Pernah kebayang gak sih bagaimana masa tua kamu? Ya, masa di mana kamu cuma bisa mengingat masa muda yang gak bakal terulang kembali. Sembari duduk meminum teh hangat di pekarangan rumah dan berbagi cerita ke anak dan cucu-cucumu. Terlalu jauh sih untuk memikirkan, tapi gak ada yang gak mungkin. Bahkan kamu yang dulunya tidak ingin menikah sama mantan kamu aja bisa jadi beneran nikah loh.

"Dulu nenek/kakek waktu muda begini begitu……" Kenangan-kenangan masa muda yang cuma sekali bisa kamu lakukan itu manfaatkanlah sebisa mungkin. Buat kenangan berkesan untuk cerita di masa depan. Bersenang-senang dengan temanmu. Sebab teman adalah salah satu orang yang paling buat berkesan di masa muda, teman di masa muda biasanya sering ngajak nongkrong gaul.

Gak penting tempat dan makanannya, yang paling penting adalah kebersamaan dan cerita yang kalian buat di saat kalian bersama. Traveling bersama "teman terdekatmu bakal kamu tahu gimana dia sebenarnya ketika kamu mengajak dia traveling." Yaps, sifat asli temanmu bakal kamu tahu ketika kamu ngajak dia liburan bersama. Kalau dia gak ribet berarti dia teman yang bisa di ajak susah senang bareng.

Dan di saat kalian traveling bersama bakal kelihatan banget kebersamaan yang kalian bangun. Traveling-lah meskipun susah mendapatkan izin mama papa. Lebih baik sering-sering beli pengalaman buat kamu yang doyan banget dengan beli barang-barang yang bisa memuaskan nafsu sesaat kamu, yuk sekarang kurangi sedikit demi sedikit. Karena, sesungguhnya membeli pengalaman jauh lebih bermakna.

Barang bisa hilang termakan masa, tapi pengalaman akan selalu kamu ingat setiap waktu hingga kamu menua. Jangan kurung dirimu. Dunia luar emang keras. Tapi kamu berdiri di atas kakimu sendiri dengan kepercayaan diri yang kamu buat akan melunakkan dunia yang keras. Sekeras apapun yang mau kamu taklukan akan lunak dengan sendirinya berkat usaha kerasmu.

Advertisement

Jangan kurung dirimu dengan ketakutan yang alasannya mudah teratasi. Fighting. Capai mimpimu. Masa muda adalah masa membara untuk mewujudkan mimpi. Dan gak ada mimpi yang terwujud tanpa adanya usaha. Anak muda terkenal dengan keuletan dan keteguhan dalam mencapai mimpinya. Ayo, semangat mencapai mimpi untuk menceritakan ke anak cucumu bagaimana bangganya kamu dulu dalam menggapai mimpi mu. So, jangan berdiam aja di masa muda. Karena muda hanya sekali. Mari buat pengalaman berharga untuk cerita di masa depan.

Salam muda.