Apakah kalian masih sering begadang? Jika iya, hati-hati bahwa itu adalah gejala dari insomnia.

Insomnia dapat terjadi oleh siapa saja. Rata-rata insomnia lebih sering terjadi oleh orang yang beraktivitas tinggi, padatnya aktivitas dan bekerja membuat mereka lupa bahwa tubuh perlu istirahat yang cukup.

Advertisement

Remaja yang disibukan dengan tugas-tugas kuliah hingga larut malam bahkan bisa sampai pagi atau terlalu asyik bermain gadget.

Stress menjadi faktor utama pemicu insomnia. Ini sangat berpengaruh pada kelangsungan tidur kalian. Jika kita terus memikirkan sesuatu hal sebelum tidur maka akan susah untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Akan tetapi, orang-orang masih belum peduli terhadap insomnia. Mereka hanya mengetahui bahwa insomnia hanyalah tidur larut malam yang biasa saja. Padahal jika terus dibiarkan akan banyak dampak buruk yang bisa terjadi pada tubuh kalian jika insomnia terus dibiarkan seperti beresiko diabetes, kanker, penurunan memori pada otak, gangguan jantung hingga kardiovaskular, kegemukan. Khususnya pada perempuan insomnia tidak hanya pada tubuh tetapi juga berdampak pada kulit wajah seperti terjadi 2 kali lebih cepat penuaan dini, kulit wajah menjadi lebih cepat kusam, berjerawat serta menimbulkan kantung mata yang gelap (mata panda).

Advertisement

Tidak hanya itu saja, di era yang serba modern ini banyak orang yang tidak memperhatikan gaya hidup mereka. Gaya hidup yang buruk seperti tidak pernah olahraga, mengkonsumsi alkohol, merokok, tidak memperhatikan makanannya dan lain-lain. Memang tidak langsung terjadi, tetapi dalam jangka panjang dampak tersebut akan berpeluang terjadi pada tubuh kalian.

Efek nyata yang bisa kita lihat pada orang yang terkena insomnia adalah menjadi uring-uringan, malas melakukan segala sesuatu, konsentrasi menjadi buyar (tidak fokus), badan tidak fit. Hanya dikarenakan begadang semua kegiatan kita akan hancur.

Menurut penelitian Sleep National Foundation setiap manusia membutuhkan jam tidur yang berbeda-beda, hal ini dapat kita klasifikasikan berdasarkan umur setiap individu. Bayi yang baru lahir (0-3 bulan) : 14-17 jam setiap hari Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setiap hari Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap haru Anak-anak prasekolah (3-5 tahun):10-13 jam setiap hari Anak-anak usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam setiap hari Orang dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari Orang dewasa yang lebih tua (65 tahun keatas): 7-8 jam setiap hari

Insomnia bisa kita cegah dengan cara:

1. Cobalah memajukan jam tidur kalian dari biasanya.

Misalnya jam tidur kalian jam 1 maka cobalah 1 jam sebelumnya kalian sudah tidur. Karena kalau tidak kedepannya tidur kalian akan kacau.

2. Usahakan tidur dengan lampu mati.

cahaya lampu akan lebih susah bagi kalian untuk memejamkan mata lebih cepat. Karena itu akan mempengaruhi kenyamanan dan kualitas tidur kalian.

3. Pastikan tempat tidur kalian nyaman dan bersih.

Ini akan berpengaruh pada kualitas tidur dan kesehatan kulit kalian. Bayangkan kalau sprei kotor berapa banyak masuk bakteri yang menempel ditubuh dan akan menyebabkan jerawat pada kulit wajah kalian.

4. Tidak makan sebelum tidur.

Perut yang kekenyangan akan membuat perut kita terasa begah dan tidak nyaman. Secara tidak langsung akan menambah kalori lemak didalam tubuh kalian dan menjadi gemuk.

5. Biasakan sebelum tidur kita tidak menonton televisi dan bermain gadget

Karena kedua alat itu membuat kita menjadi lupa akan waktu. Cahaya atau sinar yang dikeluarkan dari televisi maupun gadget bekerja melawan kualitas kemampuan tubuh kita untuk menutup mata.

6. Berolahragalah setiap pagi atau sore bukan sebelum tidur.

Dengan olahraga tubuh kita akan lebih relax dan melepaskan hormon stress sehingga mempermudah tubuh menjadi lelah dan mengantuk.

Nah, itu dia cara agar terhindar dari insomnia. Kalian gamau kan dampaknya terjadi pada tubuh dan khususnya untuk para perempuan terjadi dikulit wajah kalian? Lakukanlah secara rutin agar lebih sehat. Jadi, yuk kita kurangin tidur larut malam dan saatnya bilang say goodbye to insomnia!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya