Akhir-akhir ini banyak kutipan di media sosial tentang "kids jaman now" dan menjadi trending topik yang dibicarakan di mana-mana. Seperti yang kita ketahui anak jaman sekarang apalagi nggak punya HP itu bakal melongo, kenapa? bahkan HP itu menjadi kebutuhan pokok sehari-hari. Tanpa HP hidup kita hampa, apalagi ketika kita berada di luar pulau, rasanya pengen cepet pulang dan lari ke tempat yang ada Wi-Fi atau sinyalnya full. Saat ini HP adalah benda yang dapat mengubah hidup kita mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, mulai dari keungan sampai konflik batin yang menyebabkan manusia itu gila. Ya mungkin wajar kalau kita generasi mellenial mengikuti gerak jaman yang semakin canggih. Tapi apakah kalian pernah berfikir untuk tidak memegang benda setan kotak itu alias HP? Coba kita sehari nggak pegang bagaimana rasanya?

Dulu pernah ada seorang teman yang berkata begini, "gue nggak pegang HP bisa mati", dari pernyataan tersebut, bisa kita simpulkan bahawa HP itu adalah hidup dan mati kita. Pernah nggak kalian kehilangan HP? Wow, pasti kalian bingung kepikiran HP gue kemana nih, di mana nih, wah di situ banyak memori tentang gue dan mantan, wah di situ banyak kontak cem-ceman gue. Cobalah kalian berhenti pegang HP sehari saja biar tidak dikatakan autis, apalagi kalau kumpul bareng temen, kalian ngrasa nggak kalo kita menduakan teman kita, ya walaupun mereka juga main HP, tapi setidaknya kita awali hubungan yang erat jangan sampai hilang gara-gara HP.

Selain itu, di dalam HP juga banyak fitur untuk mengeksplor diri, contohnya nih, Instagram yang ada snap storynya sampek titik-titik darah penghabisan. Di situlah adalah alat untuk pamer, kadang malah alat untuk menebar kebencian sesama, coba deh kita gunakan untuk informasi yang berguna, contohnya di Jalan Surya Tenggelam ada kemacetan parah, kalian bisa tuh foto di snap gram kalian, kan bermanfat. daripada dibuat untuk pamer hal-hal yang membuat orang sakit jiwa sosial. Bukan hanya itu, jaman sekarang manusia hanya dikenang lewat foto, ketika kita berlibur di tempat A nih conthnya, pernah nggak kita ngrasa kalau jalan-jalan kita itu kurang? ya karena kita kebanyakan foto, tujuan kita hanya foto yang ngehits setelah itu diupload dan dapet like dan komen followers kita. Apalagi jaman sekarang banyak tempat wisata hanya menyediakan tempat untuk foto tanpa memandang estetika tempat tersebut. Kasihaan nih jiwa kita, semakin banyak manusia piknik namun kurang piknik.

Ketika kita berada di sebuah pulau terpencil kita sering marah-marah nggak ada sinyal atau nggak ada jaringan wi-fi. Coba deh kita rasakan hal tersebut sebenarnya tiada guna, ya walaupun penting dengan urusan ini itu namun apakah kalian merasakan tenang tanpa si robot genggam itu? Walaupun di luar pulau nikamati dan rasakan saja bagaimana mereka yang di luar pualau tidak merasakan canggihnya manusia jaman sekarang. Yuk kita sadari bahwa lingkungan semakin buruk dengan kita sibuk dengan robot genggam!