Selama ini, dalam perjalanan anda travelling, tentu anda seringkali menggunakan berbagai mode transportasi. Mulai dari transportasi darat seperti angkutan umum, bus, kereta, MRT atau kereta bawah tanah sudah pernah anda coba. Belum lagi transportasi air seperti perahu nampan, speedobat, dan ragam lainnya untuk mencapai tujuan atau sekedar berwisata.

Namun, transportasi darat dan air ini umumnya hanya untuk yang berjarak pendek saja. Pasalnya, kalau menempuh jalur darat atau air, bisa memakan waktu sangat lama untuk mencapai tujuan. Jadi sangat tidak cocok dan tidak nyaman jika jaraknya panjang. Bagi anda yang suka bepergian travelling yang jaraknya jauh, tentu alternatif transportasi yang paling anda sukai adalah menggunakan pesawat terbang.

Advertisement

Pesawat terbang ini memang merupakan jenis transportasi udara yang sekarang ini sudah sangat umum digunakan, apalagi zaman global dimana bisnis sudah melintasi berbagai negara dan perekonomian setiap negara pun ada sangkut pautnya satu sama lain. Nah, jika anda sendiri pun sering bepergian dengan pesawat terbang, baik untuk tujuan berbisnis ataupun travelling, sadarkah bahwa meskipun melewati hujan lebat deras penuh peitr, pesawat tampak baik-baik saja?

Petir memang tak berpengaruh terhadap kinerja pesawat

Setiap kali bepergian menggunakan pesawat terbang, anda perlu mengetahui bahwa sebenarnya pesawat terbang itu seringkali terkena petir lho, baik itu petir yang biasa saja sampai petir yang ekstrem. Namun, mungkin anda tak terlalu menyadarinya. Sejak tahun 1963, memang pesawat sudah bisa tahan terhadap aliran listrik tinggi yang dihasilkan dari petir.

Advertisement

Desain dari kerangka pesawat terbang sendiri memang sudah anti petir dan bisa menahan ribuan ampere kekuatan listrik. Ini juga dibantu oleh sebuah antena kecil atau teknologi yang memang diciptakan agar bisa memantulkan petir tersebut kembali ke udara. Umumnya memang tak terdapat tanda-tanda jika pesawat sudah terkena petir.

Namun, pada kasus tertentu apabila petir mengenai sisi sayap, tentu saat pesawat sudah mendarat para crew pesawat akan standby untuk melakukan pengecekan keamanan. Justru, saat pesawat berada di darat dan petir menyerbu, maka dampaknya lebih bahaya, lho.

Wah, sekarang anda sudah lebih memahami seputar pesawat dan tingkat keamanannya, bukan? Tentu saja, anda pasti tetap khawatir jika terdapat hujan badai saat sedang berada di udara. Namun anda bisa bernapas lega sedikit mengetahui fakta bahwa pesawat memang tahan terhadap petir.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya