke dalam inti cerita, dan pastinya bikin kita gampang untuk memahaminya.

Serasa jadi bagian dari cerita

Pernah nggak kamu ngerasain ikut deg-degan, atau sampe ikut mikir, gimana solusi dari masalah yang ada di cerita? Apalagi saat klimaks, kamu seolah olah ada di latar tempat yang sama dengan si tokoh. Saat pertarungan, kamu ikut tegang, saat tokoh bercanda, kamu ikut ketawa, saat tokoh sedih, kamu ikut nangis. Pokoknya, serasa dunia terhenti sejenak, dan kamu lupa kalo kamu sedang ada di dunia nyata, bukan di dunia fiksi. Ayoo, jangan lupa back to reality ya.

Sedih pas bukunya habis dibaca

"Yaaah, habis" pernah nggak kalimat itu yang terlontar saat kamu menyelesaikan bacaan novel? Saya sih gitu, paling nggak hembusan nafas, antara hembusan nafas lega dengan hembusan nafas yang nggak rela hehe. Apalagi kalau novelnya bersambung, lanjut ke buku berikutnya. Rasanya, pengen bilang kalau yang penulis lakukan itu, jahat, iya nggak sih?

So, novel apa yang lagi kamu baca? Selamat berpetualang di cerita, semoga berakhir dengan sempurna.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya