Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang banyak. Namun jumlah penduduk yang banyak ini tidak diimbangi dengan tersedianya lapangan pekerjaan yang cukup. Keadaan ini membuat pengangguran di Indonesia semakin banyak, dan efeknya kriminalitas meningkat begitu tajam

Nama saya Ria Arifiani, saya adalah salah satu mahasiswi jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta ( UST ). Mencari pekerjaan pada saat ini tidaklah mudah, lapangan pekerjaan yang sempit dan pesaing yang banyak menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Advertisement

Pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, namun lapangan pekerjaan yang sangat terbatas ini terkadang membuat saya takut, saya takut jika saya tidak benar – benar berkualitas, kelak bisa – bisa saya akan sulit mendapat pekerjaan dan mungkin saya bisa menganggur. Dilihat dari jumlah lulusan sarjana di UST saja tiap tahunnya begitu banyak, belum lagi lulusan sarjana atau pasca sarjana dari Universitas lainnya. Itu saja baru lulusan para sarjana, belum lulusan – lulusan pendidikan lainnya.Tidak jarang banyak sarjana yang nganggur. Keadaan ini sunggguh memprihatinkan.

Saya adalah anak pertama dari dua bersaudara, kami hidup sederhana, dan ayah saya pun bekerja sebagai penjual roti, yaa usaha kecil – kecilan. Saya ingin membantu ayah saya dengan mencari kerja sampingan yang bisa saya lakukan setelah pulang kuliah. Kemudian saya mulai sibuk wara – wiri mencari pekerjaan yang cocok untuk mahasiswi seperti saya ini, namun saya belum juga menemukan pekerjaan itu, ternyata mencari kerja memang sulit.

Karena belum juga mendapat kerja sampingan, selesai kuliah saya disuruh membantu ayah saya membuat roti untuk dijual dipasar. Alhamdulilah banyak yang suka dengan roti buatan ayah saya ini dan kami pun mulai dibanjiri pesanan.Usaha kecil kami mulai berkembang, bahkan banyak saudara dan tetangga yang ingin melamar untuk membantu usaha ini. Lama kelamaan saking asiknya saya mulai menyenangi kegiatan saya ini, mengerjakan usaha sendiri ternyata lebih menyenangkan dan tentunya menguntungkan, bahkan saya lupa kalau saya sedang mencari kerja sampingan.

Advertisement

Dari sini saya mulai sadar begitu banyak orang diluar sana yang sibuk mencari kerja, mereka bersaing , berlomba – lomba untuk mendapatkan pekerjaan, padahal lapangan pekerjaan yang tersedia sangatlah terbatas. Dari pada sibuk wara – wiri mencari pekerjaan, kenapa tidak kita mencoba sesuatu yang baru dengan membuat suatu pekerjaan yang nantinya kita bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain, bukankah ini lebih bermanfaat. Dengan bisa menciptakan lapangan pekerjaan, kita juga turut andil dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Membuka suatu usaha memang tidak mudah, akan tetapi jika kita bersungguh – sungguh, bekerja keras dan pantang menyerah kita pasti bisa dan jika memang akhirnya belum memuaskan, kita belum bisa meciptakan suatu pekerjaan, kita harus tetap bersyukur setidaknya kita telah berusaha, berusaha membuat suatu perubahan untuk bisa lebih maju.

Jangan menyerah kawan, teruslah berinovasi dan kembangkan kreativitasmu, lakukanlah perubahan positif untuk hidupmu, hidup orang lain dan untuk negaramu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya