Orang bilang, cinta itu seperti misteri. Datang tiba-tiba tanpa alasan yang pasti. Padahal, sebenarnya, nggak gitu juga. Ada kok alasan-alasan ilmiah yang bisa menjelaskan kenapa kita jatuh cinta dan ini berhubungan dengan pikiran dan alam bawah sadar kita.

Pernah nggak kamu bertanya-tanya, kenapa sih kamu suka sama seseorang. Kenapa harus dia?

Advertisement

Jawabannya sederhana, tiap orang punya alam bawah sadar yang isinya adalah "kriteria" pasangan ideal. Kriteria ini semacam check list yang tersusun (secara tidak sadar, tentunya) oleh latar belakang kamu, hal-hal yang kamu suka, nilai-nilai yang kamu anggap penting, apa yang pernah kamu alami di masa lalu, dan juga keyakinan atau agama. Nah, karena si check list ini adanya di bawah sadar, maka orang-orang pun akhirnya menganggap cinta itu suatu hal yang misterius, karena ada diluar pemahaman. Jadi, sebenarnya, saat kamu suka atau bahkan jatuh cinta sama seseorang, itu adalah pertanda dia punya sebagian besar atau bahkan semua kriteria yang kamu simpan di pikiran bawah sadar kamu.

Lalu, kenapa ada cinta pada pandangan pertama tapi ada juga yang terjadi pelan-pelan?

Kalau kriteria bawah sadar kamu lebih cenderung pada hal-hal yang bersifat fisik seperti bentuk mata, cara tersenyum, cara berjalan, dan sebagainya, maka "cinta" pada pandangan pertama ini sangat mungkin terjadi. Kenapa? Karena, seperti namanya, kamu hanya perlu memandang saja untuk mencentang si check list tadi. Tapi, kalau kriteria bawah sadar kamu lebih berat pada hal-hal semacam kesukaan, agama, keyakinan, dan nila-nilai hidup, maka kamu butuh waktu untuk jatuh cinta pada seseorang. Ini karena semua kriteria diatas harus dipelajari dulu dan baru bisa diungkap setelah kamu menghabiskan cukup waktu dengan orang tersebut.

Advertisement

Apa mungkin kita jatuh cinta pada orang yang salah?

Tidak 🙂 Yang ada hanyalah kecenderungan psikologis kamu untuk mengabaikan kriteria yang berhubungan dengan nilai-nilai hidup dan lebih memilih hal-hal yang bersifat sementara. Sehingga ketika akhirnya kamu sampai pada poin semacam keyakinan, kebiasaan, atau moral yang ternyata bertabrakan dengan apa yang kamu kagumi sebelumnya… Dia jadi terasa seperti orang yang salah.

Tapi, kalau memang semua berhubungan dengan otak dan pikiran, kenapa jantung suka berdebar dan tubuh terasa ringan saat jatuh cinta?

Ini pasti. Karena otak juga, kan, yang mengatur seluruh gerak tubuh kita? Jadi, kalau ada yang bilang hati sama otak suka nggak sinkron karena ada maunya sendiri-sendiri, itu sebenarnya karena orang yang bilang begitu belum paham isi alam bawah sadarnya. Kamu selalu bisa mengontrol hati kamu selama bisa menguasai pikiran kamu – sadar atau tidak sadar. Ini sebabnya ada orang yang butuh terapi hipnotis untuk bisa menghilangkan atau membangkitkan beberapa jenis rasa yang sepertinya tidak bisa dijelaskan.

Intinya sih, kamu bisa jatuh cinta pada seseorang kalau dia sesuai dengan diri kamu sendiri. Ibaratnya papan puzzle, dia adalah keping yang seluruh sisinya cocok untuk mengisi bagian yang kosong itu. Orang yang paling bisa membuat kamu jatuh cinta adalah orang yang bisa jadi refleksi dari diri kamu. Ini juga menjelaskan kenapa ada hubungan yang bisa bertahan lama, ada juga yang cuma sebentar. Kenapa ada orang yang memutuskan untuk kembali bersama setelah berpisah, tapi ada yang tiba-tiba ingin pisah padahal sudah lama bersama-sama. Ini semua karena pikiran bawah sadar seseorang tidak kaku. Banyak hal yang mempengaruhinya. Ketika dua orang merasa cocok, itu karena kriteria mereka saling melengkapi. Lalu seiring waktu alam bawah sadar ini akan berubah karena saling menyesuaikan, saling mempelajari hal-hal baru. Ada dua orang yang bisa seumur hidup bersama karena mereka tidak berhenti saling menyesuaikan diri. Tapi ada yang sampai pada titik dimana salah satu atau beberapa poin yang dianggap penting oleh pikiran mereka sudah tidak bisa berubah atau disesuaikan lagi. Biasanya hal yang sangat prinsipal. Di titik itulah mereka memutuskan untuk berpisah.

Tapi sesungguhnya, kalau kamu jatuh cinta, nikmati saja. Let it flow dan jangan tanya kenapa 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya