Sakit ulu hati merupakan salah kondisi yang muncul akibat dari asam lambung tinggi. Selain itu, nyeri ulu hati juga dapat disertai dengan kondisi lain seperti kram perut, mual, muntah, sendawa dan perut kembung. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh ulu hati dapat menyebar hingga ke atas dada atau ke punggung.

Nyeri ulu hati disebut juga dengan epigastrum yang mana menjadi bagian dari sembilan pembagian lokasi perut. Ulu hati terletak di antara ujung tulang dada bagian bawah dan di bawah lengkung tulang iga. Rasa sakit atau gangguan yang terjadi pada daerah ini disebut dengan nyeri ulu hati atau epigastric pain.

Advertisement

Tidak sedikit orang yang mengeluh mengenai kondisi ini tanpa mengetahui penyebabnya. Nyeri ulu hati yang menjalar hingga ke punggung dapat disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini beberapa penyebab nyeri ulu sampai ke punggung diantaranya:

1. Dispepsia

Dispepsida merupakan kondisi yang mana terjadi peradangan pada dinding lambung. Peradangan tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri jika terkena zat asam lambung. Rasa nyeri tersebut dapat dirasakan di ulu hati dan meluas hingga ke punggung, dada hingga pusar tergantung seberapa luas peradangan yang terjadi. Ciri-ciri atau gejala dispepsida diantaranya:

Advertisement

– Nyeri ulu hati sesuai dengan panas berlebih pada perut yang dapat meluas hingga ke punggung, pusar dan dada.

– Nafsu makan hilang.

– Mual.

– Muntah.

– Sakit kepala.

– Keringat dingin.

Penyakit ini dapat terjadi disebabkan oleh kadar asam lambung yang meningkat akibat dari asupan makanan yang dapat meningkatkan asam lambung tinggi seperti makanan berlemak, makanan pedas, makanan terlalu asam. Tidak hanya itu , menjalankan pola makanan yang tidak sehat serta stress.

2. Kram Otot

Kram merupakan tarikan pada otot, ligament atau tendon yang disebabkan oleh regangan berlebihan yang terjadi secara mendadak dan singkat dan menimbulkan rasa nyeri. Kram otot juga dapat menyebabkan sakit ulu hati hingga ke punggung. Hal tersebut biasanya terjadi setelah makan, ketika aliran darah menuju saluran pencernaan dibandingkan menuju otot. Selain itu, kondisi ini juga disebabkan oleh beberapa aktivitas yang berlebihan dan kesalahan posisi tidur atau posisi kerja. Faktor pekerjaan menjadi salah satu penyebab terjadinya kram otot.

3. Penyakit Jantung Koroner

Siapa yang tidak menyangka bahwa penyakit jantung koroner dapat menyebabkan rasa sakit ulu hati yang menjalar hingga ke punggung. Banyak orang yang mengira gejala sakit ulu hati pada jantung koroner adalah gejala dari penyakit maag. Nyeri ulu hati yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner terasa di dada bagian kiri yang menjalar hingga ke punggung, lengan kiri, leher hingga ke rahang. Apabila anda mengalami nyeri ulu hati yang sama seperti pada penyakit jantung koroner, anda harus waspada dan sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter.

Seseorang yang mengalami nyeri ulu hati yang dibiarkan begitu saja, maka kondisi tersebut akan semakin parah dan menyebabkan sakit ulu hati dan sesak nafas. Untuk mengatasi nyeri ulu hati, terlebih dahulu anda harus mengubah pola hidup anda menjadi lebih sehat. Berikut ini beberapa contoh gaya hidup sehat yang dapat mengatasi nyeri ulu hati, antara lain:

– Usahakan jangan langsung tidur setelah makan, berikan jeda waktu 2-3 jam.

– Makan secara teratur dengan porsi kecil namun sering.

– Tidur yang cukup selama 8 jam perhari.

– Olahraga teratur, minimal 3x seminggu selama 30 menit.

– Hindari makanan yang memancing gas dan asam lambung seperti kol, kacang-kacangan dan lainnya.

– Hindari makanan pedas dan berlemak.

– Jangan mengkonsumsi makanan pedas.

– Hindari minuman bersoda, kopi dan alkohol.

– Berhenti merokok.

– Usahakan tubuh tetap ideal dan hindari obesitas.

– Hindari beberapa hal yang membuat anda stress.

Itulah beberapa penyebab sakit ulu hati sampai ke punggung beserta dengan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan menjadi perantara kesembuhan anda aamiin.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya