Sebut saja mereka adalah anda, mereka dan saya para petani mimpi di jasad-jasad anak manusia. Mereka penumbuh, penanam dan pemanen mimpi.

Setiap hari bermilyar-milyar mimpi manusia terbang membumbung tinggi ke angkasa, bersama doa dan segala problem kehidupan yang ada. Mimpi-mimpi ini mengikat setiap anak manusia dengan sang Penciptanya seperti boneka kayu yang digerakkan dengan tali. Seperti sebuah gadget yang selalu terhubung dengan BTS dan NodeB yang memantaunya dimanapun berada.

Advertisement

Satu-persatu mimpi mimpi membumbung tinggi dari waktu pagi hingga petang, membentuk garis harapan yang menggerakkan pola hidup setiap anak manusia.Terkadang kita merasa pongah., mencoba bergerak sendiri tanpa petunjuk ilahi dalam merangkai mimpi. Segala cara kita halalkan demi satu nama Impian. Kerusakan dan segala kekacau balaun kehidupan lah yang akhirnya semua rasakan,

Dan kita baru tersadar, serta terpekur, ketika segala harapan hancur lebur atau tak ada jalan kembali. Itulah cara Nya menegur agar kita kembali melambungkan tali pengikat mimpi kita kepadaNya. Dan disaat itulah harapan dan berbagai impian bersemi kembali.

Dalam setiap perjalanann anak manusia ada 3 peranan penting yang mereka lakukan dalam mewujudkan impiannya. Sebagai Penanam Mimpi, Penumbuh Mimpi dan Pemanen Mimpi.

Advertisement

Penanam Mimpi

Penanam mimpi ini adalah mereka yang bergaris tangan para piooner, peletak pondasi, bapak perubahan dan pendobrak. Siap idealisme dan semangatnya yang tinggi memberi mood booster yang luar biasa bagi para penanam mimpi.

Mereka bukan malaikat, mereka sama seperti kita anak manusia namun mereka sadar untuk mengorbankan diri, masa depan dan waktunya demi mimpi yang besar. Jangan hanya berhayal mereka para patriot di balik tank-tank baja atau para pendekar berkuda putih. Ada diantara mereka mungkin hanya seorang guru honorer di pedalaman yang menanamkan mimpi lewat anak didiknya demi masa depan bangsa.

Atau mungkin ada diantara mereka yang merupakan tenaga medis (bidan) di pedaaman yang membantu setiap persalinan. Harapannya dengan membantu kelahiran setiap anak manusia hingga selamat memunculkan suatu harapan. Dan berharap suatu ketika sang bayi bisa dengan mimpinya bisa membawa kebaikan bagi masa depan.

Penumbuh Mimpi

Ada diantara mereka yang berperan manjadi penumbuh mimpi. Tugas mereka juga tak kalah berat dibanding dengan para penanam mimpi. Mereka berjuang denga segala disiplin dan semangat serta rasa bosan. Di pundaknya terselip stake holder perjuangan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Jangan tanya mereka siapa?? mungkin saja diantara mereka itu pegawai kantoran yang berkutat dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Atau mungkin diantara mereka ada para TKI yang menambang dollar dengan memeras keringat demi mimpi anak dan keluarga di kampung halaman.

Mereka adalah para peanjut dan pengembang serta penumbuh mimpi menjadi sesuatu yang berarti. Mereka adalah sosok yang mungkin ada di orang tua, kakek tetangga bahkan teman kita.

Pemanen Mimpi

Jangan tanya mereka siapa. Tiap anak manusia adalah para pemanen mimpi dari masing-masing orang tua mereka., apaapun perjuangannya. Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai pemanen mimpi??

Dibutuhkan jiwa kreatif, semangat dan meneladani etos kerja penanam dan penumbuh mimpi agar impian yang ada terus tumbuh dan berkembang menjadi kebaikan.

Sadar atau tidak sadar ketika kita sudah menjadi pemanen mimpi secara otomatis siklus berulang. dan disitulah kita dituntut berperan untuk menjadi penumbuh dan penanam mimpi untuk masa depan.

Praktiknya??

Jangan berpikir muluk-muluk tetang revolusi, perang tahun 45, ideologi, perdamaian dunia dll. Sadarailah peranan kita dalam kehidupan. Dan gantilah kata mimpi dengan impian nyata anda.

Mimpi = (Jalan-jalan keliling dunia, S2, Wirausaha, Hajiin Ortu, Jodoh, Karir dll)

Lalu lakukan peran yang terbaik pada setiap posisi yang anda sandang entah sebagai penanam, penumbuh atau pemanen. Dan sang Sutradara akan menilai serta membantu tumbuh kembangnya setiap mimpi dan harapan kita. Berusahalah yang terbaik, lemparkan tali mimpimu kepadaNya dan lihat apa yang terjadi.

-jktsltn- alhamd 😉

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya