Menyanyi merupakan hobi yang digemari oleh orang banyak, karena selain mudah dilakukan menyanyi juga merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres. Apalagi ketika kita mempunyai lagu favorit, pastinya kita akan selalu mendengarkan dan menyanyikan lagu kesukaan kita tersebut. Namun, terkadang ada beberapa nada tinggi yang membuat kita kewalahan dalam menyanyikan lagu tersebut. Tapi ada cara agar kita bisa mencapai nada tinggi tersebut. Mau tahu bagaimana caranya?

Belajar Falsetto voice

Advertisement

Falsetto voice memiliki arti suara palsu, dikatakan suara palsu karena suara ini banyak digunakan para pria untuk mencapai nada tinggi dan terdengar seperti suara perempuan. Bagi yang belum tahu seperti apa itu suara falsetto, kalian bisa mendengarkan suara mickey mouse di youtube ataupun media lainnya karena bisa dibilang pengisi suara dari kartun mickey mouse menggunakan suara falsetto. Akan tetapi, masih banyak yang belum bisa menyanyi menggunakan suara falsetto karena belum terbiasa. Bagaimanakah cara melatihnya?

Yang pertama, kalian bisa melatih suara falsetto dengan melakukan pemanasan menggunakan suara vocal fry. Vocal fry merupakan jenis suara terendah dalam bernyanyi. Kalian bisa menggunakan jenis suara ini untuk melatih suara falsetto kalian. Yaitu dengan cara mengucapkan huruf a dengan nada yang paling rendah menggunakan vocal fry, setelah itu kalian ucapkan huruf u dengan memindahkan suara vocal fry ke suara falsetto. Lakukan berulang-ulang sampai kalian bisa.

Yang kedua, setelah kalian bisa melakukan suara falsetto kalian harus membuatnya lebih halus dengan menyanyikan huruf wi menggunakan suara falsetto. Lakukanlah dengan nada naik turun dan bisakanlah hal tersebut. Dengan begitu suara falsetto kalian akan terdengar lebih halus dan tidak terputus-putus.

Advertisement

Yang ketiga, latihanlah dengan menyebut huruf ki menggunakan suara falsetto. Lakukanlah berulang-ulang sampai kalian bisa. Hal ini dilakukan untuk menyempurnakan suara falsetto kalian. Setelah kalian sudah benar-benar bisa menggunakan suara falsetto, yang harus kalian lakukan hanyalah berlatih memindahkan dari suara dada ( chest voice ) ke suara palsu ( falsetto voice ). Bagi yang masih bingung, silahkan kalian cari di youtube channel vokalplus.

Bagaimana? Setelah mengetahui caranya apakah kalian segera ingin mencobanya? Selamat berlatih untuk kalian semua!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya