Girls, kamu tahu nggak sih apa itu insomnia? Insomnia bukanlah suatu penyakit melainkan suatu gejala kelainan yang ada dalam tidur yang berupa kesulitan dan gangguan tidur. Insomnia juga terjadi karena masalah psikologis misalnya seperti kecemasan, depresi dan stres yang berkepanjangan.

Namun, meskipun insomnia hanyalah suatu gejala kesulitan tidur kalian tidak boleh menganggap remeh loh. Insomnia juga memiliki dampak yang berbahaya untuk tubuh kita seperti bisa menyebabkan diabetes, gangguan jantung, penurunan daya ingat (memory) di otak, kegemukan bahkan bisa menyebabkan kanker payudara. Tidak hanya berdampak pada tubuh saja, insomnia juga berdampak pada kulit wajah seperti beresiko 2 kali terjadi penuaan dini, kulit wajah menjadi kusam, berjerawat dan menimbulkan kantung mata yang besar.

Advertisement


Dampak nyata yang sering kita temui pada orang yang terkena insomnia adalah hari-harinya tidak ada semangat serta perasaan menjadi tidak karuan (badmood). Dengan kata lain insomnia dapat merusak kegiatan yang seharusnya bisa berjalan dengan lancar hanya karena begadang sampai larut malam semua menjadi hancur.​


Menurut berbagai riset insomnia sering terjadi pada perempuan. Mengapa demikian?

Hal ini di karenakan perempuan itu multitasker, yang dimaksudnya disini ialah perempuan sebelum tidur suka melakukan pekerjaan yang cukup berat seperti menyelesaikan pekerjaan kantor, lembur kerja ,mengurus anak dan lain-lain. Perempuan juga cenderung memikirkan tentang suatu hal seperti masalah-masalah yang terjadi sehingga menjadi beban pikiran tersendiri sehingga menjadi sulit melakukan tidur.

Advertisement

​Tidak hanya itu saja, di zaman yang moderen ini banyak perempuan yang tidak memperhatikan gaya hidup mereka. Padahal itu juga termasuk faktor terkena insomnia seperti suka mengkonsumsi alkohol, merokok, minuman yang berkafein, jarang olahraga dan lain-lain. Sebuah Studi Kohort Prospektif besar menunjukkan perempuan dengan insomnia memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kanker payudara.

Idealnya tubuh kita butuh istirahat selama 7-9 jam perhari. Perempuan yang insomnia berarti mereka yang kualitas dan kuantitas tidurnya tidak tercukupi. Kurangnya jam tidur pada tubuh kita menyebabkan sistem kekebalan (imun) menjadi menurun bahkan bisa sangat menurun. Saat kekebalan dalam tubuh drop, akan sangat berpeluang besar tubuh terserang penyakit. Produksi hormon melatonin menjadi terhambat sehingga meningkatkan produksi hormon estrogen yang bisa meningkatkan resiko kanker itu sendiri. Dan yang sering muncul ialah sel kanker payudara.


Dilansir dari DetikHealth.com Praktisi Kesehatan Tidur dr Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran, “penelitian pada wanita yang pola hidupnya terjaga, sehat, langsing, olahraganya rutin, tapi tidurnya kurang dari 7 jam itu resiko kanker payudaranya 47 persen.”


Memang dampak dari insomnia tidak secara langsung terjadi, tetapi jika kalian terus menerus cuek dan tidak peduli pada tubuh kalian sel-sel kanker payudara akan sangat mungkin untuk masuk ke tubuh kita. Karena insomnia yang akut sudah tidak bisa di sembuhkan lagi dengan cara-cara yang biasa melainkan harus kepada dokter sehingga ditindak lanjuti. Cara terbaik agar terhindar dari insomnia adalah mulailah hidup sehat dengan mengubah pola tidur yang teratur serta disiplin. Usahakan olahraga di setiap pagi ataupun sore tidak sebelum tidur karena akan sangat mempengaruhi tidur kalian. Tidak terlalu memikirkan suatu hal karena itu bisa menjadikan kalian stress hingga depresi. Dan juga harus didukung dengan makanan yang sehat.

Tuh girls serem banget kan dampak dari insomnia. Oleh karena itu, mulailah cegah insomnia dari sekarang dengan begitu badan akan menjadi sehat, terhidar dari penyakit dan kecantikan wajahpun akan lebih alami.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya