Ketika pergi, banyak pelajaran baru yang akan didapat, termasuk kesabaran.

Apa yang terbersit dibenak kalian ketika mendengar kota Malang? Pastinya travelling, udara yang sejuk, pantai, air terjun, gunung, kuliner, atau bahkan bakso ? Memang semuanya ada di Malang, dan kali ini yang kita sorot adalah Air terjun. Sudah ada yang pernah ke air terjun di Malang? yang paling sering dikunjungi wisatawan biasanya adalah coban rondo. Alasannya pastilah medan yang sangat mudah untuk dilewati. Meskipun harga tiket masuknya sekarang sudah semakin mahal.

Advertisement

Selain coban rondo, sebenarnya masih banyak sekali air terjun di Malang. Salah satunya ialah Air Terjun sumber 7. Letaknya di daerah Gubuk Klakah, Tumpang, Kabupaten Malang. Kalau dari arah malang kota kalian akan menemukan pasar tumpang. Nah dari situ bisa belok kiri kemudian lurus sampai ketemu perempatan yang di pojoknya ada masjid besar. Dari perempatan itu lurus terus sampai bertemu tulisan "gubuk klakah" di papan hijau sebelah kanan, atau tulisan "sumber 7" di papan warna kuning, langsung saja belok kiri dan ikuti jalan. Berhentilah untuk parkir motor ketika sudah melihat banner bertuliskan "Wana Wisata Sumber 7" ditengah jalan. Segera belokkan motor kalian di sebelah kanan banner untuk diparkir. Tepatnya di rumah warga. Karena masih tergolong baru dan cukup private jadi fasilitas yang disediakan juga masih minim.

Tracking jalan kaki menuju Air terjun masih sekitar 40 sampai satu jam, tergantung kecepatan berjalan dan cuaca. Jika musim hujan mungkin perjalanan akan lebih lama karena licin dan becek. Pada awal tracking, medan masih berupa beton – beton tetapi naik turun cukup curam. Baru sekitar 15 menit berjalan, medan mulai berupa tanah yang sekelilingnya merupakan kebun, mayoritas adalah kebun cabai. Tapi jangan khawatir, medan yang ditempuh akan sebanding dengan air terjun yang akan dinikmati. Tarif masuknya pun juga sukarela, tidak dipatok harga secara pasti.

Setelah memasuki pintu tiket, kita akan disambut dengan satu air terjun yang cukup tinggi dengan air bening dan sekitarnya dikelilingi bebatuan. Karena namanya “Sumber 7” jadi air terjunnya ngga cuma satu lho. Kita bisa naik lagi sedikit dan menemukan air terjun mini yang jumlahnya cukup banyak. Disini air nya lebih bening dari air terjun yang diatas. Ditambah lagi rasa dingin airnya yang menusuk tulang. Karena kedalaman airnya tidak seberapa jadi aman untuk kalian yang hobi renang, dan pastinya kalau hunting foto disini instagramable loh 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya