Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi telah mengalami perkembangan juga dengan sangat pesat. Perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang musik. Zaman sekarang, salah satu genre musik yang di gemari adalah EDM (Electronic Dance Music).

Semua orang terlihat menyukai genre musik ini. Musiknya yang bersemangat tentu membuat pendengarnya menjadi semangat. Namun, siapa sangka tentu ada yang kurang menyukai. Seperti yang dikatakan Rolling Stones Italy dalam video yang pernah diunggah, “Rocker vs. DJ”, disebutkan kalimat berikut: “They’re criminals with licenses to shoot sh*t into our eardrums.”

Musisi genre EDM dikatakan sebagai kriminal. Mengapa demikian? Karena akhir-akhir ini, para DJ (disc jockey) hanya memainkan lagunya dengan menekan-nekan tombol di suatu alat elektronik atau bahkan memainkan lagu orang lain saat melakukan suatu performance. Tentu tidak adil untuk musisi genre lain yang memainkan lagu secara “realistis” dengan alat-alat musik yang “benar-benar ada”, bukan hanya menekan tombol di alat.

EDM sering mendapat pemikiran yang rendah juga, karena lirik-lirik pada lagu EDM kebanyakan tentang cinta, seks, dan narkoba. Namun jika kita renungkan lagi, semua lagu-lagu terbaru masa kini dalam genre apapun memang kebanyakan tentang tiga hal tersebut. EDM lebih menonjol karena lagu-lagu ber-genre EDM diputar di tempat-tempat yang memicu terjadinya tiga hal tersebut.

Pandangan setiap orang memang berbeda. Selera musik setiap orang juga berbeda. Manusia terbiasa hidup dengan mengkotak-kotakkan segala hal, sampai musik pun dikotak-kotakkan dalam genregenre. Sebenarnya semua musik itu sama. Tujuannya adalah sebagai wadah manusia untuk menuangkan kreativitasnya, dan bisa juga isi hatinya dan jiwanya. Selain itu juga untuk entertainment bagi pendengarnya. Bagaimanapun juga, EDM adalah salah satu bentuk kreativitas manusia, yang mengalami adaptasi karena perkembangan teknologi yang telah terjadi. Tentunya juga EDM sangat menghibur bagi para pendengarnya.

Mungkin ada musisi lain yang merasa kalah dengan musisi EDM. Kita harus selalu ingat bahwa zaman akan terus berkembang. Di setiap era, ada suatu kekhasan dalam musik-musik di masa tersebut. EDM mungkin memang khasnya musik zaman sekarang. Namun tak ada yang tahu, dalam beberapa waktu ke depan, zaman akan berubah lagi, musik pun akan berubah.

Video “Rocker vs. DJ” bisa kalian lihat di Youtube yah!.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya