Seperti yang sudah diketahui, investasi merupakan penanaman modal yang diharapkan dapat menghasilkan tambahan dana di masa yang akan datang. Nah di sini, saya akan menjelaskan mengenai keuntungan-keuntungan yang dapat kita peroleh dari investasi. Apa saja? Yuk, lanjut baca!

1. Menambah pendapatan

Jika anda berinvestasi di pasar modal, anda akan mendapatkan deviden. Deviden ini merupakan pendapatan pasif yang yang akan anda terima. Artinya anda tidak perlu bekerja untuk mendapatkan pendapatan tersebut. Ada 2 jenis deviden yang biasanya dijanjikan oleh perusahaan, yaitu:


  • Deviden tunai: Setiap tahun anda akan mendapatkan uang tunai sesuai dengan persentase yang sudah dijanjikan perusahaan.

  • Deviden saham: Perusahaan akan memberikan ada deviden dalam bentuk saham dalam proporsi tertentu.

2. Capital gain

Advertisement

Keuntungan yang bisa didapat jika anda membeli saham dengan harga yang murah dan menjualnya pada saat harga saham tinggi. Keuntungan ini bisa didapat dari investasi saham maupun reksa dana.

3. Kebutuhan masa depan dapat terpenuhi

Dengan berinvestasi anda akan memperoleh pendapatan tambahan. Pendapatan tersebut dapat akan gunakan untuk membeli rumah, mobil ataupun kebutuhan lainnya.

4. Terhindar dari hutang

Jika anda memiliki penghasilan yang lebih. Anda pasti akan tergoda untuk membeli handphone, belanja, liburan ke luar negeri dan lainnya. Kartu kredit biasanya menjadi solusi untuk memuaskannya. Tetapi jika anda tidak mengotrolnya, maka anda akan menghadapi hutang yang bertumpuk. Lain halnya jika kita berinvestasi. Dengan berinvestasi kita akan mendapatkan keutungan yang dapat kita tabung sebagai tabungan di masa depan.

Itu dia 4 keuntungan yang akan anda peroleh jika anda berinvestasi. Tunggu apa lagi? Semakin anda cepat memulai berinvestasi, maka semakin banyak keuntungan yang akan anda dapat, lho!